Apa Saja Hak Anak Indonesia?

Hari ini 23 Juli 2015 diperingati sebagai Hari Anak Nasional, bagi Mommies apa sih, artinya hari besar tersebut? Bagi kami, sudah waktunya meninjau kembali – apa saja sebetulnya hak anak-anak Indonesia, yang patut mereka terima?

hari anak nasional 2015Gambar dari sini

Semenjak ditetapkannya 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional ssejak 19 Juli 1984 lalu, artinya sudah 31 kali Indonesia memeringati hari besar tersebut. Tapi apakah nilai-nilai dasar hari anak nasional sudah terpenuhi semuanya? Masih segar di ingatan saya dan Anda, tentang kasus Angeline yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, di halaman belakang rumahnya sendiri. Sebuah situasi yang  ironi, namun tak pantas terulang lagi. Kami pernah mengulasnya dalam sebuah artikel Stand Up, Speak Out Againts Child Abuse – bahwa sesungguhnya support system (temasuk kita) menjadi salah satu faktor penentu agar hak-hak anak tidak terampas oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Mari mengintip daftar Hak Anak menurut Komisi Nasional Hak Azasi Manusia, yang diatur di bagian kesepuluh dalam Undang-Undang Republik Indonesia.

  • Setiap anak berhak atas perlindungan oleh orangtua, keluarga, masyarakat, dan negara.

Jadi kalau ada orangtua yang malah menjadi pihak yang mengancam keselamatan si anak, kita berhak lho untuk melaporkan ke Komnas Anak atau KPAI.

  • Hak anak adalah hak asasi manusia dan untuk kepentingannya hak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukum bahkan sejak dalam kandungan.

Sayangnya tak sedikit anak yang sudah mendapat perlakuan tidak menyenangkan sejak dia berada di dalam kandungan. Jadi, yuk moms, jaga baik-baik kondisi kehamilan Anda dan biarkan si janin merasakan kasih sayang sejak di dalam kandungan.

  • Setiap anak sejak dalam kandungan, berhak untuk hidup, mempertahankan hidup, dan meningkatkan taraf kehidupannya.

Meningkatnya kasus aborsi menunjukkan bahwa banyak calon orangtua yang belum paham tentang nyawa si kecil berharga bahkan sejak di dalam kandungan. So, sebelum memutuskan untuk hamil, pikirkan matang-matang kesiapan kita secara emosi dan juga finansial.

  • Setiap anak sejak kelahirannya, berhak atas suatu nama dan status kewarganegaraan.

Jangan menunda proses pembuatan Akta Lahir ataupun Kartu Keluarga. Karena ada hak si kecil di dalam situ.

Aturan mengenai hak anak seputar pengasuhan, bisa Mommies cek di laman berikutnya.


Post Comment