banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Cara Efektif Agar Si Kecil Mau Makan Sayur

author

adiesty14 Jul 2015

Cara Efektif Agar Si Kecil Mau Makan Sayur

Yakin, deh, rasanya hampir semua Mommies pernah menghadapi anak yang melakukan gerakan tutup mulut atau picky eater. Termasuk ketika si kecil susah sekali makan sayur.

Nah, belakangan ini saya sedang mengalaminya. Nggak tahu kenapa, setiap mau makan, Bumi selalu bertanya, "Makannya pakai apa saja, Bu? Aku nggak mau makan sayur, ya". Duh, kesal. Padahal selama ini Bumi termasuk anak yang doyan makan dan bukan tipe pemilih.

Membuat anak-anak mau makan sayuran memang bukan perkara yang mudah,  apalagi buat anak berusia 5 tahun seperti Bumi yang memang sudah bisa memilih dan menolak. Padahal di usia pertumbuhan, anak-anak perlu sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang didapatkan dari sayuran. Seperti yang kita ketahui, sayuran juga merupakan sumber berbagai vitamin A, B, C, zat besi, riboflavin, karoten dan kalsium, yang dapat menyehatkan mata, kulit,  gusi, dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, sayuran juga sumber nutrisi dengan kandungan fitokimia (zat yang dapat melindungi tubuh dari kanker).

veggies-kids*foto dari sini

Sayangnya asupan sayur dan buah yang dikonsumsi masyarakat memang masih di bawah rata-rata. Saya jadi ingat dengan salah satu artikel kesehatan yang menyebutkan bahwa asupan sayur dan buah yang dianjurkan mencapai 25-30 gram setiap harinya. Di salah satu artikel yang ditulis di healthy-kids.com.au, tertulis anak usia 4-7 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 12 porsi sayuran. Sementara untuk anak usia 8-11 tahun anjurannya adalah 3-5 porsi sayuran.

Melihat fakta ini, saya pun jadi sedikit was-was, takut kalau kebutuhan asupan sayur pada Bumi tidak terpenuhi.  dalam rangka memenuhi asupan sayur untuk Bumi, saya pun mencoba untuk melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini.

Jangan Ngomel

Ok, melihat anak yang menolak makan sayur memang bisa bikin kita kesal. Tapi, apakah dengan ngomel berkepanjangan akhirnya membuat anak mau sayur? Yakin, deh, kalau cara ini memang nggak akan efektif. Untuk itu dari pada kesal sendiri ataupun mengkritik anak yang tidak menghasilkan perubahan, dan justru membuat selera makannya hilang, lebih baik ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Misalnya, ajak saja anak makan di halaman belakang dan ciptakan suasana seolah-olah sedang piknik. Pasti jadi lebih seru.

Kreatif

Meskipun sudah dikenalkan sayur sejak MPASI, ternyata drama picky earter malah saya harus hadapi sekarang. Tapi paling tidak hal ini membuat saya lebih banyak belajar dan harus lebih kreatif dalam mengatur menu makanan di rumah. Jangan sampai menu sayuran dalam seminggu sama setiap harinya. Selain itu tak ada salahnya kalau kita mengemas makanan dalam bentuk yang lebih menarik dan mengundang selera.

Lalu, apa lagi? Saya masih punya 3 kiat lainnya di halaman selanjutnya. Langsung, klik, ya, Mommies.

Minum sayuran

Ketika Bumi menolak untuk makan sayur, biasanya saya akan tanya, "Kenapa nggak mau makan sayur?" Dia pun sering kali memakai alasan kalau sayurannya keras dan sulit untuk dikunyah. Ujung-ujungnya, makanan tersebut pun akan dilepeh. Karenanya, cara yang terbaik untuk mengajaknya makan sayur adalah lewat cara yang berbeda, yaitu diminum.

yo

Supaya rasanya lebih enak, saya pun biasanya akan menambahkan dengan buah favoritnya Bumi. Belakangan ini, sih, Bumi juga lagi doyan minum Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids, minuman yogurt yang memang dibuat untuk anak-anak dan mengandung serat sayur dan buah-buahan. Bisa dijadikan salah satu camilan sehat, terutama buat anak yang lagi susah makan sayur.  Heavenly Blush Yo! Yogurt for Kids hadir dengan dua rasa nikmat; Banana Berries Broccoli dan Mango Carrot. Karena yogurt ini tidak mengandung bahan pengawet, tidak mengandung pewarna buatan dan pemanis buatan, jadi aman untuk dikonsumsi setiap hari. Meskipun yogurt ini ditujukan buat anak-anak, tapi saya sering ikut mencicipi. Habis rasa segar, manisnya juga pas.

Selain itu, Heavenly Blush Yo! Yogurt for Kids ini bisa dijadikan salah satu pilih alternatif bekal si kecil saat ke sekolah. Mommies suka khawatir nggak, kalau anak-anak makan siang, asupan seratnya kurang terpenuhi? Ya, biar bagaimana pun, kita kan nggak bisa mengandalkan makanan di kantin sekolah, yang menu sayur-sayurannya sangat jarang. Paling tidak dengan minum Heavenly Blush Yo! membantu si kecil mendapatkan nutrisi.

Melibatkan anak

Supaya Bumi semangat makan sayur, saya pun mencoba untuk selalu melibatkannya dalam menyiapkan hidangan. Jadi, sebelum masak saya akan bertanya menu sayur apa yang ia inginkan? Jangan sampai anak menolak makan sayur karena alasan bosan. Selain itu, tidak ada salahnya kita mengajak anak belanja bahan sayuran, kemudian mengajaknya untuk memasak bersama. Biarkan bagian mencuci, membersihkannya atau memetik sayuran menjadi tugasnya. Ketika anak sudah bisa memberikan pilihannya, serta mempunyai peran,  mereka akan senang untuk memakannya.

Memberi tantangan

Akternatif terakhir yang saya akan lakukan adalah memberikan tantangan pada Bumi. Misalnya, jika ia mau makan sayur setiap hari, dirinya akan mendapat reward yaitu  saya berikan satu bintang. Jika bintangnya sudah mencapai angka yang disepakati bersama, maka Bumi akan mendapatkan hadiah spesial dari saya. Hal penting yang tidak boleh dilewatkan tentu saja terus memberikan edukasi bahwa sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagiamana menurut Mommies? Apakah Mommies punya cara lain yang lebih efektif untuk membuat si kecil menyukai sayur? Share, dong.

 

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan