Money Talks: Gaji 7 juta bisa mencicil rumah dan mobil?

Ditulis oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Total gaji tujuh juta rupiah tapi ingin mencicil rumah dan mobil? Memang bisa?

Statistik mengatakan bahwa untuk bisa hidup dengan nyaman di kota DKI Jakarta misalnya, sebuah keluarga dengan dua orang anak membutuhkan biaya sebesar Rp.7 juta per bulan. Apabila penghasilan yang masuk ke rumah tangga sebesar ini, sebenarnya bisakah kita memiliki rumah sekaligus kendaraan?

 

cicilan rumah dan mobil

*Gambar dari sini

  1. Kondisikan anggaran rumah tangga

Kita harus membuat penghasilan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus tetap mencicil rumah. Secara umum, cicilan utang sebaiknya hanya sebesar 30%-35% dari penghasilan. Artinya, cicilan maksimal adalah membagi Rp.2.4 juta untuk cicilan mobil dan motor.

  1. Alokasikan cicilan

Porsi pembayaran cicilan rumah seharusnya lebih besar dibandingkan cicilan mobil. Hal ini karena mobil merupakan kebutuhan tingkat kedua. Kita pun masih punya alternatif menggunakan kendaraan umum. Porsi ideal pembagiannya adalah maksimal Rp.1.4 juta untuk cicilan rumah dan Rp.1 juta untuk cicilan kendaraan.

  1. Menyesuaikan pembelian rumah

Sebelum mengambil fasilitas kredit perumahan, kita sebaiknya melakukan window shopping ke berbagai bank. Tanyakan ilustrasi berapa jumlah pinjaman yang dapat diambil dengan kondisi cicilan yang kita mampu. Dengan asumsi tingkat suku bunga 8% per tahun, maka cicilan Rp.1.4juta dapat diperoleh untuk pinjaman sebesar Rp.150 juta dengan tenor 15 tahun. Nah, tugas kita adalah mencari rumah tinggal yang cocok dengan kemampuan finansial.

  1. Menyesuaikan pembelian kendaraan

Serupa dengan pembelian rumah tinggal, maka kita juga harus menyesuaikan bujet untuk pembelian mobil. Dengan asumsi tingkat suku bunga 6% per tahun, maka pinjaman kendaraan yang mampu diambil sebesar Rp.55juta. Artinya, jika harga mobil sebesar Rp.100 juta, kita harus punya uang muka sebesar Rp.45juta.

  1. Menentukan prioritas

Ternyata tidak memungkinkan untuk melakukan cicilan pembelian secara bersamaan? Maka, kita harus berdiskusi dengan pasangan mengenai kemampuan finansial dan prioritas untuk mewujudkan impian. Secara umum, saya selalu menganjurkan untuk mendahulukan pembelian rumah tinggal karena harganya naik terus. Sedangkan, untuk kendaraan, selama pabrik mobil masih berdiri, kita punya kesempatan di masa depan untuk membeli kembali.

Jadi, tidak perlu pusing lagi ya mommies untuk mengatur keuangan rumah tangga kita. Terpenting, pahami prioritas kebutuhan hidup dan jangan membeli diluar kemampuan finansial. Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment