banner-detik
BREASTFEEDING

Nyaman Menyusui Saat Berkunjung ke Mall

author

adiesty04 Sep 2015

Nyaman Menyusui Saat Berkunjung ke Mall

Fasilitas pendukung kegiatan menyusui di area publik seperti di mall menjadi salah satu penyemangat para Mommies untuk terus memberikan ASI untuk sang buah hati

Setuju nggak kalau saya bilang jalan-jalan ke mall bisa dijadikan ajang me time supaya kita tetap waras atau rekreasi bersama keluarga? Tapi biasanya buat kalangan Mommies yang masih memiliki bayi, ketika memutuskan untuk pergi ke sebuah mall akan mempertimbangkan ada atau tidaknya fasilitas menyusui. Memang, sih, ngASI ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja mengunakan apron. Tapi tentu dengan adanya ruangan menyusui akan terasa jauh lebih nyaman.

Nah, dalam artikel ini saya ingin menuliskan beberapa mall yang sering saya kunjungi dan sudah menyediakan fasilitas menyusui. Apa saja?

Pejaten Village

Jl. Warung Jati Barat No. 39, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta

Berhubung kantor Mommiesdaily berada di wilayah Kemang, saya cukup sering  mampir ke Mall Pejaten Village yang lokasinya memang nggak terlalu jauh dari kantor. Lagi pula, karena kantor suami juga di bilangan Buncit, kami pun akhirnya sering memilih mall ini untuk tempat nge-date.

Nah, kalau ngomongin ruang laktasi di mall, saya suka sekali dengan fasilitas yang disediakan di sini. Di sampir ruangnya besar, ruang laktasi di sini perawatannya terjaga dengan baik. Waktu saya mampir ke sana, kondisinya benar-benar bersih, dan wangi. Oh, ya, satu yang yang membuat saya jatuh cinta dengan ruangan laktasi ini adalah musik yang putar di sini juga sangat mendukung kita dalam memompa. Syahdu sehingga bikin kita jadi rileks.

penvil*begitu masuk ruang laktasi, kita akan menemukan loby yang nyaman ini

penvil1 *beberapa  bilik menyusui dan area tempat mengganti popok di ruang laktasi Mall Pejaten Village

kokas3

 

 

 

 

 

penvill

Pondok Indah Mall

Jl. Sultan Iskandar Muda Arteri Pondok Indah Kebayoran Lama

Kalau Mommies sedang jalan-jalan ke Pondok Indah Mall 1, Mommies bisa menemukan ruangan menyusui di lantai 2. Menurut saya kondisinya bersih, dan cukup nyaman. Selain ada meja dan kursi, ruangan ini sudah dilengkapi dengan wastafel, sabun cair, tissue dan tempat sampah, dispenser, baby tafel. Sayangnya di sini nggak ada bilik khusus untuk menyusui, jadi buat Mommies yang malu atau sungkan dilihat orang lain ketika menyusui, ada baiknya tetap membawa apron. Berbeda dengan di PIM 1, ruang menyusui di PIM 2 jauh lebih luas.  Ruangannya lengkap dengan private rooms, kursi sofa dengan changing table luas.

Gandaria City

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 57, Arteri Pondok Indah, Kebayoran Lama

Ruangan menyusui di Mall ini memang nggak terlalu  luas. Tapi menurut pandangan saya fasilitas yang disediakan Gandaria City ini cukup terawat sehingga kondisinya bersih. Seperti yang bisa dilihat di foto, ruangan ini memang dikukung oleh sebuah brand. Pantas saja kalau sentuahn interior ruangannya  bertema beruang, dan burung dilengkapi  dengan pelagi dan awan ini, identik dengan brand tersebut.

Di sini memang hanya ada 3 bilik untuk menyusui. Setiap bilik dilengkapi dengan 1 meja, single sofa dan cermin. Ada wastafel dan dua matras tempat ganti popok di luar bilik. Tapi Mommies nggak perlu khawatir harus mengantri ketika ingin menyusui, soalnya ruang menyusui di sini lebih dari satu, kok, karena fasilitas ini bisa ditemukan di setiap lantai.

PI1 *bilik menyusui 

PI2

Kota Kasablanka  

Jl. Casablanca Raya Kav 88, Jakarta

Buat Mommies yang tinggal di Ibukota Jakarta, dan sering mampi ke Mall yang satu ini, pasti akan setuju kalau saya bilang fasilitas nursing room ini sangat besar dan memadai sehingga bisa mendukung Mommies yang tengah menyusui. Nggak percaya? Lihat saja beberapa foto yang sempat saya ambil di bawah ini.

kokas1

kokas2

Ruangan nursing room yang terletak di lantai LG ini nggak cuma besar dan bersih saja. Interior yang didominasi oleh warna hijau dan didukung oleh mainan  dan boneka ini mampu menyuguhkan suasana yang nyaman. Yah, mungkin sengaja dibuat seperti suasana di kamar, sehingga anak-anak ataupun Mommies yang berkunjung pun jadi betah.

Di sini, ada lima ruangan yang khusus untuk Mommies menyusui. Asiknya, sih, buat Mommies yang ingin mengganti popok anaknya, area yang disediakan sangat banyak. Lengkap dengan kasur untuk bayi yang bersih dan nyaman, lengkap dengan wastafel di sampingnya.

kokas

Senayan City

 Jl. Asia Afrika Lot 19, Jakarta Pusat

Salah satu ruangan menyusui yang cukup direkomendasikan kalangan ibu menyusui adalah ruang menyusui di Senayan City. Ruang menyusui dan ganti popok di sini berada di lantai Ground dan lantai 4. Namun, kondisi ruangannya berbedam di mana ruangan menyusui di lantai 4, lebih luas. Selain dilengkapi dengan kursi, meja dan wastafel, di sini juga disediakan  dispenser. Bahkan Mommies juga bisa menyusui dengan kursi goyang sehingga rasanya jadi lebih santai.

Plaza Indonesia

Jl. MH. Thamrin, kav. 28 - 30, Jakarta

Ruangan menyusui di mall yang berada di pusat kota ini bisa ditemui di lantai 1 dan 3 di dekat Mineapolis. Memang, sih, untuk luas ruangannya memang nggak terlalu besar. Tapi ruang yang terbagi menjadi dua bagian ini cukup nyaman.

Di sini Mommies bisa menemukan dua bilik ruang menyusui,di dalamnya terdapat sebuah kursi, wastafel, dan tempat tisu. Sedangkan untuk mengganti popok, Mommies bisa lakukan di area yang terpisah.  Oh, ya, di seberang ruangan menyusui, juga ada toilet khusus buat anak-anak, lho.

plazaInd2

PlazaInd*sofa dan meja kecil di dalam bilik menyusui

plazaInd1

Grand Indonesia

Jl. MH.Thamrin No.1, Jakarta Pusat, DKI Jakarta

Mall yang lokasinya nggak jauh dari Plaza Indonesia ini juga punya ruangan menyusui. Bahkan, kalau saya tidak salah, fasilitas ini bisa ditemui hampir di tiap lantai. Di mana selain ada ruangan untuk menyusui, Mommies juga bisa mengantikan popok. Area ini memang tidak jauh toilet. Walaupun jumlah ruangan menyusui cukup banyak, tapi menurut pandangan saya kondisinya kurang nyaman.

Sebenarnya fasilitas ruang menyusui sudah cukup menjamur di beberapa mall Jakarta. Buat Mommies yang punya infomasi soal ruang menyusui di mall  lainnya, di luar mall yang sudah saya tuliskan ini, boleh lho tolong share pendapatnya di kolom komentar di bawah ini.

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan