banner-detik
OTHERS

Smart Mom, Smart Entrepreneur

author

adiesty02 Jul 2015

Smart Mom, Smart Entrepreneur
Berencana menjadi mompreneur, namun masih ragu menetapkan langkah? Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh saat menjadi mompreneur. Apa sajakah itu?

Female-Entrepreneur

Berangkat dari kecintaan saya dengan dengan segala jenis kain khas Indonesia. baik itu batik, tenun, ataupun songket, saya pun akhirnya sering membuat pakaian atau produk fashion lainnya seperti tas dan sepatu menggunakan kain tradisional. Ternyata setelah membuat 1-2 produk untuk saya gunakan sendiri, ada beberapa teman yang memberikan tanggapan positif. Mereka tak hanya bilang tas dan sepatu produksi saya ini unik, tapi mereka pun akhirnya ikut memesan.

Melihat tanggapan postitif ini, saya seperti melihat ada 'angin segar'. Dari sini kemudian saya berpikir kalau ini adalah peluang bisnis yang bisa dijajaki. Sejauh ini, saya memang belum bisa memproduksi dalam jumlah yang besar. Paling hanya 1-2 lusin saja. Ya, namanya juga masih belajar bisnis, memang harus pelan-pelan dan yang paling penting harus disesuaikan dengan modalnya, hahaha.

tas-bumiku

Meskipun bisnis yang saya jalani ini masih terbilang kecil, saya sendiri sudah bermimpi kalau beberapa tahun ke depan bisa membuatnya semakin besar. Siapa tahu, suatu saat saya bisa punya butik sendiri dan bisa mengenalkan produk saya ini ke beberapa negara. Dan niat saya, satu saat nanti saya bisa full menjadi mompreneur.

Saya melihat ada beberapa keuntungan apabila kita menjadi mompreneur. Apa saja? Baca ulasannya di laman selanjutnya, ya.

Jam Kerja yang Fleksibel

Berbeda dengan kerja kantoran yang punya jam kerja, punya usaha sendiri membuat waktu kita lebih fleksibel.  Kita bisa bekerja dari mana pun juga, termasuk dari rumah. Dan, karena kita sendiri yang mengatur waktu kerja, otomatis kita jadi punya waktu lebih banyak untuk keluarga.

Jadi Bos

Saya ingat dengan salah satu quote dari (alm) Bob Sadino, beliau berkata, "Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bosnya.”  Kalimat ini menjadi salah satu kalimat yang memicu saya untuk jangan patah semangat dalam mengembangkan bisnis saat ini.

Membuka Lapangan Pekerjaan

Kebayang nggak kalau usaha yang kita jalankan suatu saat akan berkembang? Dalam kondisi tersebut, rasanya tidak mungkin kalau kita berkerja seorang diri.  Untuk itu, kita dapat menciptakan peluang karir untuk orang lain. Siapa tahu, kita bisa membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Makin Kreatif

Dengan memiliki usaha sendiri, mau tidak mau kita dituntut untuk berpikir lebih kreatif. Ibarat game online, kita harus mampu mencari strategi ketika menghadapi pasar, termasuk para kompetitor. Kondisi seperti ini secara tidak langsung akan mendorong kita untuk lebih kreatif dan inovatif.

Aaah... bermimpi itu memang paling enak, ya?  Paling tidak selain punya mimpi, keinginan saya untuk terus belajar bisa dijadikan modal awal. Tapi apakah itu cukup? Tentu saja tidak, masih banyak yang perlu kita pelajari lewat berbagai macam hal. Contohnya seperti yang saya tuliskan di halaman selanjutnya.

Makanya, ketika mengetahui Mommies Daily akan mengadakan acara  bertajuk ‘Mompreneur; Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell’, saya sangat antusias. Soalnya ada dua pembicara yang akan membagi ilmunya, yaitu Hanifa Ambadar - CEO Female Daily Network dan Diajeng Lestari selaku CEO HijUp.com. Acara ini sendiri akan  diselenggarakan 9 Juli 2015, pukul 16.00 WIB  di Community Center FDHQ- Kemang. Saya tidak sabar ingin mencari tahu ilmu apa yang akan dibagikan di acara ini.

Selain itu, sebagai mompreneur yang juga bekerja kantoran, sudah wajib hukumnya saya didukung oleh teknologi yang andal yang dapat memudahkan aktivitas saya sehari-hari.  Salah satu incaran saya adalah Dell Inspiron 11. Alasannya karena produk ini menonjol berkat fleksibilitasnya yang luar biasa – dirancang untuk dengan mudah diubah bentuknya dari mode laptop ke mode easel atau tenda atau tablet. Nyaman digunakan untuk apapun juga, baik ketika sedang bermain ataupun mengajarkan anak belajar, melihat resep dan langsung mempraktikkan di dapur. Bahkan Dell Inspiron 11 mudah dibawa di meja lipat di pesawat untuk menonton film atau membaca proposal di tengah-tengah perjalanan bisnis. Asik, ya!

D

Jadi, siapa di antara Mommies yang akan datang ke acara ‘Mompreneur; Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell? Kita belajar sama-sama, ya!

 

 

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan