Sudah Amankah Pakaian si Kecil?

Berawal dari sekadar gatal, kulit anak saya akhirnya lecet dan luka. Dan, semua disebabkan hanya karena label pakaian yang menempel di kerah bagian dalam.

Memasuki usia 5 tahun, Djati menjadi anak yang sangat pemilih untuk urusan pakaian. Masalah utamanya adalah dia merasa terganggu dengan label pakaian yang menempel di bagian dalam kerah. Setiap kali membeli baju baru, setiap kali juga dia meminta labelnya dipotong. Awal-awal saya masih menuruti, tapi sampai suatu saat, kebetulan saya lagi lelah, saya nggak mau memotong dan menganggap anak saya lebay.

Saat saya bilang, “Adek, udah sih, wong cuma kertas kecil begitu. Jangan lebay napa dek”, dia pun menjawab  “Ma, aku lahir kan udah begini. Ya mama tanya dong sama Tuhan, kenapa aku begini.” (Hmmmmm……. drama king banget yaaaa kan). Ternyata, rasa gatal berlanjut kemudian kulit di area tengkuk memerah serta lama kelamaan menjadi lecet.

kid_scratching

*Gambar dari sini

Dari sini akhirnya saya bertanya kepada beberapa teman yang kebetulan berprofesi sebagai dokter anak dan dokter kulit. Menurut mereka, memang ada anak-anak yang memiliki kulit super sensitif termasuk kalau kena label baju atau bahan baju yang tidak bagus. Istilah kedokterannya Dermatitis Kontak.  Saya kira tadinya masalah kulit hanya ada di anak bayi. Dan saya pun sukses merasa bersalah, huhuhu, maafin mama ya dek.

Akhirnya semenjak kasus ini, saya nggak pernah lagi menganggap enteng kegiatan membeli baju untuk anak. Tadinya, memasuki usia di atas dua tahun, saya nggak terlalu memikirkan kualitas membeli baju anak-anak (kecuali baju pergi), karena berpikir anak-anak kan cepat besar. Lain kalau beli sepatu atau mainan.

Namun, setelah melihat kulit anak saya menjadi lecet dan membuat dia tidak nyaman, kegiatan membeli pakaian untuk anak akhirnya sama ‘serius’nya seperti saya membeli bahan makanan untuk mereka, mainan ataupun sepatu. Dan setelah tahu anak saya punya kulit yang sensitif, beberapa teman dokter pun juga menganjurkan untuk lebih selektif dalam membeli pakaian untuknya.

Jadi, demi kenyamanan bersama, saya pun sekarang punya standar tersendiri ketika akan membeli baju untuk si adek. Apa saja?


Post Comment