banner-detik
DAD'S CORNER

Breastfeeding Duties for DAD

author

fiaindriokusumo05 Aug 2015

Breastfeeding Duties for DAD

Meskipun para ayah memang nggak bisa menyusui secara real, tapi banyak hal yang bisa dilakukan oleh kalian, wahai para ayah, agar proses menyusui para Mommies berjalan lancar bebas hambatan.

Saat memasuki bulan ke-3 menyusui Bagus, saya pernah ngamuk berat sama suami saya. Alasannya? Payudara saya bengkak sampai membuat badan meriang nggak jelas, saya minta tolong dia untuk menggendong Bagus karena saya harus memerah ASI untuk mengurangi bengkaknya tapi dia cuek bebek tetap tidur dengan lelapnya. Endingnya, saya menangis dan saya dorong suami saya dari tempat tidur. Saat mau terjatuh, dia pun terbangun, hahaha. Dramaaaa, ya. Memang.

Nah, untuk menghindari drama a la keluarga saya, sebenarnya para ayah dan Mommies bisa menjadi tim breastfeeding yang kompak, lho! Berikut beberapa poin yang bisa dilakukan oleh para ayah untuk menjadi cheerleader pemberi semangat pada para Mommies menyusui.

breastfeeding-tips-dad

*Gambar dari sini

  • Cari tahu tentang breastfeeding
  • Seorang teman fotografer saya (laki-laki) dulu pernah dengan entengnya bilang “Apa, sih, susahnya menyusui, tinggal kasih ke bayi, ASI keluar terus udah bayi kenyang.” Gemas waktu dengar dia bicara seperti itu. Tahu nggak sih, bahwa urusan menyusui itu tidak melulu seindah yang dilihat di film atau poster? Mommies terlihat cantik, memeluk bayi yang dengan tenang menyusu. Faktanya? Nih, saya kasih tahu, kami para Mommies harus pintar mencari posisi yang nyaman untuk bayi menyusu, dan itu kadang membuat punggung kami pegal. Belum lagi kalau ada problem di payudara yang membuat momen menyusui menjadi lebih horor dibanding momen operasi sesar (ini benar-benar terucap oleh teman saya, yang setiap kali menyusu maka payudaranya terasa perih seperti disayat).

    Jadi, sebelum si  kecil lahir, ayah bisa mencari tahu mengenai apa itu breastfeeding, bagaimana proses menyusui, dan kira-kira tantangan apa yang akan dihadapi kelak. Cari tahu keluhan tentang payudara, dsb. Jadi, bersiap untuk kemungkinan terburuk. It will show your wife how much you care about her efforts and how eager you are to be a solid parenting partner.

  • Membantu menyiapkan kebutuhan Mommies
  • Durasi menyusui yang sering dari seorang bayi biasanya membuat Mommies jadi mudah lapar atau haus. Jadi, membantu menyiapkan camilan atau minuman agar selalu tersedia di dekat ibu menyusui bisa sedikit meringankan para mommies.

    Pastikan juga Anda mengetahui di mana letak perlengkapan menyusui seperti bantal kecil untuk mommies bersandar, nipple cream, gel packs untuk ASIP atau botol penyimpan ASIP. Atau membantu membersihkan alat perah ASI. Belajar juga caranya menghangatkan ASIP yang akan diberikan kepada si kecil. This is a simple, yet incredibly helpful service you can provide.

  • Sedikit pijatan itu bisa sangat membantu
  • Mungkin belajar dari drama di anak pertama yang sukses didorong jatuh oleh sang istri, pada anak kedua, suami saya jauh lebih manis, hehehe. Saat menyusui Djati dan saya terlihat mulai pegal, dia dengan baik hati memijat punggung ataupun pundak saya. Nggak lama sih, tapi lumayanlah daripada tidak sama sekali. Selain itu, kalau si kecil sudah bisa ditinggal beberapa jam dengan bantuan ASIP, biasanya suami saya berbaik hati membayari treatment di spa, hohoho.

    Masih ada 3 poin lagi yang bisa dilakukan oleh para ayah. Yuk, segera cek di halaman selanjutnya

    thank-you-word-cloud-1024x791

    *Gambar dari sini

  • Jadilah pengasuh untuk anak yang lain
  • Dalam kasus saya, saat saya menyusui Djati, saya minta tolong ayahnya untuk menjaga Bagus. Yang sudah-sudah sih, Bagus diajak nonton DVD dan si ayah tidur-tidur ayam, atau Bagus dibonceng naik sepeda atau motor untuk keliling komplek. Saya jadi bisa tenang saat menyusui si bungsu.

  • Sediakan hiburan
  • Karena suami tahu banget kalau saya itu pecinta film, jadi beberapa hari sebelum cuti, dia sudah mengajak saya hunting DVD untuk saya tonton sepanjang cuti. Jadi, sambil memerah ASI, saya bisa sambil nonton film kesukaan saya, deh.

  • Say thank you
  • Ih, kok maksa, sih, mengucapkan terima kasih? Menyusui, kan memang sudah tanggung jawab para Mommies! Iya, memang benar, menyusui itu tanggung jawab kami para Mommies, tapi tak ada salahnya loh mengucapkan terima kasih pada istri Anda yang sudah berjuang mulai dari melahirkan sampai menyusui.  Berterimakasih karena sang istri mau berusaha memberikan nutrisi terbaik untuk anak Anda. Kadang, sekadar ucapan terima kasih singkat bisa membuat mata dan hati istri Anda berbinar dan kembali bersemangat.

    Are you ready, dads?

    PAGES:

    Share Article

    author

    fiaindriokusumo

    Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan