Aktivitas Menyambut Lebaran

Banyak ragam kegiatan yang dapat kita lakukan dalam rangka menyambut datangnya hari Lebaran. Dan, ternyata, dari beragam kegiatan itu banyak hal juga yang bisa dipelajari oleh si kecil. Apa saja ya?

Libur sekolah yang berdekatan waktunya dengan libur Lebaran otomatis menghasilkan sebuah liburan yang super panjang dan sukses membuat para orangtua mulai bingung mencari kegiatan apalagi untuk membuat anak-anak terhindar dari rasa bosan. Hunting program liburan, menginap ke luar kota atau sekadar weekend getaway singkat semua dilakukan. Ternyata, ada lagi keseruan berikut yang bisa dilakukan, yaitu bersiap-siap menyambut datangnya Lebaran dengan mengajak si kecil melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Membuat Kue Sajian Lebaran

Saya sendiri bukan tipe ibu-ibu andal untuk urusan dapur. Sudah pasti untuk urusan memasak lauk pauk saya secepatnya melambaikan bendera putih tanda menyerah. Tapi kalau untuk urusan membuat kue, cake atau puding, masih bisalah. Nah, kenapa tidak mengajak si kecil memasak kue kering untuk disajikan kepada para tamu atau dibawa pulang mudik? Dari awal libatkan si kecil untuk memilih jenis kue yang akan dibuat. Jelaskan juga tingkat kesulitan dari masing-masing kue dan kemungkinan jika kue tidak seindah seperti yang ada di foto-foto, hehehe. Ajak ia belanja bahan-bahan yang akan digunakan hingga proses memasaknya. Tentu saja sesuaikan dengan tingkat usia anak.

Dari sini si kecil bisa belajar banyak hal, lho! Mulai dari melatih kemampuan membaca saat membaca resep, berhitung ketika menakar adonan hingga mengajaknya untuk telaten menunggu kue matang sempurna di dalam oven. Saat membuat nastar, paling susah meminta anak-anak saya sabar untuk tidak buka tutup oven dan menunggu si oven berbunyi ting setelah kue matang. Yang penting, standar dan ekspektasi kita sebagai orangtua harus disesuaikan dengan kualitas Junior Chef yang kita punya di rumah ya. Dan, tingkat kesabaran juga harus berlipat ganda.

canstockphoto4463120-2-children-cooking

 

*Gambar dari sini

  1. Membuat Kartu Lebaran

Kalau yang satu ini, saya melihat aktivitas seorang teman di akun Path-nya. Dia upload kartu hasil buatan tangan si anak yang akan diberikan kepada eyang kakungnya di Bandung. Seru juga ternyata. Memang sekarang mengucapkan selamat Hari Lebaran sudah jauh lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi. Tapi tidak ada salahnya mengenalkan anak pada kegiatan surat menyurat, kan. Selain menjadi ajang yang bagus untuk melatih motorik kasarnya, membuat kartu lebaran sendiri juga mengasah kreativitas si kecil. Dan, bagi pihak yang menerima kartu tentu akan merasakan sentuhan yang lebih personal. Cukup sedia kertas karton, pinsil warna atau cat air, serta lem, kok.

Young Girl Writing 4

 

*Gambar dari sini

  1. Bersih-bersih Rumah

Jika ternyata kita tidak mudik, maka kita bisa mengajak si kecil untuk membersihkan rumah. Informasikan bahwa di hari Lebaran ada kemungkinan tetangga atau saudara akan berkunjung ke rumah kita, maka rumah pun perlu dibersihkan dan dibuat indah. Berikan pilihan pada si kecil untuk melakukan tugas A atau B, misal mengelap perabotan atau mengatur ulang posisi bantal. Jika memang ada bujet lebih, ajak si kecil membeli produk interior baru, dia pasti akan senang memilih-milihnya. Dari sini, maka anak akan belajar bekerja sama dan terbiasa hidup bersih.

Selamat bersibuk ria menjelang Lebaran yang sebentar lagi datang ;)