Money Talks: Hemat Ulang Tahun Anak

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Membuat pesta ulangtahun mungkin menjadi bagian dari rencana keluarga tahun ini. Ada beberapa tips dan trik agar ulang tahun anak tetap berkesan namun tetap hemat.

birthdayParty

*Gambar dari sini

  1. Memahami anggaran pesta

Pesta ulang tahun dapat diselenggarakan mulai dengan biaya yang sangat ekonomis hingga mahal tak terhingga. Komponen pembentuk anggaran biaya pesta ulang tahun adalah: Jumlah undangan, jenis konsumsi (makanan dan minuman), goodie bag, pengisi acara, dan dekorasi lokasi acara. Jika mau berhemat, pilih satu pos saja yang mendapatkan alokasi biaya lebih besar.

  1. Siapa saja yang diundang

Meriah atau tidaknya sebuah pesta ulangtahun sangat bergantung kepada siapa yang kita undang. Bila para undangan saling mengenal satu sama lain, pesta ulangtahun pasti lebih menyenangkan dan suasana pun lebih hidup. Jadi, tidak perlu mengundang seluruh teman-teman anak, mama, papa dan saudara ya moms. Yang penting orang-orang dekat. Jumlah tamu yang tidak membludak otomatis juga mengurangi biaya pesta.

  1. Pilih lokasi

Merayakan ulang tahun dengan hemat tentu saja membuatnya di rumah kita atau saudara. Selain itu, usahakan membuatnya di jam-jam tanggung seperti sore jam 4 dan berakhir saat jam 6 sore. Jadi, konsumsi yang disiapkan pun tidak perlu makanan berat untuk makan siang atau makan malam. Minumannya, bisa disiapkan dalam bentuk sirup warna-warni, bukan aneka soda. Mommies hanya perlu membeli 3 botol sirup dan voila…aneka minuman pun telah tersedia.

  1. Buat tema dan dress code

Usahakan membuat tema pesta yang mudah untuk diikuti oleh para tamu dan dekorasinya pun cukup murah. Contohnya, pesta tema Bola. Anda bisa meminta para tamu untuk berpakaian dengan atribut olahraga. Kemudian, acara permainan pun dapat dibuat dengan aneka bola. Dekorasi? Cukup buat karton-karton besar dengan gambar-gambar bola. Efisien bukan?

  1. Goodie bag yang ekonomis

Salah satu trik membuat goodie bag murah dan lucu adalah dengan memasukkan permen dan aneka wafer ke dalam bungkus karton coklat. Kemudian, ajak anak menghias bungkus coklat tersebut dengan aneka gambar dan spidol. Percayalah, hanya dengan Rp.5000 per bungkus, Anda sudah mendapatkan satu jenis aktivitas untuk pesta sekaligus dapat membagikan Goodie Bag yang menarik dan berkesan.

Itulah beberapa tips dan trik untuk membuat ulang tahun anak yang lebih hemat. Semoga bermanfaat ya, mommies. Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.