Liburan Sekolah di Rumah, Ngapain Saja, Ya?

Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mengisi waktu liburan. Liburan kreatif, namun menghibur bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Baiknya kegiatan apa saja yang bisa dilakukan sehingga liburan lebih bermanfaat menambah pengetahuan si kecil?

Asian Mother And Daughter In Kitchen
“Ibu… aku bosan main kereta-keretaan.”

“Ibu… film kartunnya nggak, seru, aku sudah bosan.”

“Ibu… dari tadi aku sudah menggambar dan mewarnai terus.  Aku bosan.”

Kira-kira beginilah celotehan Bumi, anak lanang saya yang sedang liburan sekolah. Iya, ketika liburan sekolah seperti sekarang ini, biasanya para orangtua memang suka dibikin pusing dari biasanya. Bingung menentukan kegiatan apa yang tepat untuk mengisi liburan.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali alternatif yang bisa kita pilih untuk mengisi liburan anak-anak. Misalnya dengan mengikuti beberapa program liburan yang ditawarkan berbagai lembaga ataupun komunitas tertentu. Namun, jika memang hal ini tidak bisa dipilih, toh, sebenarnya menghabiskan liburan di rumah saja bisa tetap seru, kok.

Untuk itu, ada beberapa ide yang sejauh ini sudah dan mau akan saya lakukan untuk mengisi liburan.

Membuat List Kegiatan

tingstodo

Sama seperti orangtua lainnya, ketika liburan datang saya juga berharap agar si kecil bisa melewatinya dengan beragam kegiatan. Aktivitas yang bisa membantu meningkatkan berbagai aspek perkembangnya. Menjadikan si kecil lebih kreatif, dan tentunya merasa gembira. Untuk itu, kita sebagai orangtua memang perlu untuk mebuat list terlebih dahulu. Namun, sebaiknya harus terlebih dulu didiskusikan dengan si kecil. Kalau perlu biarkan si kecil yang membuat daftar kegiatannya sendiri. Karena ini memang liburannya mereka, jadi nggak ada salahnya untuk menanyakan kegiatan apa saja yang ingin mereka lakukan.  Dengan begitu, anak tetap berperan aktif sementara kita berlaku sebagai fasilitator dan mengembangkannya.

Pura Pura Sekolah

Kebetulan, setiap liburan sekolah seperti sekarang ini, Icha, kakak supupu Bumi selalu datang ke rumah. Biasanya, sih, kedatangan keponakan saya ini saya manfaatkan untuk doing home schooling. Jadi mereka seakan-akan sedang sekolah. Masing-masing akan punya peran, jadi guru dan murid. Peran ini juga bisa dilakukan secara bergantian.  Biasanya, sih, kegiatan ini dilakukan pagi hari setelah Icha datang ke rumah. Setelah mandi dan sarapan, mereka berdua akan duduk di ruamh tengah dan mulai untuk pura-pura sekolah.  Alat yang diperlukan juga nggak banyak, kok, sediakan saja meja kecil untuk mereka mengambar atau menulis. Lebih baik lagi, sih, jika menyediakan alat untuk prakarya.

Selanjutnya adalah melakukan aktivitas yang paling Bumi suka, baca dihalaman selanjutnya, ya.


3 Comments - Write a Comment

  1. Setuju banget mommies. Anak ku juga sering bosen kalo liburan cuma di rumah aja. Kalau teman nya lagi main ke rumah, dia paling sering main guru-guruan.hehe sama aja kayak “pura-pura sekolah” yaa. Jadi liburan nya di rumah nya bermanfaat juga :)

Post Comment