banner-detik
PARENTING & KIDS

Apa Saja Hak Anak Indonesia?

author

?author?23 Jul 2015

Apa Saja Hak Anak Indonesia?
Hari ini 23 Juli 2015 diperingati sebagai Hari Anak Nasional, bagi Mommies apa sih, artinya hari besar tersebut? Bagi kami, sudah waktunya meninjau kembali – apa saja sebetulnya hak anak-anak Indonesia, yang patut mereka terima?

hari anak nasional 2015Gambar dari sini

Semenjak ditetapkannya 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional ssejak 19 Juli 1984 lalu, artinya sudah 31 kali Indonesia memeringati hari besar tersebut. Tapi apakah nilai-nilai dasar hari anak nasional sudah terpenuhi semuanya? Masih segar di ingatan saya dan Anda, tentang kasus Angeline yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, di halaman belakang rumahnya sendiri. Sebuah situasi yang  ironi, namun tak pantas terulang lagi. Kami pernah mengulasnya dalam sebuah artikel Stand Up, Speak Out Againts Child Abuse – bahwa sesungguhnya support system (temasuk kita) menjadi salah satu faktor penentu agar hak-hak anak tidak terampas oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Mari mengintip daftar Hak Anak menurut Komisi Nasional Hak Azasi Manusia, yang diatur di bagian kesepuluh dalam Undang-Undang Republik Indonesia.

  • Setiap anak berhak atas perlindungan oleh orangtua, keluarga, masyarakat, dan negara.
  • Jadi kalau ada orangtua yang malah menjadi pihak yang mengancam keselamatan si anak, kita berhak lho untuk melaporkan ke Komnas Anak atau KPAI.

  • Hak anak adalah hak asasi manusia dan untuk kepentingannya hak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukum bahkan sejak dalam kandungan.
  • Sayangnya tak sedikit anak yang sudah mendapat perlakuan tidak menyenangkan sejak dia berada di dalam kandungan. Jadi, yuk moms, jaga baik-baik kondisi kehamilan Anda dan biarkan si janin merasakan kasih sayang sejak di dalam kandungan.

  • Setiap anak sejak dalam kandungan, berhak untuk hidup, mempertahankan hidup, dan meningkatkan taraf kehidupannya.
  • Meningkatnya kasus aborsi menunjukkan bahwa banyak calon orangtua yang belum paham tentang nyawa si kecil berharga bahkan sejak di dalam kandungan. So, sebelum memutuskan untuk hamil, pikirkan matang-matang kesiapan kita secara emosi dan juga finansial.

  • Setiap anak sejak kelahirannya, berhak atas suatu nama dan status kewarganegaraan.
  • Jangan menunda proses pembuatan Akta Lahir ataupun Kartu Keluarga. Karena ada hak si kecil di dalam situ.

    Aturan mengenai hak anak seputar pengasuhan, bisa Mommies cek di laman berikutnya.

    hari anak nasional 2015 #2

    Gambar dari sini

    (1) Setiap anak berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum dari segala bentuk kekerasan fisik atau mental, penelantaran, perlakuan buruk, dan pelecehan seksual selama dalam pengasuhan orangtua atau walinya, atau pihak lain manapun yang bertanggung jawab atas pengasuhan anak tersebut.

    (2) Dalam hal orang tua, wali, atau pengasuh anak melakukan segala bentuk penganiayaan fisik atau mental, penelantaran, perlakuan buruk, dan pelecehan seksual termasuk pemerkosaan, dan atau pembunuhan terhadap anak yang seharusnya dilindungi, maka harus dikenakan pemberatan hukuman.

    Urusan mengadopsi anak seperti yang sudah pernah kami bahas di sini. Banyak hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum mengadopsi anak, karena urusan mengadopsi anak tak sekadar bicara tentang materi dan kemampuan finansial namun juga paling penting adalah menyiapkan emosi kita.

    Di halaman selanjutnya, mari mengenal apa saja hak anak terkait soal pendidikan.

    Pasal 60

    (1) Setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya.

    (2) Setiap anak berhak mencari, menerima, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat intelektualitas dan usianya demi pengembangan dirinya sepanjang sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.

    Jadi memberikan pendidikan yang layak sudah pasti merupakan hak anak yang perlu dipenuhi oleh para orangtua.

    Pasal 61

    Setiap anak berhak untuk beristirahat, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan dirinya.

    Nah, tak sekadar memberikan sarana pendidikan, karena faktanya, bermain dan bergaul pun juga menjadi hak anak yang diatur dalam undang-undang.

    Sebenarnya masih banyak hak anak yang dibahas di dalam undang-undang negara kita, tapi saya mau fokus dengan beberapa poin di atas tadi. Semoga saja kedepannya seluruh anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan layak. Selamat Hari Anak Nasional!

    PAGES:

    Share Article

    author

    -

    Panggil saya Thatha. I’m a mother of my son - Jordy. And the precious one for my spouse. Menjadi ibu dan isteri adalah komitmen terindah dan proses pembelajaran seumur hidup. Menjadi working mom adalah pilihan dan usaha atas asa yang membumbung tinggi. Menjadi jurnalis dan penulis adalah panggilan hati, saat deretan kata menjadi media doa.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan