5 Cara Menanamkan Semangat Berbagi Kepada Si Kecil

Pernahkah Anda berpikir, apakah suatu saat nanti si kecil akan menjadi pribadi yang pandai berbagi  dengan sesama? Saya yakin setiap orangtua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang ringan tangan, di sini peran orangtua sangat dibutuhkan.

Chaching2

Gambar dari sini

Sebagai orangtua, kehadiran kita sangat penting untuk menumbuhkan benih tak sungkan berbagi kepada si kecil. Karena ketika dewasa, si kecil akan berhadapan dengan seribu satu macam situasi. Salah satunya adalah, di saat harus berbagi untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan. Apa saja, sih, yang bisa kita lakukan sebagai orangtua? Setidaknya, inilah beberapa langkah yang akan saya terapkan kepada Jordy – anak pertama saya yang kini baru berusia satu tahun.

  1. Menjadi Contoh

Anak adalah makhluk visual, artinya mereka akan dengan mudah mencontoh tingkah laku apapun yang ada di hadapan mereka. Bagaimana mungkin si kecil akan pandai berbagi jika orangtuanya sendiri tidak memberikan contoh terlebih dahulu. Suatu hari saya akan mengajak Jordy pergi ke panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan di sana, sebetulnya tak harus berwujud materi. Bisa memberikan sentuhan dan bermain bermain bersama mereka juga sudah menjadi kebahagiaan tersendiri untuk mereka.

  1. Simulasi

Ini bagian yang paling saya tunggu Mommies! Anak akan lebih mudah mengingat jika mereka pernah dan terbiasa melakukannya. Tugas saya di tahap ini dimudahkan dengan adanya empat konsep dasar: Menghasilkan, Menyimpan, Mengeluarkan, dan Mendonasikan (Earn, Save, Spend, and Donate) dari Cha-Ching sebuah konsep yang memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang program literasi keuangan. Selain belajar berdonasi, anak-anak juga belajar mengenai konsep keuangan lainnya dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Simulasi yang saya maksudnya lewat Cha-Ching ini dapat Mommies simak di video berikut ini ya: https://www.youtube.com/watch?v=G7q1Bb9dwso

  1. Playdate

Biasakan juga membawa si kecil bermain bersama teman-teman sebayanya. Baik di lingkungan rumah maupun dengan keluarga besar. Biasakan mereka untuk berbagi dengan membekali makanan dan mainan. Sebelum pergi, buat perjanjian, kalau ia membawa makanan maka harus dibagi dengan teman-temannya. Begitupun dengan mainan, jika ada yang ingin meminjam, harus diberikan, atau menawarkan untuk meminjamkan mainan. Awasi dari jauh, supaya mandiri dan merasa diberikan tanggung jawab.

  1. Menghargai Makanan

Jelaskan padanya dengan cara yang paling sederhana, bahwa menghabiskan makanan adalah salah satu cara bersyukur. Di belahan dunia yang berbeda, masih ada mereka yang kurang beruntung tidak bisa menikmati makanan secara layak. Dengan ilustrasi tersebut, juga bisa diselipkan, bahwa mereka yang memiliki kondisi tersebut juga butuh diberi bantuan.

  1. Menginap di Rumah Saudara

Dengan menginap di rumah sanak saudara, berarti Anda memberikan kesempatan padanya untuk berbagi dengan saudara-saudaranya. Entah itu berbagi mainan dan makanan yang Anda bekali, atau berbagi tempat tidur, saat mereka tidur di tempat yang sama.

Untuk tahap simulasi, Mommies bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai program Cha-Ching ini di www.cha-ching.co.id. Semoga semangat berbagi bisa tertanam kepada diri si kecil dengan sukses ya Mommies, selamat mencoba! :)


Post Comment