Ma, Penis Aku Kok Begini?

Yuk, kenali 4 kelainan genital pada anak laki-laki sejak dini, karena kelainan yang tidak dikoreksi dapat menyebabkan infertilitas hingga keganasan.

Di awal tahun 2013, Djati, anak saya yang bungsu harus menjalani bedah sunat karena setiap kali buang air kecil (BAK) dia selalu menangis kesakitan dan penisnya menggembung. Awalnya, saya dan suami serta dokter anaknya hanya tahu kalau dia sulit BAK. Ternyata,  di tengah-tengah proses operasi, saya diajak masuk ke dalam ruangan operasi dan dijelaskan oleh dokter bedahnya kalau lubang penis anak saya letaknya tidak normal, yaitu di bawah batang penis. Istilah keren di dunia kedokteran adalah Hipospadia.

Saat itu terjadi, saya hanya bisa mengangguk-angguk mendengarkan penjelasan dari si dokter bedah. Begitu mendengar kalimat “Ini nggak perlu dikoreksi dan nggak akan bermasalah ke depannya ya, bu,” dari dokter bedah, ya saat itu saya merasa lega. Dan, operasi pun berlanjut.

photo (1)

Untung (dasar yang namanya emak-emak ya, ada aja untungnya) saat itu anak saya operasi sunat, jadi kelainannya segera diketahui. Karena seringkali, orangtua tidak ngeh kalau penis si anak bermasalah. Padahal, saat saya menghadiri Seminar Media “Kenali & Pahami Kelainan Genital Pada Anak Laki-Laki Sejak Dini!” menurut Dr. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K) – Ahli Urologi RS Siloam ASRI, kelainan genital pada anak laki-laki sebenarnya sudah bisa diketahui sejak anak baru lahir.

Coba deh ingat-ingat, saat proses persalinan berjalan lancar, dan bayi dibawa ke kita sebagai orangtua, umumnya pertanyaan yang kita ajukan ke dokter adalah: Apakah anak saya sehat? Apakah anggota tubuhnya lengkap? Apa jenis kelaminnya? Pernah nggak kita bertanya, apakah bagian genital si anak normal? (Well, saya juga nggak berpikir ke sana sih, hehehe). Ternyata, hal bisa kita tanyakan. Dan, jika memang ada ‘masalah’ untuk bentuk, ukuran ataupun posisi lubang, itu sudah bisa terdeteksi. Catatan nih buat kita para orangtua.

Sebenarnya, kelainan bawaan genital pada anak laki-laki merupakan kelainan yang relatif sering dijumpai. Tapi, menjadi kurang diperhatikan karena dianggap: bukan kelainan yang mematikan, jarang menimbulkan keluhan, organ yang ‘tertutup’ dan minimnya informasi di masyarakat.

Apa saja kelainan bawaan genital yang sering diderita oleh anak laki-laki?


Post Comment