10 Apps Untuk Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah

Ditulis oleh: Nayu Novita

Apps untuk mengajak anak bermain di luar rumah ini meski kesannya seperti sedang bermain gadget, namun si kecil sebenarnya sedang digiring untuk melakukan berbagai jenis aktivitas di luar ruang. Seru loh!

Anak sekarang akrab dan fasih memainkan gadget rasa-rasanya sudah menjadi hal normal ya. Sayangnya, gadget sering membuat mereka malas beraktivitas, ini bahkan menjadi salah satu ciri dari generasi sekarang. Padahal, anak yang kurang aktif bergerak memiliki risiko obesitas. Sebaliknya, banyak manfaat yang diperoleh anak saat bermain di luar ruang.

Adis pernah menulis tentang memanfaatkan gadget untuk urusan pendidikan anak. Nah, saya pun mencoba menggunakan gadget untuk membuat anak mau bergerak. Ternyata asik dan seru.

  1. Sesame Street Family Play – Untuk usia: 3+

Sesame-Street-Family-Play

Waktu kecil dulu, saya sukaaa.. sekali nonton film Sesame Street, terutama karakter Elmo dan Mr. Snuffleupagus—gajah gemuk berbulu mata panjang. Sekarang, bukan cuma bisa menemani si kecil menonton filmnya, saya juga bisa mengajaknya bermain dengan memanfaatkan apps ini. Kategori permainan dibagi berdasarkan lokasi bermain: di halaman, di mobil, di restoran, di toko, dan sebagainya. Properti yang digunakan juga mudah didapat, seperti cangkir, bola, tas, boneka, dan lain-lain.

  1. Out-a-Bout – Untuk usia: 4+

image1 (1)

Apps ini unik karena bisa menggabungkan kegiatan menjelajah dan bercerita. Jadi, Anda dan si kecil akan diminta untuk mengambil foto berdasarkan skenario yang tersedia—misalnya, si kecil diminta untuk berpura-pura menjadi kuda pacuan dan lari sekencang mungkin. Foto-foto tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan untuk membuat kisah ala buku cerita. Kalau sudah selesai, “buku cerita” ini bisa di-share juga dengan pengguna apps lainnya!

  1. Disneynature Explore – Untuk usia: 6+

Ini adalah jenis apps yang bisa digunakan untuk mendidik anak mencintai satwa liar. Bukan hanya berisi video yang menceritakan tentang perilaku sejumlah hewan (kupu-kupu, simpanse, singa, penyu, dan beruang) dalam bentuk film animasi, apps ini juga mengajak anak-anak untuk mengenali lingkungan tempat hidup hewan-hewan tersebut. Games yang tersedia antara lain adalah mencocokkan warna-warna di alam, mencocokkan pola, melacak jejak, dan masih banyak lagi.

  1. Meet the Insects – Untuk usia: 7+

Ketika anak perempuan asyik bermain rumah-rumahan, biasanya anak laki-laki seusia ini senang mengumpulkan serangga di halaman (keponakan saya pernah membawa pulang kumbang kelapa sebesar telapak tangannya!). Biar petualangan berburu serangga tambah seru, coba gunakan apps ini untuk memperlihatkan jenis dan suara serangga yang berbeda-beda pada si kecil.

  1. Plum’s Photo Hunt – Untuk usia: 7+

IMG_1891

Seperti Instagram yang digunakan oleh mamanya, dengan apps ini si kecil bisa berlagak seperti fotografer dan mengedit serta memajang foto hasil karyanya sendiri. Bedanya, apps tidak mengizinkan upload foto yang di dalamnya terdapat gambar manusia (moderator apps akan memeriksa setiap foto yang diunggah).  Sebagai gantinya, si kecil akan mendapatkan topik dan sebuah “photo mission” yang wajib dipenuhinya.

  1. Leafsnap – Untuk usia: 8+

Jika dulu kita hanya bisa membuat herbarium  (sampel tumbuhan yang dikeringkan) dari berbagai jenis daun, kini anak-anak bisa menyimpan koleksi daunnya dalam bentuk foto di apps, sekaligus mengidentifikasi nama pohon dari daun yang telah difotonya tersebut. Psstapps ini juga berguna lho, untuk membantu si kakak memahami pelajaran science di sekolahnya!

  1. DIY: Skills for Kids – Untuk usia: 9+

Anak-anak akan senang jika mendapat kesempatan dan kebebasan untuk berkreasi. Melalui apps ini, ia bisa menemukan tutorial untuk menciptakan macam-macam karya dalam sejumlah kategori: biologi, berkebun, melukis, dan lain-lain. Jika sukses, ia akan mendapatkan semacam “lencana pramuka” yang dipasang di halaman akun miliknya.

  1. The Night Sky – Untuk usia: 8+

the night sky

Bermain di luar rumah bukan cuma bisa dilakukan saat matahari bersinar cerah. Anak-anak saya malah senang diajak duduk-duduk di teras memandangi taburan bintang dan bulan purnama. Bersama-sama, kami mencoba menebak nama gugusan bintang yang tampak di atas. Kalau kesulitan menebak, si astronom cilik bisa mencontek namanya di apps yang satu ini.

  1. Project Noah – Untuk usia: 9+

Dengan menggunakan apps ini, anak-anak bisa mengunggah foto hewan-hewan yang ditemukan di lingkungan sekitar. Foto-foto bisa diunggah secara bebas ataupun dengan mengikuti panduan “misi” yang diberikan oleh apps. Menariknya, nih, ada sejumlah misi foto yang merupakan bagian dari riset sungguhan untuk mendata jenis hewan yang bisa ditemukan di daerah tertentu.

  1. Permainan Pramuka – Untuk usia: 7+

permainan pramuka

Anda yang dulu pernah bergabung dalam Pramuka pasti senyum-senyum sendiri (seperti saya!) ketika menjelajahi apps ini. Berbagai panduan untuk melakukan permainan jadul khas Pramuka seperti “kucing & tikus”, “gerobak sorong”, “lari lipan”, dan sebagainya, bisa ditemukan di sini. Meski tampilannya kurang menarik—karena banyak tulisan dan minim ilustrasi, tetapi anak-anak bisa mendapakan banyak ide permainan lapangan yang seru dalam apps ini.

Well, mumpung sekarang lagi hari libur, kenapa nggak segera meng-install apps ini dan ajak si kecil bermain bersama.


2 Comments - Write a Comment

Post Comment