5 Recommended Youtube Channel For Kid

Kehabisan akal ingin melakukan apa bersama si kecil? Manfaatkan saja beberapa channel youtube berikut ini, selain membangun bonding juga bisa menjadi sarana belajar sambil bermain.

5RecommendedYoutubeChannelForKids

Jika akhir pekan sudah di depan mata, apa sih yang biasanya terbayang di benak Mommies? Mencari destinasi seru di sekitar Jakarta? Atau hunting tempat membaca yang asyik untuk si kecil? Nah, kali ini, tidak salahnya melakukan sesuatu yang berbeda, seharian bersama si kecil di rumah saja dan “menjelajah” beberapa youtube channel for kid berikut ini.

Make Me Genius

Channel ini berisi video seputar pengetahuan untuk anak-anak. Rata-rata disajikan dalam bentuk animasi sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak. Misalnya bagaimana makanan dicerna oleh tubuh atau mengenal konsep kerja dari cahaya. Mengingat channel ini menggunakan bahasa Inggris, dampingi si kecil saat menonton ya – ini sekaligus juga bisa menjadi sarana yang efektif belajar bahasa asing.

Paman Apiq

Nah, kalau ini adalah channel youtube buatan anak negeri. Fia, tim Mommies Daily pernah membahasnya di belajar lebih seru bersama youtube. Untuk isinya, anak-anak akan belajar matematika dengan asyik dan kreatif. Tahu sendiri dong ya, Mommies, terkadang matematika menjadi pelajaran yang “ditakuti” oleh si kecil. Nah, dengan Paman Apiq mudah-mudahan belajar matematika bisa menjadi lebih menyenangkan, dan meringankan tugas Mommies mengajarkan pelajaran hitung-hitungan ini :D

Whiz Kid Science

Ini adalah salah satu channel favorit saya, menurut saya kelebihan channel ini – tutorial disampaikan langsung oleh seorang anak kecil. Ada macam-macam science experiments yang bisa Mommies tiru bersama si kecil, cara dan bahan-bahan sangat mudah dipraktikkan dan didapat. Video favorit saya adalah walking water!

Ini Budi.Org

Sama seperti channel Paman Apiq, “Ini Budi.Org” juga menggunakan bahasa Indonesia. Video dalam channel ini diperuntukkan untuk anak usia SD, SMP dan SMA untuk mempermudah mengerti pelajaran-pelajaran yang mereka terima di sekolah. Contohnya, cara menghapal perkalian, serba serbi rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan hingga penjelasan mengenai reproduksi wanita.

DM Creative School

Jika Mommies kesulitan mencari ide aktivitas DIY sederhana untuk si kecil, channel ini menurut saya bisa menjadi sumber referensi Anda. Ada beberapa kategori yang bisa Mommies pilih, origami for kids, fruit carving for kids, paper craft ideas, dan lain-lain. Kiat dari saya, pastikan Anda mendampingi si kecil jika ada proses menggunting.

Sementara itu, jika Mommies ingin memastikan si kecil tidak mengakses youtube channel yang tidak diperuntukkan untuk seusainya, kini Youtube merilis aplikasi Youtube Kids, yang memiliki 4 kategori – Shows, Music, Learning dan Explore.

Atau Mommies punya rekomendasi youtube channel lainnya? Kami tunggu ya ceritanya :)


3 Comments - Write a Comment

  1. Thank u so much for sharing this great article!!

    Anak2ku memang lumayan banyak belajar dari youtube (si kecil belajar alphabet, counting, colors, shapes, etc dan si sulung belakangan lagi hobi berat sama yang berbau solar system).

    Dengan informasi ini membantu banget untuk mengenalkan si sulung kepada chanel2 yang sarat pengetahuan dengan bahasa yg mudah dipahami anak2…

    Sejauh ini aku random saja pakai search engine kalau mau browsing youtube video untuk anak2…

Post Comment