6 Cara Menghalau Nyamuk Membandel di Dalam Rumah

Nyamuk! Meskipun bentuknya kecil, namun binatang ini salah satu musuh manusia yang dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Bermacam cara dilakukan untuk menghalau nyamuk, di antaranya memerhatikan desain rumah dan beberapa elemen penunjang lainnya di dalam rumah.

Tanpa disadari, dari hal-hal yang sederhana saya dan Mommies bisa menghadang hadirnya nyamuk. Yaitu dengan memerhatikan beberapa hal yang ada di sekeliling rumah Anda. Mungkin selama ini ada yang terlewat dan tanpa sadar “membiarkan” nyamuk leluasa beredar di sekitar rumah. Mari kita telusuri bersama.

Baygon1

Gambar dari sini

  1. Warna Ubin

Perhatikan warna ubin di rumah Anda, nyamuk adalah binatang yang sangat visual – mereka gandrung dengan warna hitam, biru tua, dan merah. Jika ubin di rumah Anda sudah terlanjur didominasi dengan warna-warna gelap, akali dengan menutupnya menggunakan karpet yang berwarna terang.

  1. Pencahayaan Rumah

Upayakan rumah Anda memiliki pencahayaan alami yang cukup, artinya maksimalkan bukaan untuk akses sinar matahari masuk ke dalam rumah. Karena nyamuk akan bersarang di daerah yang lembap, gelap dan dingin. Selain itu perhatikan juga keadaan gudang, meskipun berpredikat gudang – dengan segala macam barang menumpuk pada satu tempat, sebaiknya secara berkala tetap dibersihkan ya.

  1. Kontur Taman

Perhatikan kontur tanah pada taman rumah Anda, sebisa mungkin hindari kontur yang cekung, karena berpotensi menjadi genangan air yang menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Jika ada cekungan yang membandel, Mommies bisa menaruh batu alam di dalam cekungan tesebut, sehingga mengurangi kemungkinan tanah kembali cekung.

  1. Hindari Tanaman yang Terlalu Rimbun

Periksa secara periodik tanaman di rumah Anda, jika ada yang terlalu rimbun, segera pangkas. Karena tanaman rimbun ini juga disenangi oleh nyamuk untuk tinggal. Tapi jika Mommies lebih senang dengan keadaan taman yang rimbun, tanam tanaman yang ditakuti oleh nyamuk, misalnya Lavender, Serai, Geranium dan lain-lain.

  1. Pasang Obat Nyamuk Elektrik

Walaupun berbagai cara sudah dilakukan, langkah ini merupakan langkah pamungkas, karena Obat Nyamuk Elektrik terbukti ampuh membunuh nyamuk hingga ke bagian yang paling tersembunyi. Biasanya saya memilih Baygon Liquid Elektrik. Cara kerjanya, obat nyamuk yang berbentuk cairan ini akan diubah menjadi uap, dan akan mengeluarkan aroma yang khas dan dapat mengusir nyamuk.

  1. Pasang Kasa Nyamuk

Cara lama ini, terbukti masih efektif untuk menghalau datangnya nyamuk. Pasang kasa nyamuk pada lubang-lubang ventilasi jendela maupun pintu rumah Anda. Kini pemasangan kasa ini sudah semakin modern, jadi terlebih dahulu akan dibuat bingkainya, dan kemudian akan ditempel pada bagian ventilasi yang dinginkan. Cara ini akan memudahkan Mommies untuk membersihkannya, tinggal lepas bingkai kasa dan cuci seperti biasa.

Setelah melakukan enam tahap di atas, semoga keluarga Anda dan saya terhindari dari bahaya nyamuk. Tentunya juga harus dibarengi dengan menjaga kesehatan ya Mommies :)