Liburan Seru Bersama Lebah

Jangan takut dulu mendengar kata Lebah, Mommies, karena Lebah yang ini adalah tempat wisata yang seru sekaligus murah, hehehe.

Menjelang akhir bulan seperti ini, saya suka bingung mencari alternatif tempat liburan yang seru buat anak-anak sekaligus yang cukup ramah bagi dompet saya dan suami. Beruntung, karena tanpa sengaja saya menemukan Taman Wisata Lebah yang terletak tepat di sisi sebelah kiri setelah kita keluar dari pintu tol Cibubur.

Lebah2

Awalnya, anak-anak saya tertarik dengan patung Lebah berwarna kuning cerah yang ada di dekat gerbang masuk. Karena penasaran kami segera masuk dan menemukan bahwa mereka meyediakan wisata lebah hanya dengan membayar Rp.15.000,- per orang (See… I told you, harga tiketnya murah!). Sebelum masuk, kami diminta untuk mengenakan topi yang dilengkapi dengan jaring pengaman. Gunanya untuk menghindari lebah yang kecentilan ingin terbang di dekat wajah. Setelah siap dengan pakaian ‘tempur’, kami pun diajak untuk ‘kenalan’ dengan lebah-lebah penghasil madu yang diletakkan di dalam kotak berwarna cerah. Setiap kotak memiiki 8 papan yang berisi sarang lebah dengan bentuk hexagonal. Serunya adalah, kami diizinkan mencicipi madu secara langsung dari sarangnya. Paling enak kalau dioles di selembar roti tawar (tahu gitu kan saya membawa roti tawar sebagai bekal).

Lebah 1

Dalam wisata yang termasuk wisata edukasi ini, kami belajar banyak tentang kehidupan lebah. Mulai dari cara mereka berkomunikasi, bagaimana mereka terbang keluar dan kembali ke sarang sampai perbedaan antara lebah jantan dan lebah betina. Pemimpin mereka yang dipanggil dengan sebutan lebah Ratu memiliki ukuran badan yang jauh lebih besar.  Dan, di sini saya juga baru tahu kalau setelah menyengat, maka lebah perlahan-lahan akan mati. Berkat kunjungan ke sini, anak-anak saya pun nggak parno lagi kalau ada lebah terbang di halaman rumah.

Setelah selesai berkenalan dengan para lebah madu, saya membiarkan anak-anak bermain di taman bermain yang ada di dekat situ. Lumayanlah, mereka bisa main ayunan, jungkat-jungkit sampai perosotan. Kalau mommies rajin, mommies juga bisa mengajak si kecil belajar tentang nama-nama pohon, karena area ini dikelilingi oleh pepohonan yang besar dan tinggi di area nan luas.  Jangan takut panas, karena berkat deretan pepohonan, udara di sini terasa sejuk.

Satu hal yang saya senang ketika mengajak anak-anak ke sini, adalah, ilmu yang mereka dapat melalui cara belajar yang menyenangkan. Bagaimana dengan Mommies? Ada ide kemana saya harus mengajak si kecil berlibur namun dengan biaya bersahabat?

Alamat:

Taman Wisata Lebah Cibubur

Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur

Senin – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu: 08.00 – 13.00 WIB

Minggu: 08.00 – 16.00 WIB


Post Comment