Pentingnya Ngedate Bersama Ayah

Judul artikel di atas bukan ditujukan untuk saya dan suami lho, tapi untuk suami dan si kecil. Yes, dating atau kencan itu tak melulu antara ibu dan ayah tapi juga bisa antara anak dan ayahnya. Selain menyenangkan untuk si kecil juga memiliki banyak manfaat.

Outdoor beach playground? Baru mendengarnya saja, saya sudah excited dan lebih semangat lagi membayangkan reaksi senang anak-anak saat diajak kesana. Apapun yang berbau pantai dan pasir, anak-anak pasti langsung kegirangan tidak sabar ingin segera bermain -kayaknya semua anak suka pantai ya-. Yang lebih keren lagi, happy beach ini adalah taman bermain bertema pantai terluas yang berlokasi di mal, jadi seperti ke pantai beneran, tapi dekat!

FOTO 2

Playground Happy Beach ini dihadirkan oleh Nestle Lactogen pada hari Sabtu-Minggu tanggal 6-7 Juni 2015 lalu, di Tribeca Central Park Mall. Berlokasi di taman outdoor yang luas, bukan hanya pantai pasir saja, tetapi banyak booth aktivitas seru dan juga Happy Zoo, kebun binatang mini di sini!  Event ini mengusung tema Happy Date With Legendaddy, so memang ditujukan bagi para ayah dan si kecil untuk bermain bersama dan berbagi keceriaan.

Anak-anak saya senang sekali bermain di pantai pasir bersama ayahnya, mengikuti berbagai macam aktivitas kreatif dan foto-foto di sana. Semuanya excited karena tema dan suasana playground yang lain dari biasanya. Rangkaian aktivitas dan kampanye ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak sedini mungkin, di mana ikatan antara ayah dan anak yang kuat dapat memaksimalkan tumbuh kembang si kecil sekaligus menjadikannya sosok anak yang ceria. Jadi nggak ada lagi tuh yang namanya urusan anak murni tanggungjawab ibu dan ayah ‘hanya’ mencari nafkah.

20150607_112022 (Medium) 20150607_115008 (Medium) (2)

Saat acara tersebut, kami juga berkesempatan berdiskusi dengan Ibu Rini Hildayani, dosen dan psikolog dari UI. Beliau menjelaskan bahwa ayah masa kini diharapkan dapat memberikan dukungan yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. tidak hanya membutuhkan kenyamanan dari sosok ibu, anak juga memerlukan interaksi dengan ayah untuk melatih keberanian dan kemandiriannya. Sebuah penelitian dari Oxford University pada tahun 2012 membuktikan bahwa apabila seorang ayah lebih banyak berinteraksi dengan anaknya, cenderung menghasilkan perkembangan positif terutama dalam hal kondisi psikologis, anak akan menjadi lebih bahagia.

Saya yakin ayah dan ibu masa kini sudah luwes banget dalam berbagi peran dan tanggung jawab mengasuh anak bersama. Ayah masa kini sudah tidak canggung untuk bermain bersama anak-anak dan menyediakan waktu di tengah kesibukan mereka. Bahkan, sudah biasa ‘ngedate’ dan pergi bersama anak-anak tanpa sang ibu, melakukan berbagai aktivitas dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Event ‘Happy Date With Legendaddy’ kemarin, seperti playdate yang difasilitasi dengan sangat sempurna oleh Nestle Lactogen.

Ah, sayang sekali beach playground ini hanya berlangsung selama 2 hari, rasanya masih ingin kembali lagi bermain pasir dan melakukan banyak aktivitas seru disana.


Post Comment