Menyusui Bayi Sakit, Mungkinkah? (Part 1)

 38392695.nicuhand1

Gambar dari sini

Menyusui Prematur

  • Menyusui langsung atau dengan media lain?

Dr. Marini membagi bayi yang terlahir prematur dalam dua kategori: Pertama, prematur yang terlahir dalam keadaan bagus (tidak perlu masuk NICU), dan bayi prematur yang harus masuk NICU. Pada bayi prematur yang bagus, orangtua perlu diinformasikan bahwa bayi prematur belum matang semua organnya (otak, jantung, dan lain-lain), termasuk refleks mengisapnya. Gangguan pada menyusui terletak pada kondisi kepala bayi yang masih “gemulai” sehingga memegangnya jadi susah. Situasi ini dapat diakali dengan cara foot ball position – yang berfungsi menopang kepala bayi.

1295552866

Selain itu, biasanya dr. Marini akan mewajibkan si ibu memompa per dua jam sekali. Media untuk si kecil minum ASI bisa menggunakan cup feeder atau spuit 25 cc, yang biasa digunakan untuk alat suplementer. Alat ini sebenarnya pengganti pipet. Penggunaan media lain untuk memberikan ASI ini harus dilatih, apalagi untuk ibu yang bekerja. “Biasanya saya akan bertanya si bayi akan dititipkan kepada siapa. Jika dititipkan kepada mama si ibu, maka beliau akan saya panggil untuk saya ajarkan cara penggunaan cup feeder atau spuit ini,” tutur dr. Marini.

230237_86193610-485a-11e4-8cf7-a6b82523fab8

  • Takaran

Secara teori, besar lambung per kilogram berat badan sebesar 30 cc. Jadi, bayi 3 kg punya daya tampung maksimal 90 cc. dr. Marini menyarankan untuk memberikan ASI sepertiga sampai setengah dari BB bayi. Meskipun ada juga bayi 3 kg  yang bisa menghabiskan 50 cc ASI. Sebaiknya takaran ASI dimulai di 30 cc (sepertiga dari BB bayi). Bertahap saja; jika bayi masih mau menyusu, bisa ditambahkan per 5 cc.

  • Hal lain yang harus diperhatikan dalam menyusui bayi prematur?

Kadang orang berpikir bayi prematur harus diberikan susu khusus supaya cepat besar. Padahal sebenarnya, ibu yang melahirkan bayi prematur dan ibu yang melahirkan bayi normal itu komposisi atau kandungan ASI-nya berbeda. ASI bayi prematur kandungan lemaknya lebih tinggi.

Laman berikutnya: Apa saja yang perlu diperhatikan dalam kasus menyusui bayi sumbing?


Post Comment