Catatan Kehamilan Mingguan sang Bumil

Ditulis oleh: Monik Wulandari

Buat calon mommies, nggak ada salahnya lho bikin catatan kehamilan minggu demi minggu seperti yang saya lakukan. Seru kok. Mau coba?

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, bagaimana proses kehamilan saya terhambat karena PCOS, maka saat akhirnya saya dinyatakan hamil setelah melalui program bayi tabung, selain rasa senang yang luar biasa, saya juga semangaaaaat banget untuk mengatur minggu demi minggu yang bisa saya lakukan sebagai ibu hamil, yeaaaay. Nah, ini catatan dan perencanaan minggu demi minggu a la saya.

open-uri20121022-19755-1wtki3n

*Gambar dari sini

  • Minggu ke-4.

Di minggu ini saya mulai merasakan perubahan dalam tubuh yang sesuai dengan ciri-ciri kehamilan yang saya baca atau dengar dari teman-teman. Mulai deh hari-hari saya dipenuhi oleh morning sick, buang air kecil lebih sering dan payudara terasa lebih lembut sekaligus sensitif dari biasanya. Setelah positif hamil, saya juga mulai menjalani pola hidup yang lebih sehat. Buat mommies yang bekerja, nggak usah khawatir karena ada tips-nya kok mengatasi keluhan-keluhan kehamilan ini.

  • Minggu ke-6

Berhubung saya mengikuti program bayi tabung, jadi dari awal saya memang sudah memilih dokter kandungan, Nah, buat mommies yang mungkin saja baru tahu kalau sedang hamil di minggu ke-6 ini, jangan lupa untuk segera membuat janji dengan dokter kandungan. Cari tahu kualitas dokter yang Anda pilih, siapkan pertanyaan yang mau diajukan dan jangan lupa ceritakanapa saja yang Anda rasakan beberapa minggu ini. Biasanya di minggu ini Anda diberi resep obat penguat kandungan dan vitamin, pastikan juga kalsium dan asam folat menjadi salah satunya.

  • Minggu ke-10

Masuk minggu ke-10 ini saya kembali merasakan perubahan pada tubuh. Perut saya semakin membuncit, dan area leher agak mulai menggelap (oh noooooo) dan pastinya berat badan yang semakin montok, hehehe. Saya berencana untuk mengatur kenaikan berat badan. Bukannya mau sok keren dan tampil ala Victoria Beckham di saat hamil sih, tapi lebih kepada karena saya mau menghindari obesitas dan kolesterol tinggi di saat hamil. Oh satu lagi, emosi saya mulai naik turun nggak jelas. Gampang nangis kalau nonto drama Korea yang menyentuh dikit plus merasa cepat lelah.

  • Minggu ke-14

Saat ini kehamilan saya memang baru masuk minggu ke -13, tapi bersyukurnya frekuensi mual sudah mulai berkurang. Walaupun dari cerita teman-teman saya, lamanya morning sick di setiap ibu hamil itu berbeda-beda. Saya hanya berharap nggak seperti teman saya yang mengalami mual hebat sampai minggu ke 24. I cant imagine. Tetap jaga asupan nutrisi dan serat agar terhindar dari konstipasi adalah rencana saya di minggu ini. Oh iya, jika perut sudah semakin besar, jangan lupa  memakai treatment oil atau cream untuk mencegah terjadinya stretch mark!

Apa rencana untuk minggu ke-16 hingga minggu ke-40? Cek laman selanjutnya.