3 Resep Jus Praktis Kaya Phytonutrient

Ini dia 3 resep jus -dan minuman yang praktis supaya kita bisa memastikan asupan phytonutrient setiap hari. Eh, apa ya Phytonutrient itu?

Soal kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, saya yakin secara pengetahuan kita semua pasti sudah ngelotok deh. Tetapi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, biasanya ada 2 kelompok. Yang pertama memang sudah benar-benar menjadi kebiasaan, otomatis. Kalau ketinggalan sekali pasti rasanya ada yang salah. Nah yang kedua nih, kalau baru ‘tercerahkan’ pasti langsung semangat untuk banyak makan sayur, bikin jus tiap hari, dsb. Tapi biasanya, lama-kelamaan agak mengendor entah karena lupa atau terlupakan.

Yang dibutuhkan memang konstan reminder, darimanapun sumbernya. Kebetulan kemarin saya menghadiri bincang-bincang dengan Dr. Grace Judio Kahl, dokter dan pakar nutrisi yang mommies pasti sudah sering mendengar. Kali ini reminder-nya adalah soal phytonutrient, bagian dari mikronutrient yang dibutuhkan tubuh untuk mencapai kesehatan optimal. Phytonutrient ini adalah zat gizi yang terkandung dalam buah dan sayur yang berwarna-warni. Ada quote yang menarik juga nih, kenapa Tuhan menciptakan buah dan sayuran berwarna-warni? Ya supaya eye catching dan menarik untuk dipetik dan dimakan, karena zaman dulu kan belum ada supermarket, jadi manusia harus memetik langsung dari pohonnya, hehehe. Dan warna-warni tersebut sebagai penanda kandungan nutrisinya yang berbeda-beda. (Tapi bunga juga berwarna-warni ya? ;) )

Terdapat lima kategori warna phytonutrient yaitu biru-ungu, merah, oranye-kuning, hijau, dan coklat-putih. Setiap warna buah dan sayuran mengandung komponen kesehatan unik yang penting untuk kesehatan, sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi phytonutrient dengan mengombinasikan warna yang memberikan manfaat beragam bagi tubuh.

Nah 3 resep jus -dan minuman- ini praktis lho supaya kita bisa memastikan asupan phytonutrient setiap hari. Eh, sebenarnya semua jus buah dan sayur juga pasti mengandung banyak phytonutrient sih. Nah resep jus ini buat yang bosan dengan jus yang itu-itu saja setiap hari. Resep jus ini memakai Buavita, jadi nanti hasilnya lebih enak dan tidak perlu tambah gula lagi.

1. Guavannah

Bahan: 400ml Buavita Guava, 100 gram nanas, es batu (atau nanasnya bisa dibekukan dulu), dan 1 genggam bayam. Caranya, campur semua bahan dan blender hingga halus. Teksturnya kental dan rasanya enak.

jus1

2. Royale Punch

Bahan: 250ml Buavita Chloro Broccoli, 1 genggam daun pokcoy, sejumput daun peterseli, sedikit perasan lemon (untuk mempertahankan warna hijau jus) dan es batu. Sama dengan resep pertama, campur semuanya dan blender. Teksturnya lebih encer dan rasanya segar.

jus2

3. The Holidays

Bahan: 500ml Buavita Mix Berries, 4 buah lychee (kaleng atau leci segar kalau ada), sejumput daun mint dan es batu. Untuk yang ini, kita tidak blender, tetapi shake. Lychee dan daun mint ditumbuk kasar sebentar, kemudian di-shake bersama dengan buavita dan es batu. Nah yang ini rasanya segerr banget dan tampilannya sangat menggoda!

jus3

Ketiga resep menggunakan Buavita, sehingga kita bisa mendapatkan sensasi rasa yang berbeda. Oya untuk yang belum tahu, jangan khawatir karena Buavita ini tidak mengandung pengawet lho. Proses sterilisasinya dengan teknik UHT dan dikemas secara aseptik, jadi memastikan kandungan gizinya tetap optimal.

Have a juicy day!

 


Post Comment