Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan dengan Gadget

Tanpa disadari ternyata di era digital seperti ini melakukan ibadah atau hal kebaikan lainnya juga bisa dilakukan lewat genggaman, lho.

Sama seperti ribuan umat muslim di belahan dunia ini, rasanya bahagia sekali, ya, kalau bisa ‘bertemu’ lagi dengan bulan puasa. Bulan yang ditunggu-tunggu, karena bulan ini jadi bulan penuh berkah di mana amal ibadah bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Harapannya, sih, bulan puasa seperti ini saya bisa menggunakan momentum untuk bisa melaksanakan ibadah dengan maksimal. Sayangnya keinginan itu kan nggak selamanya berbanding lurus dengan kenyataan, ya. Ujung-ujungnya saya sering kali merasa repot untuk membagi waktu.

Beruntung, saat ini saya sudah punya ‘asisten pribadi’ yang bisa diandalkan. Iya, apa lagi kalau bukan dengan memanfaatkan teknologi gadget. Biar bagaimana, gadget ini kan barang pribadi yang selalu menemani saya.

Lalu apa hubungannya gadget dengan ibadah selama bulan puasa? Gadget tidak hanya berfungsi untuk alat komunikasi atau bermain sosial media saja, namun bisa dimanfaatkan untuk meraup kebaikan sebanyak-banyaknya saat bulan puasa seperti sekarang ini.

Apa yang bisa kita lakukan dalam rangka memanfaatkan waku sebaik-baiknya dengan gadget?

Membuat Jadwal Harian

Ibarat pepatah ‘waktu adalah uang’, selama bulan baik ini tentu saya berharap untuk bisa memanfaatkan waku sebaik-baiknya dengan melakukan aktivitas yang bersifat positif. Sayang, dong, ya kalau di bulan baik ini cuma digunakan untuk ngegosip atau tidur saja?

samsung

Untuk itulah saya akhirnya membuat timeline. Membuat timeline ini tak hanya diperlukan saat bekerja saja. Saat bulan puasa pun saya pun membutuhkan timeline di mana saya akan membuat list kegiatan apa saja yang harus saya lakukan di luar jam kerja. Apalagi kalau bulan puasa seperti ini, banyak sekali ajakan buka bersama teman-teman sekolah dulu. Buka puasa bersama bisa sekaligus jadi ajang reuni. Seru! Dengan Samsung GALAXY Tab 3V, memudahkan kita untuk membuat timeline yang bisa dibuat secara mendetail dalam kalender. Baik informasi harian dan waktunya. Bahkan buat yang mau mudik, bisa membuat checklist persiapan dan perlengkapan untuk mudik.

Panduan Membaca Al-Qur’an

Salah satu aplikasi yang saya andalkan selama bulan puasa ini adalah aplikasi Salaam.  Sebagai produsen gadget ternama ternyata Samsung sudah memberikanperhatian yang cukup besar pada umat muslim. Terbukti dengan dibuatnya aplikasi Islami yang diberi  nama Salaam.

Sesuai dengan tagline-nya, Panduan Muslim Terpercaya, aplikasi Salaam ini memang bisa untuk memaksimalkan ibadah selama bulan puasa. Soalnya, fitur yang disediakan benar-benar lengkap. Selain bisa mendapatkan informasi jadwal sholat, sekarang kalau mau membaca Al-Quran kita sudah nggak perlu lagi membawa kitab suci Al-Quran. Dengan mengaktifkan aplikasi Salaam dari Tab 3V, kita bisa membaca ayat suci di mana pun dan kapan pun. Surat-surat Al-Qur’an di dalamnya juga lengkap, totalnya mencapai 114 surat. Yang membuat lebih menarik bagi saya yang belum jago membaca Al-Quran, fitur ini juga dilengkapi dengan informasi tajwid, terjemahan dan dilengkapi dengan audio. Al- Quran digital ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Memelihara” Kesehatan

Semua pasti sudah tahu, ya, kalau puasa punya beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bisa mendetoks tubuh, bisa mengontrol berat badan, bahkan bisa membuat tubuh lebih sehat dan kebal terhadap penyakit karena saat puasa kita mengalami peningkatan limfosiy hingga 10 kali lipat.

Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, saya memilih untuk mencari bacaan yang bermanfaat seperti membaca artikel kesehatan. Kebetulan banget Samsung Galaxy Tab 3V memiliki aplikasi S Lime, yang memberikan fasilitas berlangganan majalah, tabloid dan koran secara gratis, senilai lebih dari 4 juta, hingga 1 tahun.

Abadikan Kenangan Indah

Selama bulan puasa seperti sekarang, sudah bisa dipastikan kalau kalender kita akan dipenuhi dengan jadwal buka puasa bersama teman-teman atau kolega. Buat saya pribadi, momen buka puasa bersama teman-teman memang selalu saya rindukan. Soalnya, bisa sekaligus jadi ajang reuni dan mempererat tali silaturahmi. Mengingat ajang kumpul-kumpul seperti ini jarang dilakukan, sudah bisa dipastikan, deh, kalau foto bareng harus diabadikan. Kamera Samsung Galaxy Tab 3V dengan Dual Camera 2MP sudah cukup mumpuni untuk mendokumentasikan segala aktivitas kita.

bumiibu

Oh, ya, momen si kecil belajar berpuasa dan beribadah juga bisa di foto, termasuk ketika kita merayakan hari kemenangan bersama keluarga. Dengan extended memory menggunakan microSD card, kita nggak perlu khawatir kapasitas penyimpannya tidak mencukupi.

Paling tidak dengan beberapa langkah di atas, saya berharap bisa lebih menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Dengan begitu ibadah puasa kali ini pun bisa lebih maksimal.

Oh, ya, kalau di antara Mommies tertarik membeli tablet Samsung GALAXY Tab 3V, bisa mendapatkan infomasi lewat Twitter @Samsung_ID maupun Facebook Samsung Indonesia.   Selain itu, Mommies juga bisa mengikuti diskusinya di forum kami.

 


Post Comment