banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Family Friday – Erwin Parengkuan: Menjaga Kesehatan untuk Menikmati Hidup

author

?author?31 Jul 2015

Family Friday – Erwin Parengkuan: Menjaga Kesehatan untuk Menikmati Hidup
Erwin Parengkuan (45) bersama isterinya Jana Parengkuan (39) dikenal publik sebagai pasangan yang berkomitmen menjalankan pola hidup sehat bersama keluarganya. Bagaimana ia menerapkannya?

IMG_4791

Gaya hidup sehat dari pasangan yang memiliki empat anak ini yaitu: Giulio (16), Marcio (13t), Abielo (9), dan Matacha (6) sudah menjadi rahasia umum, tak hanya sebatas pola makan tapi juga merambah ke bisnis pastry yang ia jalankan bersama isteri tercinta. Berbincang dengan Erwin selalu menyenangkan, banyak ilmu dan pastinya kembali diingatkan bahwa kesehatan adalah segala-galanya dan patut dijaga demi keluarga dan kehidupan yang pantas dinikmati.

Mas Erwin dan Mbak Jana dikenal sebagai keluarga yang menjalankan pola atau gaya hidup sehat, tolong diceritakan dong, latar belakangnya.

Ibu saya health freak, dari situ saya belajar dan menjalankan pola hidup sehat, dan saya tularkan ke keluarga saya. Dari kecil ibu tidak menyediakan makanan seperti kerupuk, jeroan, daging merah, gorengan, MSG, soda, makanan kalengan atau kemasan. Ibu pandai sekali memasak, sehingga kami anak-anak tidak ada yang protes.

Bagaimana pola hidup sehat tersebut diaplikasikan kepada anak-anak?

Anak-anak melihat contoh, kalau orangtua makan sehat anak pasti meniru, begitupun sebaliknya. Kalau mereka pulang dari ulangtahun teman dan bawa goodie bag, anak-anak sudah pandai memisahkan mana makanan yang layak dikonsumsi mana yang tidak karena ada pengawetnya.

Susah nggak memperkenalkan pola hidup sehat sedari dini? Ada trik atau kiat khusus?

Tidak sulit buat kami, karena kami adalah contoh hidup mereka, walaupun seminggu sekali kami juga masih cheating, biar tidak bosan. Anak-anak masih bisa makan fast food, walaupun itu jarang sekali karena mereka tahu efek makan fast food terlalu sering.

Bicara tentang hidup sehat, Mas Erwin dan Mbak Jana juga menulis buku Smart Eating 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar. Boleh diceritakan garis besar isi buku ini?

Buku ini bercerita tentang pengalaman kami, pengalaman saya ketika mendapat pendidikan yang tidak dimiliki keluarga Indonesia lainnya. Sementara itu DR Samuel Oetoro SpGK berbagi tentang pengetahuan dan manfaat makanan sehat, saya berbagi pengalaman dan rahasia resep keluarga, Jana tentang mengajarkan anak makan sehat.

Dan senangnya, buku ini mendapatkan penghargaan Guermand International Cookbook Awards, penghargaan bergengsi dan selalu dicetak ulang.

Apa makna kesehatan untuk Erwin dan keluarga? Erwin juga membagi resep sehat sederhananya untuk Anda.

IMG_4787

Makna kesehatan sendiri untuk Anda sekeluarga?

Mutlak, hidup dengan makanan sehat membuat kita bugar, tidak mudah terjangkit penyakit, dan menikmati hidup.

Adakah resep khusus yang sangat sederhana untuk menjaga kesehatan harian?

Makanan pagi saya 3 buah tomat direbus 20 menit untuk menghindari prostat, karena ayah saya meninggal karena itu. Selain itu saya sudah lebih dari 10 tahun menghindari gula, caranya saya makan kacang kedelai rebus tanpa perasa. Setiap hari demikian, membawa bekal nasi hitam dan sekotak aneka buah untuk camilan. Saya tidak latah trend, apalagi yang instant.

Jika kita bicara tentang keluarga, erat kaitannya dengan “bonding” atau ikatan. Bagaimana Mas Erwin dan Mbak Jana menjaga quality time bersama anak-anak?

Anak-anak kami urus sendiri tanpa baby sitter, Istri saya perempuan hebat, dia memang tidak mau pengasuh. Sejak kami pacaran dia sudah katakan mengenai hal ini. Liburan rutin setiap ada kesempatan, di dalam negeri bahkan keluar negeri. Anak-anak karena yang paling tua umur 16 tahun dan 13 tahun, sudah bisa menjaga adiknya yang 9 tahun, dan 6 tahun, manakala kami mau pergi berduaan saja. Contohnya kalau di luar negeri, biar kami berdua bisa hangout dan mereka di hotel.

IMG_4786

Kalau liburan singkat kami biasa meliburkan supir, karena saya lebih nyaman berkendara hanya kami saja tidak ada orang lain. Biasanya ke Lembang atau Tanjung Lesung, kalau ke luar kota tidak ada pembantu yang kami bawa.

Pola asuh seperti apa yang Erwin dan Jana terapkan untuk ke empat anaknya? Temukan di laman berikutnya ya Mommies.

IMG_4790

Bagaimana rasanya memiliki 4 orang anak Mas? Pernahkah merasa repot? Dan bagaimana pembagian tugas  bersama Mbak Jana?

Jana ibu yang hebat, dia membuat anak-anak saya disiplin, kami mendidiknya dengan tough love, keras tapi lembut. Pembagian tugas seperti kebanyakan orangtua, hanya apa yang Jana bisa lakukan untuk  anak-anak saya juga harus bisa, seperti mengganti popok, menidurkan mereka, memberi makan, mandi, dan lain-lain.

Untuk Mbak Jana, bagi kiatnya bagaimana masih tetap langsing meski sudah mempunyai anak 4?

Aktif olahraga di rumah, menjaga asupan makanan, makan sedikit tapi

sering. Selain itu sit up setiap pagi dan angkat beban agar bentuk dan kesehatan tangan tetap terjaga.

IMG_4811

Bagaimana Mas Erwin dan Mbak Jana menjaga keharmonisan hubungan suami isteri? Apa prinsip yang dipegang teguh dalam pernikahan?

Kami menghargai satu sama lain, kami sudah menikah 17 tahun, tidak boleh ada yang berubah dari kami, ada masalah harus segera diselesaikan, tidak boleh "nginep" masalahnya. Dan jangan biarkan orang lain campur tangan urusan kami berdua, termasuk orang tua.

O, ya. Mbak Jana dan Mas Erwin juga punya usaha pastry The Baked Goods, sejak kapan usaha ini mulai dirintis, dan kenapa memilih menggeluti

usaha ini?

Sudah 4 tahun berjalan namanya The Baked Goods (www.thebakedgoods.co,id) ada 3 cabang, di Jl Sabang no 16, Kem Chicks Pacific Place dan Food Hall Plaza Indonesia. Usaha ini dibuat karena Jana suka membuat kue dan cookies, ini bisnis dia, sekaligus menyalurkan bakat yang ditemukan.

Adakah rencana mewariskan usaha ini ke anak-anak kelak?

Tentu, mereka sudah tahu itu walaupun mereka bebas menentukan masa depannya kelak.

Last but not least, 5 kata yang menggambarkan keluarga Mas Erwin dan Mbak Jana.

Sehat, komunikatif, fun, hangat dan Adventurer .

Terima kasih Mas Erwin atas kiat sehat harian dan cerita inspiratif lainnya. Semoga bisa berguna untuk Mommies juga ya :)

PAGES:

Share Article

author

-

Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan