Menyusui Bayi Sakit, Mungkinkah? (Part 1)

bibir-sumbing2

Bibir bayi sumbing

  • Apakah bayi yang terlahir sumbing dapat menyusui dengan baik? Artinya apakah pelekatan mulutnya ke payudara si ibu bisa dilakukan dengan benar?

Secara teori, bayi dengan bibir yang sumbing butuh posisi menyusui yang tegak. Sumbing itu ada macam-macam; sumbing di bibir saja, atau sampai ke gusi, atau ada juga yang sampai ke langit-langit. Kalau di bibir saja masih aman, kemungkinan bayi tersedak sedikit.

Tapi jika bayi mengidap labiopalatoschisis, yaitu keadaan sumbing yang meliputi bibir, gusi hingga ke langit-langit, maka itu keadaan bayi sumbing yang paling berat. Pada kasus ini memang akan agak susah bagi si kecil untuk dapat menyusu langsung. Tapi jangan panik, kondisi ini bisa diakali dengan dot khusus yang bernama Haberman.

  • Usia berapakah bentuk bibir si bayi bisa diperbaiki?

Biasanya dokter bedah punya kriteria khusus, misalnya berat badan atau tinggi minimal ada di angka sekian. Disebut “Rule of 10” yaitu berat bayi lebih dari 10 pounds atau sekitar 5 kg; usia bayi atau anak lebih dari 10 minggu; kadar hemoglobin darah lebih dari 10 gr %; jumlah sel darah putih kurang dari 10.000 per ml. Operasi juga perlu dilakukan sebelum si bayi bisa berbicara, karena jika bayi sudah bisa berbicara maka dia akan sengau.

  • Hal lain yang harus diperhatikan dalam menyusui bayi sumbing?

Jika penggunaan protese (langit-langit buatan) dirasa sangat mahal, orangtua bisa menggunakan media lain untuk menyusui yang bernama Haberman tadi. Cara lain yang dapat ditempuh adalah operasi. Posisi menyusui juga harus diperhatikan, usahakan agak tegak untuk mencegah bayi tersedak. Karena kalau tidak ada langit-langit, Mommies bisa membayangkan, nggak? Cairan yang masuk akan lebih dekat dengan saluran napas, jadi bisa langsung tembus dengan tenggorokan (tidak ada penghalang).

Bagi Mommies yang sedang mengalami satu dari ketiga situasi di atas, tetap semangat memberikan ASI, ya. Dan untuk support system si ibu, mari berikan semangat semaksimal mungkin supaya si kecil mendapatkan hak ASI-nya.

Ada dua kasus lainnya yang akan dibahas di bagian kedua nanti, yaitu tongue tie dan bayi yang masuk inkubator untuk disinar. Nantikan, ya, Mommies :)


Post Comment