Kenalkan Si Kecil Konsep Uang dengan Cara Menyenangkan, Yuk!

Siapa bilang mengenalkan uang sejak dini membuat anak jadi konsumtif dan mata duitan? Mengenalkan konsep dasar keuangan dengan cara yang tepat dan meyenangkan justru mendorong anak memiliki perilaku finansial yang sehat.

S*foto dari sini 

Bumi : “Ibu, kapan Bumi dibelikan mainan baru?”

Saya : “Nanti, ya, Mas. Kalau mau beli mainan kan, uangnya harus dikumpulkan dulu. Nanti kita sama-sama menabung, ya.”

Bumi : “Lho, Ibu kan tinggal ambil uang di ATM saja. Jadi nggak perlu nabung dulu, dong?”.

Kira-kira beginilah percakapan yang terjadi antara saya dan Bumi, anak lanang saya yang kini sudah berusia lima tahun beberapa waktu lalu. Anak balita seperti Bumi memang sudah kritis dan mulai bisa mengenal konsep dasar menggunakan uang. Beruntung Bumi ini bukan tipe anak yang lantas meronta-ronta jika keinginannnya tidak terpenuhi. Begitu saya berikan penjelasan, bahwa uang di ATM bukan untuk membeli mainan, ia pun langsung paham. “Kalau kita menginginkan sesuatu barang, ya, perlu menabung dulu,” ujar saya.

Saya yakin, semua Mommies setuju bahwa manajeman keuangan harus dikenalkan pada anak-anak sedini mungin. Biar bagaimana pun, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika anak sudah mengenal konsep dasar keuangan, mulai dari menghasilkan, menyimpan, mengeluarkan, dan mendonasikan. Seperti yang sudah sempat saya tulis di artikel ini (insert link SP ChaChing pertama: Belajar Sabar dan Mengendalikan Diri Melalui Pengelolaan Uang) , dengan mengenalkan budaya konsep dasar keuangan lewat menabung,  Bumi jadi bisa belajar untuk lebih sabar, mengendalikan keinginannya, dan memahami mana yang jadi prioritas. Kemampuan mengatur emosi seperti ini tentu merupakan kecerdasan yang harus dimiliki seorang anak.

Dengan mengajarkan  tentang konsep dasar keuangan, harapannya anak akan memiliki perilaku finansial yang sehat ketika mereka tumbuh dewasa. Masih bingung bagaimana mengedukasi keuangan pada anak? Sejauh ini selain membelikan Bumi celengan, ada beberapa hal yang kerap saya lakukan. Siapa tahu cara saya ini bisa bermanfaat untuk Mommies yang lain.

Lakukan “Tes Uang”

Pernah nggak melakukan tes uang pada anak di rumah? Saya pernah. Ide ini sebenarnya saya contoh dari salah satu video program Cha-Ching.  Sekedar informasi, program Cha-Ching ini ini memang sengaja dibuat untuk mengenalkan konsep dasar keuangan, yaitu EARN, SAVE, SPEND, dan DONATE. Program edukasi yang dibuat sangat mudah diterima oleh anak karena dikemas dalam animasi musikal dengan berbgai karakter yang bisa dicontoh oleh si kecil. Serunya lagi, program Cha-Ching ini juga punya fitur games yang bisa dimainkan anak-anak yaitu Cha-Ching Penabung dan Cha-Ching Wirausahawan.  Penasaran nggak, sih, dengan “tes uang” yang saya maksud? Langsung lihat video ini, deh.

Oh, yah, buat Mommies yang ingin diskusi bagaimana cara mengenalkan anak soal soal konsep dasar uang, bisa langsung mampir ke thread forum Mommies Daily, nih. Di sana kita bisa sharing  masalah apa saja yang sering dihadapi. Buat Mommies yang sudah mempraktikan “tes uang” sebagai salah satu #ChaChingChallenge juga jangan lupa sharing, ya!

Selain “tes uang” masih ada empat cari lainnya yang saya bisa diterapkan untuk mengenalkan si kecil akan konsep dasar keuangan. Baca di laman selanjutnya, ya, Mommies.


Post Comment