Aktivitas Bermain Penuh Edukasi

Berawal dari rasa bosan kedua anak saya terhadap tumpukan mainan yang ada di kamar main mereka, pada akhirnya saya menemukan aktivitas bermain penuh edukasi untuk mereka yang ternyata jauh lebih menyenangkan dan lebih  murah.

momandkids

*Gambar dari sini

Entah apakah Mommies pernah melakukan hal yang sama seperti apa yang pernah saya lakukan. Jadi, sebagai working mother, tak bisa dipungkiri saya sering merasa bersalah ketika tak bisa terlalu sering bermain bersama anak-anak. Biasanya, untuk menebus rasa bersalah, setiap weekend saya akan mengajak mereka pergi dan membeli mainan. Bayangkan, setiap weekend! Entah berapa banyak mainan yang akhirnya teronggok begitu saja di kamar bermain karena pada akhirnya mereka bosan memainkannya.

Sampai suatu saat saya menyadari, bahwa perilaku saya hanya akan menimbulkan sifat konsumtif pada anak-anak, membuat mereka cenderung tidak menghargai barang (karena mereka tahu bahwa akan ada mainan pengganti untuk mereka) dan tidak menyelesaikan inti permasalahan yang saya miliki, yaitu kurangnya quality time bersama mereka.

Akhirnya, saya pun mencari jalan keluar yang bisa menjadi solusi untuk semua problem di atas. Apakah itu? Buat aktivitas bermain dengan menggunakan barang-barang yang  ada di rumah.

Membuat aktivitas bermain dengan memaksimalkan barang-barang yang ada di rumah tentu saja tidak membuat saya harus keluar uang banyak – problem konsumtif teratasi . Harus membuat sesuatu dan menyadari bahwa semua barang membutuhkan proses dalam pembuatannya, ini menjadikan anak-anak lebih menghargai barang. Membuatnya bersama-sama, ada kerjasama di antara kami menjadikan momen ini sebagai quality time yang bagus. Selama proses pembuatan, saya jadi memiliki banyak waktu untuk ngobrol dengan mereka. Dan, satu lagi, ada nilai edukasi yang mereka dapatkan dari semua permainan ini.  Mereka pun jadi paham bahwa belajar itu bisa jadi menyenangkan, lho!

Aktivitas bermain apa saja yang saya pilih dan apa nilai edukasi yang tersimpan di baliknya? Cek halaman berikut yuk…


Post Comment