Menjadi Mompreneur? Siapa Takut

PT Finansial Wiramitra Danadyaksa (FWD Life Indonesia) mengajak para mommies membebaskan langkah untuk menjadi Mompreneur dengan memiliki perencanaan bisnis yang jelas.

MD Event yang berlangsung pada 25 April 2015 lalu dengan tema “Jadi Mompreneur Tangguh Bersama FWD Life Indonesia” berhasil membuat peserta semakin bersemangat untuk menjadi mompreneur tangguh dengan berbekal fondasi bisnis yang matang.

IMG_9722

Menurut FWD, perempuan sangat tepat menjadi enterpreneur karena beberapa alasan: Perempuanlah yang memegang keuangan rumah tangga, pada dasarnya banyak perempuan Indonesia yang ingin maju secara finansial dan adanya waktu luang. Biasanya banyak usaha yang dimulai berdasarkan passion. Sayangnya, seringkali berhenti di tengah jalan. Nah, bagaimana cara agar hal ini tidak terjadi dan passion bisa berkembang menjadi bisnis yang bisa diandalkan?

Tim FWD pun meminta para peserta membagi diri menjadi dua kelompok dalam permainan 7 Minutes Business Games. Kelompok pertama menjadi penjual dan kelompok kedua menjadi pembeli. Selama 7 menit ini mereka diminta melakukan transaksi jual beli dan dari 12 orang penjual hanya 1 yang berhasil menjual produknya. Hmmm, kenapa ya? Pertanyaannya adalah, seberapa jauh penjual berusaha untuk mengenali karakter dan fakta tentang pembeli? Ini yang sering dilupakan oleh penjual. Intinya kita harus bisa menghilangkan ego sebagai penjual.

Berikutnya, peserta pun diminta untuk mengisi 9 Block Business Model Canvas, yang intinya adalah memahami Target Market yang dituju, merumuskan Value Bisnis, menentukan Channels alias jalur apa yang paling ideal untuk konsumen, Customer Relationship agar kita paham hubungan seperti apa yang diinginkan konsumen, Revenue Stream supaya kita tahu produk apa yang menjadi penopang bisnis, Key Activities, Key Resources, Key Partnership dan Cost Structure.

Sebelum masuk kedalam materi perhitungan Cost Structure, peserta diajak bergabung dalam sebuah simulasi bisnis roti. Dari aktivitas ini peserta pun belajar mengenai pentingnya berhitung profit & loss.

Kenapa Block Business Model Canvas ini penting? Karena menjadi gambaran besar mengenai rencana bisnis kita, menghindari kita terjebak melakukan pekerjaan detail mikro dan lupa akan strategi besar bisnis, memberi ilustrasi apakah bisnis kita “make sense” secara finansial.

Selesai acara, terlihat semangat dan antusias peserta untuk membuat rencana bisnis mereka ke depannya. Dan, banyak dari peserta yang bertanya-tanya kepada tim FWD. Setelah penuh ilmu, acara pun ditutup dengan foto bersama dan makan siang.

IMG_0262

Bagaimana Mommies, siap ubah passion menjadi bisnis yang berkelanjutan? Ayo bebaskan langkah Mu untuk menjadi mompreneur tangguh!