10 Aplikasi Pilihan Untuk Working Mommies

Ditulis oleh: Nayu Novita

Aplikasi pilihan untuk working mommies yang saya tulis di sini (seharusnya) sih bisa membuat urusan pekerjaan bertambah lancar (amiiiiiiiin).

Hidup di zaman hi-tech seperti sekarang ini memang menyenangkan. Banyak hal—mulai dari silaturahmi, navigasi arah, sampai urusan mengirim barang, bisa dilakukan secara instan dengan memanfaatkan aplikasi smartphone andalan untuk para mommies. Banyak aplikasi yang bis dibilang sangat memanjakan para mommies. Mulai dari ibu hamil yang  dimudahkan dengan aplikasi khusus untuk ibu hamil hingga aplikasi untuk para ibu baru.  Kali ini saya ingin fokus pada aplikasi yang cocok untuk para working mommies. Anda yang sering bertugas di luar kota ataupun bekerja sebagai seorang freelancer, pasti sering bekerja secara mobile sehingga tak selalu bisa mengakses komputer di meja kerja. Nah, biar urusan kerjaan nggak keteteran, kita bisa lho memanfaatkan aplikasi yang tersedia di smartphone untuk berbagai keperluan. Ini beberapa contoh apps yang layak dicoba:

  1. InstaPaper

instapaper

Saya pernah ingin membaca tautan berita online untuk materi pekerjaan, tetapi mesti ditunda karena harus menjawab panggilan telepon. Usai bertelepon, sambungan internet mendadak mati tanpa sebab.Tau gitu kan, saya simpan saja artikelnya dengan InstaPaper. Aplikasi ini memungkinkan kita menyimpan halaman web—dalam bentuk teks, sehingga bisa dibaca setiap saat. Asyiknya, kita juga bisa mengedit jenis huruf, ukuran, margin, dan spasi agar tulisan lebih enak dibaca.

  1. Snapp!

snapp!

Aplikasi ini amat berguna jika Anda kebetulan lupa membawa business card. Dalam hitungan detik setelah memasukkan alamat e-mail rekan bisnis ke dalam ponsel, Snapp! akan secara otomatis mengirimkan e-mail kepadanya berisi nomor kontak Anda, tautan ke media sosial (facebook, twitter, linkedIn, dll), dan bahkan juga ringkasan resume ataupun brosur perusahaan milik Anda.

3. Cloud Storage Apps

dropbox

Ini adalah loker pribadi milik Anda yang berada di dunia maya. Karena terletak di antara “awan”, maka berbagai data—mulai dari dokumen, gambar, maupun video, bisa diakses dari mana pun Anda berada. Tiga yang paling populer di antara apps penyimpanan ini adalah SkyDriveDropbox dan Google Drive.

  1. Wunderlist

wunderlist

Wunderlist berguna layaknya asisten pribadi yang bertugas mencatat jadwal harian, mengeset alarm, menyimpan catatan, serta mengirim info tentang acara-acara yang akan Anda hadiri kepada sesama pengguna apps. Berhubung apps ini cloud-based, maka semua data bisa di-sync secara mudah ke semua gadget yang Anda gunakan.

5. Genius Scant

Harus mengirimkan data pribadi untuk keperluan mendesak, padahal sedang berada di perjalanan? Scan saja data Anda dengan Genius Scan yang secara otomatis menyimpannya dalam formal file PDF. Anda juga bisa memanfaatkan apps ini untuk menyimpan nota berbentuk tulisan tangan dan data-data lainnya.

6. Glassboard

glassboard

Glassboard ini ibaratnya medsos yang eksklusif, hanya untuk tim kerja atau divisi Anda sendiri. Dengan apps ini, setiap anggota bisa saling berkirim foto, video, catatan, keterangan lokasi, dan file-file lainnya untuk saling memantau kemajuan proyek yang dikerjakan.

7. Adobe edge Inspect

adobe edge inspect

Ini adalah apps ideal bagi Anda yang berprofesi sebagai web designer. Dengan apps ini, Anda bisa melihat hasil kerja dari berbagai gadget, mulai dari smartphone, tablet, sampai komputer desktop. Asyiknya, apps ini juga bisa digunakan untuk menyesuaikan HTML dan CSS dari mana saja.

8. Mint

mint

Biasanya, orang menggunakan Mint untuk mencatat data keuangan pribadi. Tapi sebenarnya apps ini juga bisa digunakan untuk mencatat arus keluar masuk finansial usaha (bisnis online, usaha katering, maupun jasa freelance yang Anda jalankan), berikut data penunjang seperti perhitungan pajak dan lain-lain.

9. LogMeIn

logmein

Di mana pun berada, apps ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer di meja kerja dengan bantuan smartphone. Bukan hanya berguna untuk melihat dokumen, tetapi Anda juga bisa membuka aplikasi yang ada di komputer. Ini amat berguna bagi saya yang sering kelupaan membawa data atau bagi mereka yang perlu memantau kerja rendering gambar di komputer dari jarak jauh.

  1. eFax

efax

Meski banyak orang sudah terbiasa menggunakan e-mail untuk bertukar informasi, namun pada saat-saat tertentu kita tetap perlu mengirimkan atau menerima data melalui faksimili alias fax. Tanpa perlu memiliki mesin fax, Anda bisa menggunakan apps ini untuk keperluan tersebut.

Kalau ada tambahan apps lain yang menjadi andalan Anda, mari share di sini moms.


7 Comments - Write a Comment

Post Comment