Money Talks: Baby Shower yang Ramah di Kantong

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Saat ini banyak ibu hamil yang mengadakan baby shower. Supaya baby shower tetap seru namun hemat, ikuti tips berikut ini.

Ketika usia kehamilan mommies mulai memasuki tujuh bulan, ada beberapa perayaan yang umumnya dilakukan di Indonesia. Selain syukuran tujuh bulanan, saat ini mulai marak diadakannya pesta 7 bulanan ala barat yang dikenal dengan nama Baby Shower. Jika Anda berniat membuat baby shower atau membuatkan untuk teman terdekat, urusan anggaran menjadi bagian yang harus dipikirkan juga.

baby shower

*Gambar dari sini

  1. Tentukan anggaran

Menentukan lokasi kegiatan, jumlah tamu undangan, dan kegiatan berdasarkan anggaran yang dimiliki. Karena tidak punya banyak waktu untuk menabung, maka alokasi dana Baby Shower umumnya diambil dari tabungan yang sudah ada. Sebaiknya, Anda hanya menggunakan maksimal 10% dari tabungan yang tersedia untuk membuat Baby Shower.

  1. Lokasi pesta

Membuat pesta di restoran biasanya lebih praktis, namun biaya lebih mahal dibandingkan jika mengadakan di rumah. Manfaatkan teras dan halaman atau jika Anda tinggal di kompleks, bisa memanfaatkan taman di kompleks.

  1. Kartu undangan dan dekorasi

Tentukan tema pesta, dan usahakan untuk membuat perbandingan terlebih dahulu dari beberapa toko atau online shop. Untuk undangan, manfaatkan aplikasi dari smartphone yang dapat menghemat biaya cetak. Salah satu cara menurunkan biaya dekorasi adalah dengan menyesuaikan lokasi pesta dengan tema pesta. Alokasi untuk dekorasi maksimal 20% dari anggaran.

  1. Makanan dan minuman

Jika anggaran Anda cukup besar, bisa membuat pesta dengan jamuan makan siang atau makan malam. Namun, jika dana terbatas, buatlah pesta di jam tanggung seperti pukul 2-4 sore atau pukul 4-6 sore. Pastikan jumlah tamu undangan yang datang dengan sistem RSVP agar pesanan tidak berlebihan. Umumnya alokasi makanan bisa mencapai 50% dari anggaran pesta.

  1. Acara dan kegiatan

Sesuaikan kegiatan di pesta Baby Shower dengan tema dan anggaran Anda. Cari permainan yang tidak banyak menggunakan perlengkapan yang mahal atau bisa menggunakan barang yang sudah ada. Umumnya untuk biaya kegiatan hanya menggunakan 10-20% dari total anggaran pesta. Jika mau berhemat, hilangkan anggaran untuk hiburan seperti penyanyi dan lainnya.

  1. Goodie Bag

Jika alokasi untuk makanan dan minuman sudah memakan anggaran lebih dari 50%, maka kurangi alokasi untuk goodie bag. Saat ini, sudah banyak ide-ide cantik dari internet yang dapat diaplikasikan untuk pesta Baby Shower Anda. Usahakan alokasinya hanya maksimal 10% dari anggaran.

Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.

 


Post Comment