Family Friday – Erwin Parengkuan: Menjaga Kesehatan untuk Menikmati Hidup

Erwin Parengkuan (45) bersama isterinya Jana Parengkuan (39) dikenal publik sebagai pasangan yang berkomitmen menjalankan pola hidup sehat bersama keluarganya. Bagaimana ia menerapkannya?

IMG_4791

Gaya hidup sehat dari pasangan yang memiliki empat anak ini yaitu: Giulio (16), Marcio (13t), Abielo (9), dan Matacha (6) sudah menjadi rahasia umum, tak hanya sebatas pola makan tapi juga merambah ke bisnis pastry yang ia jalankan bersama isteri tercinta. Berbincang dengan Erwin selalu menyenangkan, banyak ilmu dan pastinya kembali diingatkan bahwa kesehatan adalah segala-galanya dan patut dijaga demi keluarga dan kehidupan yang pantas dinikmati.

Mas Erwin dan Mbak Jana dikenal sebagai keluarga yang menjalankan pola atau gaya hidup sehat, tolong diceritakan dong, latar belakangnya.

Ibu saya health freak, dari situ saya belajar dan menjalankan pola hidup sehat, dan saya tularkan ke keluarga saya. Dari kecil ibu tidak menyediakan makanan seperti kerupuk, jeroan, daging merah, gorengan, MSG, soda, makanan kalengan atau kemasan. Ibu pandai sekali memasak, sehingga kami anak-anak tidak ada yang protes.

Bagaimana pola hidup sehat tersebut diaplikasikan kepada anak-anak?

Anak-anak melihat contoh, kalau orangtua makan sehat anak pasti meniru, begitupun sebaliknya. Kalau mereka pulang dari ulangtahun teman dan bawa goodie bag, anak-anak sudah pandai memisahkan mana makanan yang layak dikonsumsi mana yang tidak karena ada pengawetnya.

Susah nggak memperkenalkan pola hidup sehat sedari dini? Ada trik atau kiat khusus?

Tidak sulit buat kami, karena kami adalah contoh hidup mereka, walaupun seminggu sekali kami juga masih cheating, biar tidak bosan. Anak-anak masih bisa makan fast food, walaupun itu jarang sekali karena mereka tahu efek makan fast food terlalu sering.

Bicara tentang hidup sehat, Mas Erwin dan Mbak Jana juga menulis buku Smart Eating 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar. Boleh diceritakan garis besar isi buku ini?

Buku ini bercerita tentang pengalaman kami, pengalaman saya ketika mendapat pendidikan yang tidak dimiliki keluarga Indonesia lainnya. Sementara itu DR Samuel Oetoro SpGK berbagi tentang pengetahuan dan manfaat makanan sehat, saya berbagi pengalaman dan rahasia resep keluarga, Jana tentang mengajarkan anak makan sehat.

Dan senangnya, buku ini mendapatkan penghargaan Guermand International Cookbook Awards, penghargaan bergengsi dan selalu dicetak ulang.

Apa makna kesehatan untuk Erwin dan keluarga? Erwin juga membagi resep sehat sederhananya untuk Anda.


Post Comment