Semua Anak Adalah Anak Super

“We all have the capacity to be a superhero. In order become one, you just have to find your uniqe power or ability and explore it for the greater good. The cape and mask are optional accesories, but a kind heart is essential”  – Robert Clancy

Buat Mommies yang punya anak laki-laki, pasti melihat anaknya berimajinasi jadi superhero sudah jadi ‘makanan’ sehari-hari, ya. Terlebih buat anak-anak di usia balita, memang lagi masa-masanya senang berimajinasi. Bahkan bisa dibilang, daya khayal sedang tinggi-tingginya. Saya jadi ingat, beberapa waktu lalu, Bumi anak saya minta tolong untuk  mengingkatkan bantal di punggungnya. Begitu saya tanya untuk apa, dia langsung jawab, “Aku mau jadi kura-kura, bu”. Lain hari, Bumi mengikatkan sarung di tubuhnya seakan-akan sarung tersebut adalah sayap. Rupanya, dia ingin jadi superhero favoritnya, Batman, hahaha. Yakin, deh, setiap orangtua pasti akan dibikin takjub dengan daya imajinasi anak-anak.

Ternyata, yang sering berimajinasi menjadi superhero tak hanya anak laki-laki saja, lho. Anak perempuan juga suka. Hal ini dipertegas lewat survei global yang dilakukan oleh Mattel, perusahaan yang telah memasarkan produk-produk mainan anak dan keluarga seperti Barbie. Survei tersebut menyatakan kalau 8 dari 10 anak perempuan ingin menjadi superhero dan 9 dari 10 anak perempuan yang berusia 3-10 tahun berharap ada lebih banyak tokoh superhero untuk anak perempuan.

Memang, sih, karakter superhero perempuan selama ini masih sangat terbatas. Malah saya hanya ingat dengan Wonder Woman, Cat Woman, dan Black Widow. Selebihnya, karakater superhero itu, ya, laki-laki. Untungnya, saat ini inspirasi superhero perempuan sudah diwujudkan oleh Mattel. Berbeda dari biasanya, saat ini Mattel telah mengeluarkan Barbie dengan kemasan yang berbeda. Dengan mengenakan jubah dan topeng, kini Barbie telah menjelma menjadi sosok superhero bernama Super Sparkle dalam Princess Power.

barbie2

Mattel sengaja menghadirkan Super Sparkle untuk menginspirasi anak-anak perempuan agar memiliki semangat seorang superhero dan menjadi superhero versi dirinya dalam keseharian mereka. Hal inilah yang akhirnya menggerakkan Mattel untuk mengadakan kampanye #AkuSuper, sebuah dorongan semangat untuk anak-anak perempuan agar mereka percaya diri bahwa mereka bisa menjadi seperti superhero yang bisa membuat perubahan positif.

Toh, menjadi anak yang super memang bukan dinilai dari kekuatan otot, melainkan bagaimana anak-anak bisa menjadi pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Mampu hidup mandiri, mampu bersosialisasi, termasuk memiliki etika yang baik menjadikan anak-anak menjadi anak yang super. Selain mengeluarkan koleksi terbarunya yaitu Barbie™ Princess Power, nantinya juga akan ada film Barbie yang terbaru yaitu Barbie In Princess Power yang menginspirasi anak-anak perempuan Indonesia untuk menjadi anak yang super.

Begitu mendengar soal kampanye #AkuSuper ini, saya sendiri sangart senang. Paling tidak, kita para orangtua jadi punya wadah untuk mengasah potensi anak-anak. Soalnya, nih, dalam rangkaian kampanye ini banyak aktivitas yang dilakukan dan dijalankan di beberapa mall.

barbie1

Saya percaya,  pada dasarnya semua anak bisa jadi super. Sebagai orangtua tugas kitalah yang harus membantu anak untuk menemukan kekuatan super di dalam dirinya. Tentunya dengan mengasah potensi yang dimiliki,  mulai dari interpersonal skills atau kemampuan berkomunikasi antar pribadi, beauty sense atau kepedulian terhadap penampilan, minat dan hobi, serta kreativitas dan imajinasi.

barbie9

Saya sendiri sempat hadir mewakili Mommies Daily ke acara “Barbie’s Day Out” di Lippo Mall Kemang Village. Waktu itu, Elizabeth Revy, Brand Manager Girls Category PT. Emway Globalindo untuk Mattel sempat mengatakan,  “Dengan mengenali potensi kekuatan yang dimiliki, kita akan menemukan sosok superhero dalam diri kita. Oleh karena itu, kami mendorong anak-anak perempuan untuk menemukan dan merayakan aksi mereka sehari-hari agar menjadi super”. Dalam acara tersebut hadir pula  psikolog anak,  Ajeng Raviando, Psi. yang mengingatkan bahwa apabila potensi-potensi tersebut terasah dengan baik maka anak pun bisa lebih percaya diri.

Penasaran dengan acara “Barbie’s Day Out” #AkuSuper ini? Mumpung masih liburan sekolah, tidak ada salahnya, lho, Mommies mengajak si kecil ke acara ini. Selain bisa kenalan dengan Super Sparkle, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan seperti kegiatan mewarnai. Yuk, ah!

Jadwal_Barbie_AkuSuper


Post Comment