RIDE Jakarta – Asyiknya Bersepeda di Studio Menyerupai Lantai Dansa

Pernahkah terbayang oleh Anda bersepeda di dalam ruangan a la klab malam? Kini hal itu mungkin terjadi di Jakarta. RIDE, sebuah kelas bersepeda dengan paduan pola latihan kardiovaskular intensif, angkat beban, dengan koreografi yang menyenangkan.

IMG_0179

Awal Juni lalu, saya berkesempatan mencoba alternatif olahraga baru asal Amerika ini, studio dirancang sedemikian rupa seperti lantai dansa, lengkap dengan pencahayaan warna-warni. Bedanya terdapat beberapa unit sepeda statis yang siap “dikemudikan” oleh instruktur dan para muridnya. Hari itu saya dipandu langsung oleh Gita Sjahrir, founder dari RIDE Jakarta, yang mengenal olahraga ini saat tinggal di New York tiga tahun silam. Gita merupakan satu-satunya instruktur bersertifikat dari Indonesia, hingga akhirnya membuka studio RIDE di Jakarta.

IMG_0147

Setiap sesi latihan olahraga ini mampu membakar 400-800 kalori selama minimal 30 sampai 45 menit. Tapi, saya sarankan untuk pemula tidak terlalu memaksakan, kenali batas kemampuan diri Mommies – hingga akhirnya dapat mengikuti rangkaian kegiatan sebagaimana yang disarankan. Jika tidak sanggup, Gita mempersilahkan Anda untuk duduk manis di atas sepeda statis :D Ketika itu saya mengikuti sesi latihan selama kurang lebih 15 menit, daaannn rasanya? Luar biasa capek sekaligus segar. Dan yang pasti seru karena sepanjang latihan Mommies akan diiringi oleh lagu favorit penambah semangat. Dalam sekejap suasana hati seperti meloncat kegirangan untuk memulai sesi bersepeda yang lain biasanya.

Jika dilakukan dengan rutin, olahraga ini dapat menguatkan otot-otot, memberikan keseimbangan dan stabilitas struktur tubuh. Jangan kaget bagi Anda yang baru pertama melakukannya, otot kaki dan tangan akan terasa pegal, terutama bagian paha. Mungkin karena setelahnya saya tidak rutin melakukannya. Uniknya olahraga ini juga dapat mengurangi kambuhnya penyakit asma, bahkan keluhan asma sama sekali menghilang (tentunya didahului dengan konsultasi dengan dokter ya, Mommies) – kata salah satu murid Gita di sela obrolan dengan saya usai latihan.

Bagi Mommies yang tertarik mencoba bisa langsung meluncur ke Bengkel Fairgrounds, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 14, Jakarta Selatan, tepat di dalam Bengkel CrossFit (021-5151030.)

 


Post Comment