Lotte Kids FC, Ajak Si Kecil Mencintai Sepakbola

Memilih program televisi memang tricky. Untuk itulah kita harus lebih selektif. Untungnya, akan ada satu program televisi baru yang cukup seru untuk disaksikan oleh anak-anak.

Suatu hari Bumi tiba-tiba menghubungi saya. Di ujung telepon dia pun bilang, “Ibu, nanti beliin ayam goreng, dong.” Rupanya anak lanang saya ini tergoda mau makan ayam lantaran baru saja melihat iklannya di televisi. Lain hari, ketika ngobrol dengan saya, Bumi melontarkan sebuah kata yang menurut saya kurang sopan. Begitu saya tanya, dengar dari mana, dia pun menjawab, “Aku dengar di TV, bu.”

Duh!

78405857_XS

*Gambar dari sini

Tontonan di televisi memang banyak memengaruhi dan cepat sekali diserap oleh anak-anak, ya. Nggak heran akhirnya kalau banyak orangtua masa kini yang jadi parnoan dan bertanya-tanya, boleh nggak, sih, membiarkan anak nonton televisi? Saya pun demikian. Untuk meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan oleh tayangan TV yang kurang bermutu, saya dan suami memutuskan untuk menggunakan TV Kabel. Saya masih ingat, waktu kecil selain gemar nonton Thomas and Friends, Bumi juga suka nonton Sesame Street, tontotan anak yang memang banyak manfaatnya.

Saya sangat percaya kalau anak-anak seusia Bumi punya kecenderungan mengamati dan senang meniru hal-hal yang mereka lihat. Baik dari lingkungan terdekatnya ataupun tayangan televisi. Kalau mereka melihat tayangan yang nggak tepat, bukan tidak mungkin kalau mereka akan kena dampak buruk, terutama dampak psikologis.

Tapi berhubung orang rumah senang nonton TV lokal, rasanya agak sulit melarang Bumi 100% untuk tidak ikut menonton. Seiring bertambah usia, saya pun semakin longgar dengan memberikan izin. Catatannya, ketika Bumi menonton tetap harus ada yang menemani. Program yang boleh ditonton pun harus lulus seleksi, di mana tayangan tersebut harus mengandung edukasi. Pokoknya, jangan sampai, deh, anak saya ini nonton sinetron.

Bicara soal program TV yang memiliki unsur edukasi, beberapa waktu lalu saya sempat datang ke acara peluncuram program reality anak-anak bertema sepakbola pertama di Indonesia. Terus terang, begitu mendapat undangan ini saya jadi penasaran. Seperti apa, sih, programnya?

Rupanya, program yang diberi tajuk Lotte Kids Club FC ini adalah program reality show yang ditujukan untuk anak-anak di bawah 9 tahun dan akan diputar di Trans 7 mulai tanggal 23 Agustus kemarin. Tujuan mengapa program ini dibuat adalah sebagai wadah anak-anak Indonesia yang berbakat untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi pemain sepakbola.

Memang, sih, sepakbola ini kan salah satu olahraga murah dan bisa dilakukan di mana saja. Nggak heran kalau banyak anak-anak yang sangat menikmati dan menjadikannya sebagai olahraga favorit. Di samping bertujuan untuk mencari bakat-bakat baru di dunia persebakbolaan, program ini juga bertujuan untuk ‘menularkan’ semangat olahraga pada anak-anak.

Seperti yang dibilang Yeyen Tumena, mantan pemain timnas yang akan menjadi pelatih anak-anak di  Lotte Kids Club FC, bahwa penting bagi para orangtua untuk mengajak anak-anaknya melakukan aktivitas olahraga. Begitu anak-anak tertarik dan menyukainya, maka anak-anak pun akan melakukan olahraga dengan rasa cinta sehingga manfaatnya pun bisa dirasakan.

Waktu itu salah satu legenda sepakbola Indonesia ini juga mengatakan, selain ingin menemukan anak-anak yang berbakat, program ini juga bisa membantu mengasah anak-anak agar tumbuh menjadi pribadi yang mampu menghadapi segala tantangan yang menghalangi dalam mewujudkan mimpi mereka.

“Ini benar-benar realita. Anak-anak kami latih tanpa naskah. Ini yang jadi tantangan. Usia di bawah 10 tahun tentu bukan hanya skill yang kita bentuk, tapi juga perkembangan attitude mereka. Kami tidak menargetkan peserta jadi jago, yang penting mereka jatuh cinta dan tahu makna bermain sepakbola. Setelah itu dengan sendirinya mereka sadar jika memang ingin menekuni bidang ini,” tambah Yeyen.

Tidak hanya Yeyen Tumena, untuk menyukseskan program ini, Lotte Kids Club FC juga menghadirkan beberapa mentor seperti Putra Maulana, seorang komentator  dan pengamat sepakbola yang bertugas sebagai pelatih. Sementara posisi manajer yang akan mengasuh anak-anak dipercayakan kepada Franda, presenter cantik yang memang mencintai sepakbola.

Penasaran seperti apa, langsung ajak si kecil nonton bersama, yuk, Mommies. Siapa tahu si kecil jadi tambah minat olahraga sepakbola. Oh, ya, buat Mommies yang masih bingung bagaimana memilah acara TV yang baik untuk anak, ikutan diskusi di forum kami, yuk.


6 Comments - Write a Comment

  1. Mba @adiesty Lotte Kids FC ini biasanya diputar hari apa jam brp ya di Trans TV? Soalnya #DannyBoy juga lagi demen sangat sepak bola, jadi kepengen ajak dia liat ini.

    Makasih banyak ya untuk artikel dan infonya :)

Post Comment