7 Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Siap repot dan membawa bawaan “segambreng” kalau menjadi orangtua saat pergi bersama si kecil. Apalagi saat tradisi mudik, perhatikan barang bawaan Anda – jangan sampai ada yang tertinggal. Supaya momen pulang kampung menjadi peristiwa yang membahagiakan untuk si kecil.

Travel-by-road

Gambar dari sini

Dari tahun ke tahun yang namanya tradisi mudik pasti memiliki cerita yang khas, tapi satu yang tidak pernah berubah adalah barang-barang si kecil yang “heboh,” selain macetnya ya Mommies :D.  Supaya mudik bersama anak berjalan lancar, lakukan beberapa persiapan ini yuk.

  • Makanan dan Minuman

Mengingat situasi lalu lintas saat mudik sulit untuk diprediksi, sebaiknya Mommies membawa cadangan makanan di luar menu utamanya. Misalnya biskuit, roti, buah-buahan, atau penganan kecil lainnya yang bisa mengembalikan energinya dengan cepat. Karena jika terjadi kemacetan yang panjang, setidaknya meminimalisir si kecil cranky karena kelaparan. Lain hal jika anak Anda masih menyusui ekslusif, Mommies bisa agak tenang.

  • P3K

Prinsip “Mencegah lebih baik daripada mengobati” masih relevan untuk diterapkan dalam segala kondisi. Apalagi dalam tataran usia tertentu si kecil masih senang menjajal segala sesuatu yang ada di sekelilingnya, tak tertutup kemungkinan si kecil tergores atau luka kecil lainnya. Selain itu, sertakan juga obat-obatan penurus panas, pencahar atau vitamin jika dibutuhkan.

  • Popok Sekali Pakai

Ini barang bawaan yang menurut saya paling krusial, bayangkan saja jika tidak menggunakan pospak namun jarak pom bensin atau restoran yang memiliki toilet yang nyaman untuk si kecil masih sangat jauh (orang dewasa saja mati-matian menahan buang air kecil atau besar, apalagi anak kecil). Pilih pospak yang berbahan lembut dan nyaman saat bersentuhan dengan kulit anak. Anda bisa menggunakan Pampers® Baby Dry Pants, selain tidak membuat iritasi, produk ini dilengkapi dengan lotion bayi, pori-pori yang memberikan keleluasaan kulit untuk bernapas, dan design-nya yang nyaman, sehingga anak akan leluasa beraktivitas selama perjalan mudik. Selain itu daya serap yang tinggi dan tahan hingga 12 jam lamanya tanpa membuat masalah pada kulit bayi atau anak.

  • Tissue Basah

Bagi saya sebagai ibu,  item ini wajib ada di dalam tas bepergian si kecil. Karena akan mempermudah kegiatan mengganti popok sekali pakai. Selain itu juga bisa digunakan membersihkan tangan mereka sebelum menyantap makanan. Hingga membersihkan seluruh tubuh jika belum memungkinkan untuk melakukan ritual mandi seperti sedia kala.

  • Mainan Kesayangan

Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk yang adaptatif, namun hal tersebut belum berlaku 100% pada anak kecil. Misalnya saat macet berkepanjangan, bisa saja tiba-tiba ia cranky karena merasa bosan. Nah, dengan membawa mainan kesukaannya, minimal dia akan merasa nyaman seperti di rumah.

  • Stoller

Sekarang ini banyak dijual stroller dengan ukuran yang sangat compact, sehingga tidak memakan banyak ruang di dalam mobil. Untuk mengantisipasi si kecil letih karena terlalu banyak berjalan, atau Anda yang terlalu letih menggendong.

  • Pakaian Secukupnya

“Secukupnya”, ya Mommies, pastikan pakaian yang Anda bawa efisien, artinya yang sudah pasti akan dipakai. Bukan hanya kerena “ketakutan sesaat” si kecil akan kekurangan baju. Solusinya Anda bisa membuat daftarnya terlebih dahulu, berapa hari Anda akan mudik, misalnya 4 hari – estimasi sehari si kecil akan ganti baju 3 kali (pagi, sore dan menjelang tidur). Maka akan ada 12 stel baju sehari-hari, tambahkan setidaknya 3 stel untuk cadangan dan 3 stel baju untuk bepergian. Apalagi jika Mommies mudik ke rumah handai taulan, yang memungkinkan untuk mencuci baju. Langkah ini akan mengurangi volume barang bawaan Anda.

Dari Mommies ada yang mau ditambahkan? Silahkan ya.


Post Comment