3 Vaksinasi Penting Untuk Lansia Tersayang

Selain waktu dan perhatian, hal lain apa yang bisa kita berikan ke orangtua kita tersayang? Memastikan kesehatan mereka terjaga dengan baik. Salah satunya mendapatkan vaksin wajib untuk lansia.

Masih bisa melihat senyum kedua orangtua dan mengenalkan Jordy (anak saya yang berusia 10 bulan) pada Nenek dan Kokongnya (iya, niat awal sih maunya dipanggil Engkong, tapi entah mengapa berubah jadi Kokong) adalah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Dan, salah satu permohonan yang selalu terselip dalam doa-doa saya adalah melihat kedua orangtua menjalani hari tuanya dalam kondisi yang sehat (setidaknya sehat menurut standar orangtua).

grandparents-kids

Gambar dari sini

Namun, saya kan nggak bisa ya, menolak kenyataan, bahwa yang namanya proses bertambah tua itu pasti dan seiring bertambah usia, kekebalan tubuh seorang lansia menurun secara alami. Hal ini juga yang dialami oleh orangtua kita semua. Orangtua yang saat kita kecil dulu rela meluangkan waktu untuk merawat dan menjaga kita. Sekarang, peran berbalik, sayalah yang harus merawat dan menjaga mereka. Jujur, orangtua saya tak pernah menuntut, tapi saya merasa wajib. Dan, salah satu cara yang bisa saya tempuh adalah memastikan mereka mendapatkan vaksinasi yang memang wajib mereka terima.

Vaksin untuk lansia? Yep!  Tidak hanya bayi dan anak-anak saja yang membutuhkan vaknisasi atau imunisasi. Lansia dengan kondisi ketahanan tubuh yang terus menurun juga membutuhkan tindakan ini. Menurut Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-Kger, M,Epid, FINASIM Ketua PERGEMI dalam seminar media pencanangan “Gerakan Vaksinasi Lanjut Usia untuk Hidup Sehat dan Bahagia”, 21 Mei lalu di Jakarta, ada  4 alasan mengapa lansia memerlukan vaksinasi:

  1. Lansia lebih rentan terhadap penyakit infeksi dan komplikasinya.
  2. Banyak penelitian telah membuktikan mengenai manfaat vaksinasi.
  3. Lebih cost-effective dibandingkan mengobati penyakit tersebut.
  4. Bermanfaat dari segi kesehatan untuk masyarakat yang tergolong populasi lanjut usia.

Sementara itu, masih dalam kesempatan yang sama dr. Eka Viora, Sp.KJ (Direktur Bina Kesehatan Jiwa, Ditjen BUK Kemenkes RI) membeberkan fakta yang menurut saya menarik dari segi manfaat vaksinasi bagi lansia, “Selain sebagai investasi kesehatan, saat seseorang memasuki usia lanjut sebenarnya ia masih dapat berperan penting di tengah masyarakat. Misalnya menjadi relawan, berbagi pengalaman mengenai pengetahuan dan kearifan untuk menyebarluaskan kebaikan pencegahan penyakit, membantu merawat keluarga dan bahkan masih dapat berpartisipasi menunjang ekonomi keluarga”, tutur dr. Eka.

Di halaman selanjutnya, 3 vaksinasi yang dianjurkan untuk lansia


Post Comment