Alternatif Baru Dari Susu Kedelai Hitam yang Nikmat

Susu kedelai putih sudah lama menjadi bagian dari diet keluarga Indonesia sebagai alternatif pengganti susu sapi. Bagaimana dengan kedelai hitam?


black-soy-beans_0132

Mommies, apakah anak-anak sudah dikenalkan dengan susu kedelai sejak dini? Saya sendiri sejak kecil hanya mengonsumsi susu sapi -setelah ASI-, sehingga ketika dewasa dan menyadari hebatnya nutrisi susu kedelai, perlu waktu untuk menyesuaikan citarasa susu kedelai yang masih asing. Jadi kalau sudah dibiasakan sejak kecil sebagai alternatif atau variasi susu lainnya, mereka pun sudah terbiasa dan bisa menikmati citarasa susu kedelai.

Selama ini, yang saya tahu susu kedelai ya hanya ada 1 varian, kedelai putih. Mulai dari susu kedelai segar dalam plastik, kemasan botol, kotak, hingga bubuk, semuanya kedelai putih. Kalau kedelai hitam? Betul, bahan baku kecap.

Soy-Milk-12
foto dari sini

Ternyata, kedelai hitam juga sangat bernutrisi untuk diminum sebagai sari atau susu lho. Ini fakta yang saya temukan dalam peluncuran produk terbaru UNISOY, Nutritious Black Soy Milk Powder. Kacang kedelai hitam mempunyai aroma yang unik dan rasa yang enak untuk dikonsumsi sebagai susu. Selain itu, kandungan antosianin dari kacang kedelai hitam yang merupakan senyawa aktioksidan telah terbukti secara klinis sangat potensial untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

Perbedaannya dengan susu kedelai putih hanya pada tampilan bubuknya yang berwarna lebih tua (tetapi tidak hitam) dan rasanya sedikit berbeda, yang saya rasakan, lebih creamy daripada kedelai putih. Selain kandungan antosianin tadi, kacang kedelai hitam memiliki segudang nutrisi dan manfaat bagi tubuh seperti kedelai biasa. Bagi anak-anak, mengonsumsi kacang kedelai membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak, karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Juga mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan fungsi kognitif dan visual anak. Susu kedelai juga merupakan sumber kalsium untuk kesehatan gigi dan tulang, serta kaya vitamin B untuk sistem saraf dan metabolisme yang sehat.

Bukan hanya untuk anak-anak, mengonsumsi susu kedelai secara rutin juga sangat baik untuk orang dewasa, apalagi punya keunggulan dari susu biasa (susu sapi), yaitu unsur protein nabati yang rendah lemak dan membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah, jika ada yang khawatir mengonsumsi susu kedelai akan meningkatkan risiko asam urat, sepertinya harus menyimak hal ini. “Banyak yang masih ragu mengonsumsi susu kacang kedelai karena khawatir meningkatkan resiko asam urat. Tetapi kacang kedelai organik yang digunakan oleh UNISOY sudah dikupas kulitnya (de-hulled) sehingga kadar zat purine penyebab asam urat sudah sangat rendah, jadi masyarakat pun tidak perlu cemas,” papar Dr. Sonia Wibisono, pakar kesehatan dan nutrisi terkemuka.

Tertarik mencoba mommies? Black Soy Milk Powder dari UNISOY ini sudah tersedia di banyak supermarket dan hypermarket di Indonesia , jadi mudah mencarinya.


2 Comments - Write a Comment

Post Comment