Masalah Pada Payudara Saat Menyusui (Part 2)

Ibarat cerita bersambung yang selalu menarik untuk disimak, masalah pada payudara saat menyusui juga pasti menarik untuk dicari tahu.

latching-on

Gambar dari sini

Setelah beberapa saat lalu saya membahas tiga permasalahan pada payudara saat menyusui, sekarang ada tiga kasus lainnya yang ingin saya informasikan kepada Mommies. Dari tiga kasus yang akan dibahas nanti, kali ini yang pernah saya rasakan adalah saluran susu yang tersumbat. Saluran ASI saya terhambat, akibatnya produksi ASI menjadi tidak maksimal. Gejalanya, seperti ada benjolan yang mengeras di dalam payudara saya. Solusi yang saya jalankan adalah memijat perlahan bagian yang mengeras itu sebelum pumping dan setelahnya, selain itu juga mengompres dengan handuk yang direndam air hangat. Setelahnya aliran ASI terasa lebih lancar dan rasa sakit juga jadi berkurang.

Setelah saya pernah membahas tentang Mastitis, Puting Lecet dan Payudara Tidak Simetris, sekarang saya ingin berbagi info tentang masalah lain yang masih seputar problem pada payudara ketika menyusui.

  1. Saluran Susu Tersumbat

Pengertian:

Terhambatnya aliran ASI, dari kantong ASI hingga ke puting.

Penyebab:

Ada tekanan dan akhirnya menyebabkan aliran mengecil.

Penanganan:

Dipijat di bagian yang “merengkel”, dr. Marini menyarankan memijatnya sambil menyusui. Berikan sedikit baby oil pada bagian yang dirasa agak “merengkel” tadi, di saat yang bersamaan ketika bayi sedang menghisap ASI. Jadi gerakannya “memecah” bagian yang merengkel tadi baru di arahkan ke puting.

Biasanya berlangsung berapa lama?

Tergantung perawatannya, dan usahakan tidak memakai bra berkawat selama masa menyusui. Perhatikan juga posisi tidur, hindari posisi tidur yang ada tekanan ke bagian dada Mommies atau tengkurap.

Di halaman selanjutnya, tentang puting datar dan puting yang terlalu besar


Post Comment