Working Mothers, Let’s Change The System

Setelah punya anak merasa semangat kerja berkurang atau sebaliknya, makin gas pol? Tahu nggak, semakin semangat kita bekerja, semakin besar kita bisa menciptakan dunia kerja yang bersahabat untuk para ibu.

Kebetulan, baru kemarin tim Mommies Daily kelar menyelenggarakan FGD kecil-kecilan dengan mengundang para working mothers dari berbagai latar belakang pekerjaan, dan dengan usia anaknya yang juga bermacam-macam. Ada new mom dengan bayi usia 20 bulan sampai mommy dengan anak berusia 12 tahun.

IMG_7931

Obrolan ringan diselingi makan siang yang lezat dan membuat perut nyaman dari Q Smokehouse benar-benar menjadi waktu me time yang seru untuk kami semua. Gimana nggak seru, karena kami semua semacam senasib sepenanggungan, hehehe.

IMG_7988

Saat Hanifa Ambadar selaku founder dari Female Daily Network ini membuka FGD, Hani menjelaskan bahwa saat ini semakin banyak ibu yang terjun ke dunia kerja, dan banyak member dari Female Daily Network juga merupakan ibu bekerja. Maka, kami pun senang mendengarkan dan berdiskusi dengan para working mothers ini.

IMG_7952

Dari FGD kemarin, banyak hal menarik yang didapat, ada isu lama yang memang sudah kerap kami dengar, ada juga isu baru yang membuat kami semakin semangat bekerja. Working mothers masih juggling untuk urusan membagi waktu, tapi senangnya, mendengar bahwa para suami sudah menyadari perannya sebagai ayah dan nggak ragu sama sekali turun tangan dalam pengasuhan si kecil. Selain tantangan berupa mengadakan quality time bersama pasangan, tak jarang working mothers juga harus menghadapi tantangan dari rekan kerja, terlebih jika berhubungan dengan urusan breastfeeding.

IMG_7959

Fakta menarik adalah, working mothers yang hadir mengakui bahwa memiliki atasan yang juga seorang ibu membuat mereka lebih mudah mengatur waktu dan membelah diri untuk urusan pekerjaan dan keluarga. Tak jarang juga, pemimpin perempuan mau berjuang menciptakan lingkungan kerja yang bersahabat untuk para ibu.

Jadi, untuk seluruh working mothers di luar sana, jangan biarkan opini publik tentang kemampuan seorang ibu dalam bekerja membuat career path Anda berhenti atau stuck begitu saja. Kalau kata Hanzkyy, take more challenge and climb up the corporate jungle so you can have the authority to change the system and give more opportunities for women to succeed in juggling the act of being professional and a mom. We can do it moms. 

IMG_8010

Thank you untuk para working mothers yang kemarin sudah menyempatkan diri untuk hadir. Terimakasih juga untuk Q Smokehouse atas hidangan yang lezat dan juga tempatnya. Sampai jumpa di acara MD berikutnya ya mommies.

 


Post Comment