Time Alone yang Sehat

Time Alone alias menghabiskan waktu one on one bersama anak memang bisa dalam bentuk kegiatan apa saja. Namun, menciptakan bonding sekaligus menjadikan tubuh lebih sehat, pasti lebih seru.

Yoga seorang diri atau bersama teman-teman, pasti sudah jadi sebuah kegiatan yang biasa Anda lakukan, dong, Mommies.  Namun, akan berbeda jika olahraga ini dilakukan bersama si kecil. Pasti jadi momen spesial. Nah, Sabtu, 9 Mei yang lalu, kami baru saja mengadakan “Mommy and Me Yoga” bersama Baygon Liquid Electric.

y1

Apa hubungannya yoga, Mommies Daily dan Baygon? Jawabannya cuma satu, baik Mommies Daily ataupun Baygon sangat perduli akan kesehatan keluarga. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini wabah DBD masih cukup tinggi sehingga serangan penyakit yang satu ini cukup menganggu kualitas hidup keluarga, terutama anak-anak. Maka Baygon pun memberikan perlindungan maksimal bagi keluarga dengan menghadirkan Baygon Liquid Electric yang dapat membasmi nyamuk hingga ke tempat-tempat tersembunyi – seperti di bawah tempat tidur, balik tirai hingga kolong meja, seperti yang diungkapkan oleh Yudith Arianda – Senior Brand Manager Baygon Liquid Elektrik. Dan, masih berkaitan dengan rasa peduli pada  kesehatan keluarga, kami sengaja memilih kegiatan olahraga yang memang sudah terjamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Terus terang, awalnya saya sempat berpikir, apa iya, anak-anak usia 3 sampai dengan 8 tahun bisa betah melakukan yoga? Maklum, deh, saya belum punya pengalaman melakukan yoga bersama anak.  Sepengetahuan saya, yoga itu kan butuh konsentrasi dan minim gerakan fisik yang disukai anak-anak. Ternyata dugaan saya salah besar. Yoga bersama anak benar-benar seru.

Memang, sih, tujuan yoga pada anak jauh berbeda dengan tujuan yoga pada orang dewasa.  Yoga pada anak lebih ditinjau lewat interaksi fisikal. Di mana anak bisa berinteraksi langsung dengan orang tua. Jika si kecil rutin melakukan yoga, harapannya anak-anak bisa melakukan interaksi yang lebih baik lagi dengan teman-temannya atau lingkungan sekitar.

Walaupun begitu, yoga pada anak juga memiliki manfaat yang sama dengan yoga dewasa, di mana  yoga mampu melatih si kecil bersikap lebih tenang. Dalam sebuah artikel kesehatan yang pernah saya baca, seorang instruktur yoga dan guru yoga untuk anak-anak dari Karma Yoga di New York, AS bernama Jen Oppenheimer menjelaskan bahwa ketika anak-anak rutin melakukan gerakan yoga, ini akan membantu memperbaiki konsentrasi atau fokus mereka. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.

Senada dengan Jen, Christina Enneking, pendiri Heart Happy Yoga di Los Angeles juga mengatakan kalau berlatih yoga mampu mengembangkan rasa percaya diri pada anak. “Yoga mengajarkan anak untuk bersabar dan bekerja keras meraih mimpi mereka. Seorang pelatih yoga hanya memberikan bimbingan. Anaklah yang harus bekerja keras supaya berhasil. Karena itu, ketika seorang anak sudah mahir melakukan satu posisi yoga kepercayaan diri mereka akan meningkat,” paparnya.

9 (1)

Acara Mommy and Yoga bersama Baygon ini dipandu instruktrur Vivi Kadarusman dari Bliss Wellness Kemang. Dari awal, saya sudah bisa melihat kalau yoga bersama si kecil ini jauh berbeda dibandingkan dengan gerakan yoga dewasa. Vivi mampu mengemasnya dengan cara yang berbeda bahkan mampu memancing semangat anak-anak untuk tetap ikut bergerak. Seru!

“Ayo… siapa yang suka liburan ke pantai? Ada yang pernah surfing belum? Kita ikuti gerakan surfing, yuuk…”, begitu katanya saat memberikan salah satu aba-aba gerakan yoga. Di sesi berikutnya, Vivi memberi instruksi, “Sekarang kita main  gerobak-gerobakan, yuk. Mommies yang bagian mendorong, ya”. Kebayang dong, kalau yoga bersama si kecil ini sama sekali tidak membosankan.

Para peserta dari komunitas Mommies Daily yang ikut acara juga terlihat bersemangat.  Apalagi setelah mengetahui kalau ada hadiah voucher belanja buat perserta yang dinilai paling baik.  Saya sendiri waktu itu mengajak anak saya, Bumi, untuk ikut bersama. Walaupun memang mood anak saya ini naik turun tapi setidaknya dia sudah mengenal gerakan yoga. Lucunya waktu pulang ke rumah, dengan bangganya dia bilang ke bapaknya, “Bapak, aku, dong habis yoga dengan ibu… aku senang, deh”.

8

 

Mudah-mudahan saja, perasaan senang ini juga bisa dirasakan Mommies dan anak-anak yang lainnya, ya.

 


Post Comment