3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menyusui Bayi Kembar Dua dan Tiga

Perkara menyusui memang selalu menarik untuk dibahas, termasuk menyusui bayi kembar bahkan triplet (kembar tiga). Apa saja yang harus diperhatikan?

Pertengahan Juni lalu, keluarga saya baru saja dikaruniai bayi kembar tiga (triplet), dari kakak saya. Semua berjenis kelamin perempuan – seketika jumlah cucu orangtua saya menjadi lima orang, senang tiada terkira dan mengucap syukur tiada henti. Di balik rasa bahagia itu, tetap ada pekerjaan rumah yang harus dijalankan dengan seksama – menyusui. Tepat dengan pekan ASI di bulan ini, saya mewakili MD mencoba membahasnya untuk Anda yang sedang, atau akan menyusui bayi kembar dua dan triplet bersama dr. Marini Sartika Dewi, MsiMed, SpA Dokter Spesialis Anak dan Konselor Laktasi dan MPASI dari Brawijaya Women & Children Hospital.

MIND SET

Menurut dr. Marini yang terpenting dari menyusui bayi kembar dua atau tiga adalah persoalan mind set. Seperti artikel kami terdahulu, juga sempat dibahas mengenai hal ini, salah satu faktor keberhasilan menyusui adalah tingkat kepercayaan diri si ibu. Selain itu pola makan saat menyusui juga tak kalah penting untuk diperhatikan . Dan setelah proses menyusui berjalan dengan lancar, Mommies dan support system harus mengenal dengan baik soal manajemen ASIP. Kembali lagi ke persoalan mind set tadi – dr. Marini mengingatkan bahwa ibu menyusui sebaiknya memahami bahwa jika Anda dikaruniai bayi kembar dua, maka persediaan ASI Anda juga akan menjadi dua kali lipat lebih banyak dari ibu yang melahirkan satu bayi. “Untuk yang kembar tiga, ya berarti ASI untuk ibunya cukup untuk 3 orang bayi. Itu mind set yang harus ditanamkan, tujuan menanamkan mind set seperti itu, si ibu tidak ketakutan jika kehabisan ASI,” ujar dr. Marini.

POSISI MENYUSUI

Prinsip menyusui bayi kembar dua atau tiga adalah: dahulukan bayi yang lebih ringan berat badannya, baru dilanjutkan dengan yang lebih besar. Untuk bayi kembar dua, bisa menyusui bersamaan dengan posisi foot ball di kanan dan kiri, atau cross cradel. Dan bisa juga dengan cara bergantian.

foot ball

Gambar dari sini

cross cradelGambar dari sini

posisi menyusui bayi kembar

Posisi menyusui lainnya yang bisa Mommies terapkan

ASUPAN  MAKANAN

Dr. Marini mengingatkan seputar asupan makanan untuk ibu menyusui. Jika selama ini Mommies atau saya sendiri masih suka mendengar “Ayo makannya harus dua kali lipat ya, kan sedang menyusui” – ternyata bukan seperti itu pengertian pola makan untuk ibu yang sedang menyusui. Sebetulnya kebutuhan ibu menyusui itu bukan berarti dua kali lipat. “Sebetulnya cukup ditambah 500 kalori. Lalu perhatikan juga asupan protein, karbohidrat, protein hewani dan nabati, lemak, vitamin, sayur, buah dan air – semua itu harus terpenuhi.” Jelas dr. Marini.

Ada yang memiliki pengalaman serupa dan ingin berbagi cerita? Silahkan ya, Mommies :)