Fever and Rash

Ditulis oleh: dr. Meta Herdiana Hanindita, SpA – RSUD Dr. Soetomo, Surabaya

Walaupun mostly penyakit demam yang disertai ruam self-limited (dapat sembuh sendiri), namun terkadang bisa juga lho menjadi tanda penyakit yang serius dan mengancam nyawa.

Demam disertai dengan ruam adalah keluhan yang sering menjadi alasan orangtua membawa anaknya ke dokter. Karena ada banyak penyakit yang memiliki gejala demam dan ruam-ruam. Karena sulit membedakan penyakit hanya dengan melihat ruamnya, untuk mendiagnosis dengan baik, dokter membutuhkan riwayat yang lengkap dari orangtua. Jadi, ingat benar kapan demam mulai timbul,  kapan ruam mulai timbul (saat demam tinggi atau demam turun), dari bagian tubuh mana ruam mulai timbul, catat suhu tubuh anak, gejala apa lagi yang muncul selain demam, apakah ruam berubah warna atau bentuknya, adakah keluarga atau tetangga yang menderita penyakit yang sama. Berikut adalah beberapa istilah jenis kelainan kulit  yang perlu diperhatikan.

17255

*Gambar dari sini

  1. Makula: Perubahan warna kulit dengan batas tegas tidak timbul. Makula yang cepat timbul disebut eksantema yang merupakan tanda dari beberapa penyakit seperti campak, roseola atau rubeola.
  1. Papula: Penonjolan pada permukaan kulit berbatas tegas dengan diameter <1cm.
  1. Makulopapular: Kombinasi antara makula dan papula.
  1. Vesikula: Gelembung yang berisi cairan serum, mempunyai dasar dengan diameter <1 cm misalnya pada varicella.
  1. Bulla: Gelembung yang berisi cairan serum, mempunyai dasar dengan diameter >1 cm.
  1. Purpura: Perdarahan bawah kulit dengan diameter >5 mm.
  1. Ptechiae: Perdarahan bawah kulit dengan diameter <5 mm.

Ini dia 4 jenis penyakit dengan gejala fever and rash


Post Comment