Money Talks: Aman Finansial Setelah Lebaran

Oleh: Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Meskipun penghasilan bulan ini berasal dari gaji dan THR, namun ternyata masih banyak rumah tangga yang menderita dompet kosong setelah musim lebaran usai.

Nah mommies, supaya Lebaran tahun ini sedikit berbeda dan keuangan kita tetap lancar, coba ikuti tips berikut ini.

amplop-thr-130807b (1)

*Gambar dari sini

  1. Pisahkan sisa THR

Apabila THR masih ada sisanya, maka sebaiknya segera pisahkan dengan uang gaji yang digunakan untuk hidup bulanan. Sebisa mungkin gunakan dua rekening tabungan yang berbeda dan dua kartu debit yang berbeda.

  1. Evaluasi dana darurat

Yes mommies, saya paham betul kalau musim Lebaran yang bercampur liburan pasti kita ingin santai dan senang-senang. Oleh sebab itu pengeluaran pun langsung membengkak karena hampir setiap hari jajan dan makan di luar rumah. Jika sampai uang kita mulai menipis, coba evaluasi dana darurat yang telah disiapkan. Jika terpaksa betul, silakan mommies ambil maksimal 5% dari saldo dana darurat yang tersedia.

  1. Stop kartu kredit!

Penyebab utama bocor halus dalam keuangan adalah penggunaan kartu kredit untuk berbagai keperluan yang tidak penting. Tanpa disadari, tagihan kartu kredit Anda bulan depan akan membengkak. Jadi, jika memang sulit untuk mengendalikan diri, lebih baik kartu kredit ditinggal saja di rumah.

  1. Buat rencana pengeluaran bulan depan

Berita baiknya, setelah musim lebaran usai, maka siklus gajian sudah dimulai lagi. Namun, sebaiknya kita segera membuat rencana pengeluaran yang harus lebih sedikit daripada bulan-bulan sebelumnya. Alasannya, mommies pasti akan membayar tagihan kartu kredit lebih tinggi daripada sebelumnya.

Nah, mommies jika terpaksa betul sampai berutang, maka saya lebih sarankan untuk menjual barang-barang yang bernilai tinggi. Misalnya, jual dulu tas branded yang jumlahnya mungkin ada beberapa di lemari, jual dulu perhiasan emas yang jarang dipakai, atau lainnya. Jika penjualan barang tidak bisa menutup kebutuhan juga, maka lebih baik mencari solusi dengan bantuan gadai dibandingkan mengambil pinjaman dana tunai. Alasannya? Supaya mommies tidak perlu repot memikirkan cicilan pinjaman di bulan-bulan mendatang.

So, bisa dicoba ya tipsnya untuk lebaran tahun ini. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri untuk mommies dan keluarga. Live a Beautiful Life!

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen”, pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.


Post Comment