Agar Berat Badan Tak Kembali Naik Pasca Diet Mayo

Pernah melakukan diet, berat badan sukses turun dan kemudian kembali naik??? Kesal campur sedih pastinya karena merasa usaha kita kok sia-sia, hehehe. Coba tips dari saya, siapa tahu bisa berhasil juga pada Anda.

Diet-Mayo

Hal yang paling membahagiakan setelah menjalani diet Mayo (di mana diet ini cukup ketat dalam memilih menu makanan) adalah keberhasilan kita dalam memangkas berat badan yang cukup banyak. Kebanyakan para pelaku diet Mayo mengklaim bahwa mengikuti aturan diet Mayo dengan sebaik-baiknya dapat menghilangkan berat badan antara 2-6 kilogram dalam waktu dua minggu saja. Siapapun pasti merasa bangga dapat memangkas berat badan yang cukup banyak dalam waktu kurang dari sebulan.

Meskipun belum pernah menerapkan diet Mayo secara utuh, namun sejak berkomitmen untuk menjalani gaya hidup sehat, saya pun mulai mengurangi pemakaian garam dan gula pada makanan. Sedangkan pada diet Mayo, kita diminta untuk benar-benar berjauhan dengan garam. Jangan berpikir makanan pada diet Mayo terasa hambar dan tidak enak di mulut loh. Kita tetap bisa mendapatkan rasa dengan menggunakan berbagai bumbu dan rempah saat menyiapkan menu makanan selama menjalani diet Mayo.

Hal yang tidak mudah dari diet ini (dan semua metode diet yang ada) adalah mempertahankan berat badan yang telah dicapai setelah menjalani diet Mayo. Harus diingat, berkurangnya angka timbangan setelah menjalani diet Mayo adalah akibat dari ketiadaan garam selama proses diet berlangsung. Jadi, bisa saja berat badan kembali melonjak jika kita melakukan “aksi balas dendam” terhadap makanan yang telah kita jauhi selama menjalani program diet Mayo.

Kenaikan berat badan secara cepat pasca melakukan diet Mayo, dapat menimbulkan sindrom diet yoyo (naik-turunnya berat badan secara cepat dalam waktu yang singkat). Untuk menghindari sindrom diet yoyo, maka penting bagi Mommies mempertahankan angka timbangan yang telah diperoleh pasca melakukan diet. Berdasarkan pengalaman saya selama bertahun-tahun menstabilkan berat badan agar tetap ideal setelah bersusah payah menurunkan berat badan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Mommies lakukan supaya berat badan tidak naik kembali.

diet-mayo-berhasil

  • Terapkan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali kita terbuai oleh angka timbangan pasca melakukan diet. Biasanya, kita berpikir bahwa berat badan pasca diet adalah berat badan yang bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Memang, berat badan yang kita peroleh pasca melakukan diet dapat bertahan lama asalkan kita mau sadar untuk mempertahankannya. Mengonsumsi makanan sehat dan mengatur porsinya adalah cara utama untuk mempertahankan angka timbangan pasca melakukan diet. Cara paling sederhana adalah selalu memasukkan sayuran dalam setiap jadwal makan berat Mommies dan perbanyak porsi sayurannya. Jangan lupa untuk memilih kudapan yang sehat.
  • Selalu berpikir ulang ketika mulai “kalap” terhadap makanan. Saya akui, saya paling tidak tahan terhadap camilan manis dan berbagai jenis kue. Karena sadar bahwa saya lemah terhadap makanan jenis ini, maka setiap kali berhadapan dengan kudapan manis, saya selalu mengingatkan diri bahwa tidak baik mengonsumsi makanan manis tersebut secara berlebihan. Kadang, saya selalu mengingatkan diri sendiri bahwa makanan manis dapat memicu diabetes yang berakibat tidak baik pada tubuh. Dengan adanya kontrol diri seperti ini, saya bisa menahan diri dari makanan yang saya suka dan bisa mengatur makanan serta minuman apa saja yang akan saya konsumsi.
  • Atur jadwal untuk cheating meal. Bagi saya, cheating meal itu perlu karena dengan adanya cheating meal yang terjadwal maka saya bisa mengerem keinginan untuk mengonsumsi makanan “kurang sehat” di luar jadwal. Selain itu, jadwal cheating meal juga membantu saya untuk memuaskan lidah. Perlu juga loh diri sendiri dipuaskan dengan makanan favorit supaya kita merasa rileks dan tidak merasa terpaksa dalam menjalani pola makan sehat. Selama dilakukan sesuai jadwal, menikmati cake favorit di akhir pekan tidak akan membuat berat badan saya kembali naik.
  • Lakukan olahraga setiap hari. Seorang trainer pernah berkata kepada saya bahwa sebaiknya lakukan olahraga setiap hari meski hanya setengah jam, daripada melakukan olahraga berjam-jam saat akhir pekan saja. Karena olahraga yang dilakukan setiap hari itu sangat terlihat hasilnya, yaitu tubuh menjadi lebih sehat dan bonus lainnya adalah bentuk tubuh kita menjadi ideal. Hal ini disebabkan tubuh kita membakar lemak setiap hari. Jangan lupa, selain berolahraga setiap hari, Mommies perlu mengatur jadwal olahraga kardio dan angkat beban agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Tetapkan tujuan demi kesehatan. Saat melakukan diet, maka tujuan utama kita adalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Ketika program diet Mayo telah selesai dijalani, sebaiknya Mommies tanamkan pada diri sendiri bahwa menjalani gaya hidup sehat adalah bagian dari keseharian untuk mencapai kesehatan di masa yang akan datang. Jika tujuan Mommies untuk menjaga kesehatan, maka pola hidup sehat pun akan lebih mudah dijalani. Tentu saja, gaya hidup sehat tersebut tetap bisa Mommies terapkan hingga usia senja.

Sebenarnya tidak sulit menjaga berat badan pasca melakukan diet, terutama setelah melakukan diet Mayo. Karena inti dari program diet adalah tidak sekadar memangkas berat badan, namun berdiet melatih diri kita agar menjalani pola hidup sehat. Dengan catatan, kita memilih program diet yang benar dan sesuai dengan kemampuan. Jika pola hidup sehat telah menjadi keseharian kita, dijamin berat badan pun dapat terus dijaga.


Post Comment