YoFast (Yogurt for breakfast)

Kaya akan kandungan protein, kalsium, ribolavfin, vitamin B6 dan B12, Yogurt juga mengandung asam laktat dan  kandungan bakteri hidup yang membantu kesehatan pencernaan.

Sebagian orang Indonesia memang agak sulit mengonsumsi yogurt karena rasanya yang asam dan banyak yang menganggapnya ‘aneh’. Namun, resep di bawah ini menjawab semua keraguan di atas. Yuk, cobain resep berikut.

yofast

 

Untuk 1 porsi

Bahan

1 cup (125 g) skim yogurt (low fat yogurt)

½ buah jeruk ponkam

½ buah apel

6 sdm orange juice no sugar addition

1 lembar roti gandum kering (potong dadu) (dipersiapkan terlebih dahulu)

Cara membuat

  1. Roti gandum kering: Ambil lembaran roti gandum dan potong dadu. Keringkan dengan oven selama 5-10 menit. Angkat dan dinginkan. Bisa dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan jika dibutuhkan lagi. Roti gandum kering bisa tahan lama asalkan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.
  2. Siapkan yogurt dalam mangkuk.
  3. Kupas jeruk ponkam ambil ½ bagiannya. Potong kecil-kecil sambil bijinya dipisahkan. Masukkan potongan jeruk ke dalam mangkuk yogurt
  4. Apel bisa tidak dikupas tapi dicuci dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan lapisan pestisida di kulitnya. Bagi menjadi dua dan keluarkan bijinya. ½ bagian apel dipotong dadu atau kecil-kecil. Masukkan potongan apel ke dalam mangkuk yogurt.
  5. Masukkan potongan dadu roti gandum kering ke dalam mangkuk yogurt
  6. Tambahkan orange juice, kemudian aduk rata.
  7. YoFast is ready to serve!

Nilai gizi per porsi

Kalori                  : 226.3 kkal

Protein                :11.5 g

Karbohidrat       : 43.3 g

Lemak                : 0.8 g

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.


Post Comment