5 Tips Mengurangi Stress Saat Bekerja

Ada 5 tips mengurangi stress saat bekerja dan ketika Anda merasa kalau pekerjaan seolah tidak ada habisnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah situs coaching and therapy di San Francisco menunjukkan bahwa perempuan yang berada di jajaran eksekutif 11% lebih stress dan 16% lebih mudah khawatir dibandingkan para pria yang memiliki kedudukan yag sama.  Salah satu alasannya adalah karena perempuan cenderung lebih perfeksionis dan merasa harus mengerjakan segala sesuatu dengan SEMPURNA. Well, sikap perfeksionis memang bagus sih, tapi ini juga membuat perempuan sulit bersikap lapang dada dan ikhlas.

Menurut Anne Devereux Mills, Lantern’s Chief Strategy Officer sebenarnya ada 5 hal yang bisa dilakukan oleh para perempuan bekerja yang menduduki level pimpinan.

StressLess

 

*Gambar dari sini

  1. Tentukan prioritas pekerjaan setiap harinya

Pilih maksimal 3-4 pekerjaan utama yang harus Anda selesaikan di hari itu. Anda harus patuh dengan rencana yang Anda buat dan limpahkan sisanya kepada tim di bawah Anda. Tidak memiliki prioritas hanya akan membuat Anda merasa lelah secara mental.

  1. Fokus pada satu hal

Kita tahu bahwa ternyata multasking memiliki dampak negatif  dan ternyata juga membuat stress yang kita alami meningkat. So keep your eye on one thing at a time. Saat di kantor, fokus pada pekerjaan Anda. Dan saat di rumah, dedikasikan diri sepenuhnya pada keluarga dan urusan rumah.

  1. Perfect is boring

Bukan berarti Anda bisa asal dalam melakukan pekerjaan. Tapi yang dimaksud di sini adalah, ketika segalanya berjalan tidak sesuai harapan, jangan terus membebani diri dengan kegagalan tersebut. Let it go. Jika memang tidak memungkinkan kita meraih nilai A, it’ s oke untuk sesekali mendapatkan nilai B :).

  1. Pendelegasian tugas

Banyak pemimpin terkadang suka merasa gengsi untuk menugaskan tim di bawahnya. Ada yang merasa takut dianggap lemah, ada juga yang kurang paham arti dari delegasi atau bisa juga takut jika yang mendapat poin plus adalah bawahannya. Padahal, ketika kita sukses melakukan pendelegasian tugas, kita sudah membantu diri sendiri dan orang lain.

Beban kerja kita berkurang dan kita pun membuat atau melatih tim kita menjadi lebih pintar dan cerdas. Saat kita berhasil, kemenangan pun menjadi milik bersama. Dan ketika kita gagal, we are not carrying the whole burden.

  1. Profesional dengan jam kerja

Maksudnya? Seringkali kita ketika kita datang on time ke kantor, kita menunda jam pulag kantor. Siapa mommies di sini yang suka merasa nggak enak ketika pulang on time sedangkan tim yang lain belum pulang? Hehehe. Padahal, jika memang kita sudah datang on time, nggak dosa lho kalau kita pulang juga on time.

 


2 Comments - Write a Comment

Post Comment