Family Friday: Imelda Fransisca, Pentingnya Investasikan Diri Untuk Keluarga

Imelda sempat bilang kalau ayah memiliki peran penting  yang membentuk Anda menjadi perempuan yang seperti ini. Bagaimana peran ayah Anda?

Ayah mengajarkan kepada kami bagaimana memiliki mental sebagai profesional yang bekerja dan menjadi perempuan tangguh. Kalau Ibu adalah teman curhat. Karena ayah adalah business man, beliau banyak menghadapi tantangan dalam bisnis dan kehidupannya. Hidup beliau juga sangat keras, merantau dari Riau ke Jakarta. Dari beliau saya banyak belajar bagaimana bisa mengatur waktu dengan baik, bagaimana bisa bermental baja, tidak mengenal kata kalah, belajar mengatur waktu dan strategi. Satu hal lagi yang  saya pelajari dari ayah bahwa hidup harus berani take a risk dan bertanggung jawab.

Dalam dunia parenting sendiri, siapa ‘kiblat’ Imelda?

Tidak ada, sih. Saya lebih senang mencari dari buku. Apalagi saya juga kuliah di jurusan Psikologi, jadi memang harus banyak membaca. Waktu itu saya juga banyak bikin paper soal parenting sehingga saya perlu banyak tahu dari sisi ilmiahnya.

imelda1*foto dari Instagram Imelda Fransisca

Menjadi orangtua di zaman ini terbilang tidak mudah, ada kiat nggak bagaimana kaum perempuan bisa menjadi modern mama?

To make a good mom, I think you have to be a confidence mom and you have to know what is your priority. Anak-anak kita tentu akan mencontoh kita. Kalau kita ngomong A, tapi kita melakukan B, tentu anak kita anak mencontoh apa yang kita lakukan. Yang paling berat menurut saya ketika menjadi perempuan adalah ketika kita harus memberikan contoh yang baik untuk anak-anak kita.

Dan, untuk menjadi modern mama seperti saat ini, di tengah-tengah arus informasi yang bisa didapat kapan saja, sudah pasti menuntut kita untuk lebih smart. Tapi jangan hanya omdo saja. Sebenarnya pesan ini buat saya sendiri. Anak saya memang masih kecil-kecil, tapi ketika anak saya besar nanti, apa yang akan mereka bicarakan tentang saya?

Di masa kecil, Imelda pernah mengalami kasus kekerasaan ataupun bullying. Kondisi seperti ini apakah memengaruhi pola asuh terhadap anak-anak?

Sudah pasti berpengaruh, ya. Tapi dari situ kita bisa belajar dari pengalaman terdahulu. Apapun bisa terjadi dalam kehidupan kita ini, tapi bagaimana cara kita meresponnya, itu yang menjadi pilihan kita sendiri. Tapi dari sini saya sadar bahwa tanggung jawab orangtua membesarkan dan mendidik anak sangat besar. Makanya sebisa mungkin saya ingin mengurus anak- anak sendiri. Prioritas utama saya keluarga dan anak.

Sampai saat ini Imelda sangat aktif di kegitan sosial khususnya di bidang sosial, sebenarnya apa yang menggerakan Imelda untuk melakukannya?

Saya sadar kalau pendidikan itu bisa mengubah cara pandang seseorang dan membentuk pemikiran. Bukan saja pendidikan secara formal, tapi pendidikan secara umum dan lebih luas. The more you know, the better will you think. Jadi, waktu saya lulus kuliah dan pulang ke Indonesia, saya langsung berpikir kalau I have to do something for my country. Apalagi waktu itu saya masih sangat idealis. Di mana saya berpikir, apa sih yang bisa saya kerjakan? Untuk itu saya bekerja melalui NGO yang memiliki visi dan misi yang sama. Kita tidak hanya mengerjakan dengan membangun sekoloh secara fisik, tapi juga membantu lewat sistem yang ada. Saya maunya untuk ke depan bisa ada undang-undang pemerintah yang berpihak pada anak-anak.

Sudah punya dua anak, penampilan Imelda masih keren. Sebenarnya seberapa penting menjaga penampilan menurut Anda?

Penampilan, buat saya sangat penting. Saya juga bekerja di dunia hiburan, jadi mau tidak mau penampilan harus dijaga, dan ini sudah menjadi kesadaran saya. Tapi meskipun tidak bekerja di dunia hiburan, buat saya pribadi, kita tetap harus peduli pada penampilan. Ini bisa menambah rasa percaya diri.  If we feel great about our self, I think that is the best thing. The best confidence that we can get. Intinya adalah bagaimana kita bisa merasa percaya diri. Tubuh sehat itu kan otomatis indah. Tubuh sehat karena kita menjaga pola makan.

Berbincang dengan Imelda membuat saya mendapatkan banyak ilmu dan wacana baru. Mudah-mudahan ilmu yang sudah saya dapatkan juga bermanfaat untuk mommies yang lain, ya.

 

 

 

 

 


One Comment - Write a Comment

Post Comment