Olahraga Bersama Keluarga, Banyak Manfaatnya

Banyak manfaat yang bisa diperoleh si kecil jika beraktivitas di luar ruangan. Olahraga, misalnya. Untuk itu, lakukan olahraga seru, yuk!

olahraga seru

Kalau pillow talk merupakan ritual yang sering saya lakukan bersama suami, olahraga merupakan satu ritual saya lakukan bersama keluarga. Saya yakin, semua Mommies tentu sudah paham jika aktivitas yang satu ini punya pengaruh besar untuk perkembangan anak-anak, baik secara fisik maupun mental.

Mengingat manfaat olahraga begitu besar buat anak-anak, rasanya sayang sekali, ya, kalau kita tidak manfaatkan semaksimal mungkin. Lagi pula, manfaatnya nggak cuma dirasakan anak saja, kok. Kalau dilakukan bersama-sama, sudah bisa dipastikan bikin bonding makin erat. Terus terang, saya dan suami masih ingin sekali menambah porsi olahraga sebagai salah satu bentuk ritual keluarga. Maklum, sampai saat ini olahraga yang kerap kami lakukan baru sebatas bersepeda, renang, dan main badminton. Seharusnya masih banyak olahraga lain yang kami kenalkan pada Bumi, anak kami.

Ngomongin soal olahraga bersama keluarga, saat ini bodrexin sedang menyelenggarakan aktivitas ‘Olahraga seru’ yang berakhir tanggal 27 September 2015. Ada yang sudah ikutan?  Syaratnya mudah sekali, kok. Mommies hanya perlu share foto  memperlihatkan aktivitas olahraga yang dilakukan bersama keluarga ke Fanpage Kebaikan bodrexin dan Twitter (@kebaikanbodrexin). Nanti akan di pilih 10 cerita dan foto terpilih yang berhak mendapatkan merchandise menarik dari bodrexin. Untuk syarat dan ketentuan activity ini, lengkapnya bisa dilihat di Facebook Fanpage Kebaikan bodrexin.

Mumpung masih ada waktu dan kesempatan, yuk, kita ikutan aktivitas bersama bodrexin. Nggak ada ruginya, kok, untuk sementara waktu melupakan bermain gadget. Ajak anak-anak kita aktif bergerak di luar ruang demi kesehatan tubuh mereka yang lebih baik.

olahraga seru bodrexin

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa olahraga memiliki banyak manfaat, Anna Surti Ariani, psikolog anak dan keluarga mengatakan bahwa olahraga nggak cuma bermanfaat bagi fisik saja, namun manfaat kognitif anak juga bisa berkembang dengan pesat. Ada survei yang mengatakan kalau anak-anak yang aktif mampu mengembangkan keterampilan kognitif lebih cepat. Mereka pun lebih fokus dibandingkan dengan anak yang tidak aktif.

Apakah manfaatnya hanya ini saja? Tentu saja tidak. Seperti yang sudah dituliskan dalam artikel ‘Manfaat Main Di Luar Untuk Anak’, kegiatan olahraga juga mampu mengembangkan keterampilan sosial. Maklum saja, dengan olahrga, anak-anak punya kesempatan unruk berinteraksi dengan anak lainnya. Dengan begitu, anak-anak juga akan belajar keterampilan bekerja sama dalam satu tim.

Tanpa disadari olahraga pun bisa bermanfaat untuk mengasah rasa empati anak. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan lewat olahraga anak bisa dilatih untuk belajar mengalami ragam emosi. Mbak Nina bilang, dengan mengetahui perasaannya sendiri maka anak akan belajar untuk mengelola emosi sehingga dirinya bisa menyesuaikan antara emosi yang disampaikan dengan situasi yang sedang berlangsung. Mulai dari rasa senang, girang, sedih, marah, malu, merasa bersalah, atau perasaan lainnya. Bahkan, dengan berolahraga anak bisa melepaskan tekanan emosi anak sehingga emosi negatif cenderung berkurang. Anak pun jadi nggak gampang stress.

Lagi  pula, ngeri juga kan kalau membayangkan anak bisa mengalami obesitas lantaran sulit diajak olahraga? Rasanya sudah ada puluhan penelitian ataupun fakta yang menyebutkan kalau saat ini memang muncul masalah baru yang menghantui kehidupan balita dan anak bahkan orang dewasa di Indonesia, yaitu masalah obesitas. Persentase obesitas pada balita pada tahun 2010 sebesar 14%, meningkat dari 12.2% pada tahun 2007.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, ajak anak olahraga bersama dan jangan lupa foto kemudian share di Fanpage Facebook Kebaikan bodrexin dan Twitter (@kebaikanbodrexin).  Siapa tahu Mommies beruntung mendapatkan hadiah spesial dari bodrexin.