Money Talks: Kiat Mencicil Kendaraan

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Jika Mommies memang harus mengambil kredit kendaraan, berikut hal-hal yang sebaiknya diperhatikan.

Membeli kendaraan merupakan salah satu keputusan finansial besar bagi setiap keluarga. Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang optimal karena harga mobil akan turun, sedangkan pinjaman ada biaya bunganya.

Car Key with Leasing Tag on White

*Gambar dari sini

  1. Punya dana pembelian awal

Pastikan Anda memilliki dana awal minimal 20% yang bisa berasal dari penjualan kendaraan sebelumnya ataupun sudah ditabung. Jangan tergoda untuk mendapatkan dana pembelian awal dari pinjaman dana tunai yang diberikan oleh kartu kredit.

  1. Pahami total biaya pembelian kendaraan

Total biaya pembelian kendaraan terdiri dari harga beli kendaraan ditambah biaya bunga pinjaman dan biaya tambahan lainnya. Pastikan juga kondisi keuangan keluarga kita memang cukup untuk mencicil kendaraan. Indikatornya adalah kita punya setidaknya 20% dari penghasilan untuk membayar cicilan bulanan.

  1. Bandingkan berbagai penawaran pinjaman

Pinjaman pembelian kendaraan dapat berasal dari perusahaan leasing dan kredit bank. Secara umum, biaya bunga dan ketentuan pelunasan dipercepat lebih fleksibel melalui kredit bank. Namun, proses pengajuannya juga lebih rumit dibandingkan ke perusahaan leasing.

Carilah minimal 3 alternatif fasilitas kredit dari 3 bank atau lembaga pembiayaan sebelum Anda membeli kendaraannya. Bandingkan berapa suku bunga efektif (Ilustasi: suku bunga 6% p.a. flat = 11.5% p.a efektif), biaya administrasi, biaya asuransi, dan provisi yang harus dibayarkan.

  1. Kunjungi beberapa dealer kendaraan

Beberapa dari kita mungkin tidak tahu bahwa setiap dealer punya mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan merek mobil yang akan dibeli, lakukan window shopping ke minimal 3 dealer. Mintalah diskon terbaik plus layanan tambahan lain seperti gratis aksesoris mobil, gratis biaya plat nomor, dan lainnya. Setiap dealer juga umumnya bekerja sama dengan perusahaan leasing atau kredit bank yang berbeda.

Jadi, sebelum mencicil kendaraan, pastikan dulu kita memang memilki kemampuan finansial yang mumpuni dan tidak mengganggu perencanaan keuangan keluarga. Usahakan untuk tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan agar keluarga kita mendapatkan penawaran yang terbaik. Selamat membeli kendaraan. Live a beautiful life!

 

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 

 


Post Comment