Gen Cerdik: Belajar Sama Asyiknya Dengan Bermain

Ditulis oleh: Sheika Rauf

Bukan salah anak-anak kalau mereka lebih senang bermain daripada belajar. Itulah kodrat anak-anak, apalagi anak-anak usia dini. Kitalah yang seharusnya menciptakan suasana bermain ketika mengajarkan sesuatu pada anak-anak.

Saat Zola masih usia balita sih memang kerjaannya bermain terus. Tapi ketika ingin masuk SD, mau tidak mau saya mulai mengenalkan Zola pada bentuk kegiatan belajar mengajar. Jangan sampai saat masuk SD dan guru sedang menerangkan, Zola merasa bosan dan bete, kan. Nah, salah satu tantangan saya saat itu adalah membuat kegiatan belajar menjadi kegiatan yang sama menyenangkannya seperti bermain. Nah lho! Karena saya percaya, ketika si kecil merasa nyaman dan senang maka kemampuannya untuk menyerap pengetahuan baru meningkat. Karena dia tidak merasa stres.

Ternyata, apa yang saya inginkan ini saya temukan di Gen Cerdik. Di sini, anak-anak diajak bermain asyik dan bebas, namun tetap dalam koridor belajar sesuai dengan milestone usianya. Gen Cerdik bukan sekolah, tapi lebih ke arah sekolah bermain atau play school dengan segala kegiatan belajar yang menyenangkan.

IMG_5106

Di tempat ini ada banyak program kegiatan yang disediakan untuk anak-anak, sebut saja di antaranya Fun Science, Art & Craft dan Literacy Program untuk anak-anak usia 2 sampai 12 tahun. Tapi memang kebanyakan siswa Gen Cerdik berusia 2 hingga 8 tahun.  Anak-anak diajarkan mengenal science lewat percobaan-percobaan sederhana yang seru, misalnya membuat volcano dengan lava, membuat energi listrik dari buah-buahan, dan sebagainya.

Selain tiga program di atas, ada juga kelas bahasa Inggris, berenang, sampai kelas iqra’ pun dibuat semenyenangkan mungkin oleh para kakak fasilitator. Di sini kakak-kakak pengajar disebut fasilitator karena memang pengajar fungsinya adalah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dan anak-anaklah bereksplorasi.

Untuk mendukung semua program, kelas Gen Cerdik pun penuh dengan mainan edukatif dan material untuk pengajaran. Anak-anak bebas mengeksplorasi, bahkan ada kalanya kakak yang bertanya kepada anak-anak di kelas, hari itu mau tahu tentang apa dari pilihan-pilihan material ajar yang disediakan.

Bukan hanya di kelas, Gen Cerdik juga mengajak anak-anak belajar di luar kelas, untuk belajar tentang pohon, daun, lingkungan sekitar, bahkan sampai belajar bertanya kepada satpam jika hilang di mall.

Selain program reguler, Gen Cerdik juga mengadakan kegiatan-kegiatan seru bersama Rimba Baca, Rumah Bambu, dan juga Playparq. Dalam rangka liburan sekolah, Gen Cerdik bekerjasama dengan Playparq juga memiliki program liburan. Ada 3 program yang bisa dipilih: Paleontologist Project, NASA Researcher Project dan Aquatic Ecosystem Explorer. Untuk lebih lengkapnya, kita bisa  menghubungi 085776056447 / 085716375646 atau email ke gencerdik@gmail.com.

Untuk mendapatkan info seputar program-program Gen Cerdik, bisa ikuti juga akun @gencerdik di Instagram, Twitter ataupun Facebook.


Post Comment