Berapa Gaji ART Sekarang?

Salah satu poin penting yang jadi pertimbangan ketika memilih ART tentu saja berkaitan dengan gaji mereka. Memangnya, berapa rata-rata gaji ART saat ini?

“Duh, sebel banget, deh. Belum apa-apa calon ART di rumah gue sudah bawel banget tanya pekerjaan dia apa saja. Gue belum ngomong apa-apa, dia udah langsung nyerocos bilang nggak bisa masaklah, ini dan itu. Nyebelinnya lagi, dia langsung minta harga. Padahal kerjaan dia seperti apa saja, nggak tau.”

Kira-kira beginlah curhatan salah satu teman dekat saya belum lama ini. Masalah memilih ART atau asisten rumah tangga memang bukan perkara yang mudah, ya. Terlebih kalau salah satu job desc-nya menjaga si kecil di rumah ketika kita sedang bekerja.  Kalau ingat ada banyak berita menceritakan beragam kejadian kriminal yang dilakukan ART pada anak kita,  tentu membuat kita makin selektif. Berbagai upaya pun kita lakukan demi menjaga keamanan si kecil.

maid-vector

*foto dari sini

Masalah sebenarnya nggak cuma sampai di situ saja. Seperti yang dikeluhkan teman saya di atas,  salah satu poin penting yang jadi pertimbangan ketika memilih ART tentu saja berkaitan dengan gaji mereka. Belum lama ini Kemenaker mulai memberlakukan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 02 Tahun 2015 tentang perlindungan terhadap para Pekerja Rumah Tangga (PRT). Salah satu poinnya, ya, soal gaji ini.  Merujuk peraturan tersebut,  upah layak PRT di Jakarta minimal Rp 1,2 juta, sementara untuk babysitter Rp 2 juta/bulan. Permen ini juga mengatur soal hak PRT untuk mendapatkan cuti atau liburan.

Seperti yang sudah sempat saya tulis di sini, sebenarnya baik PRT ataupun kita sama-sama punya hak dan kewajiban. Kondisinya nggak berbeda jauh, kok, dengan kita yang menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Sebisa mungkin bisa simbiosis mutualisme, saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Saling tolong menolong.

Ngomongin masalah gaji PRT, saya sempat dibikin penasaran. Memangnya rata-rata gaji PRT di Jakarta, berapa, sih? Ternyata jawabannya memang sesuai dengan apa yang diberlakukan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 02 Tahun 2015. Hasil ini saya dapatkan lewat survei kecil-kecilan sesama teman dekat di masa SMP.  Berikut rangkuman jawaban teman-teman saya.

“Gaji PRT di rumah gue Rp 1,2 juta. Tugasnya ngurusin satu anak, beberes rumah, masak, nyuci, nyetrika, dll”. Aprilia – Bintaro.

“Gue tinggal di Ciputat, punya ART yang jagain anak gue dan gajinya Rp 1.5 juta. Tapi gue juga dibantu sama ART yang pulang pergi untuk bantu beresin rumah dan datang seminggu 3 kali, gajinya Rp 500 ribu”. Nissa Irman – Ciputat

“Rata-rata di daerah rumah gue, Pondok Kelapa, gaji ART sudah satu jutaan. Di rumah ada dua ART, masing-masing gue kasih Rp 1,1 juta”.  Ratna – Pondok Kelapa

“Karena anak gue sekarang ada dua, sekarang gue punya 2 ART.  Satu untuk ngurus anak, thok, gajinya Rp  1,5 juta. Satu lagi tugasnya beresin rumah. Gajinya juga Rp 1,5 juta. Memang agak mahal, sih, tapi mereka berdua memang sudah ikut sama gue selama 6 tahun. ” Rima – Bintaro.

“Sekarang gue masih pakai baby sitter, gajinya Rp 1,7 juta tapi tugasnya ngurus dua anak. Mulai dari masakin makanan mereka dan siapin bekal ke sekolah. Selain itu juga ada ART yang pulang pergi untuk bantu bersihin rumah dan nyetrika, gajinya  Rp 700 ribu”  Evie – Rempoa

“Gaji ART di rumah gue  Rp 1.6 juta. Tugasnya ngurusin anak gue yang masih 1 tahun, dan ngurusin rumah semuanya. Mulai dari masak, nyapu, nyuci, pokoknya sampai kondisi rumah rapi, deh.” Rekke – Cirendeu

“Di rumah cuma ada yang bantuin beberes rumah, tapi nggak nginep.  Gajinya, sih, Rp 600.” Erna – Ciputat, Tanggerang Selatan

“Kalau sekarang gue kasih yang bantu di rumah Rp 600 ribu, kerjaannya cuci dan setrika aja. Nggak mau bebersih rumah sama sekali. Apalagi bantu masak.” Silvana – Ciputat

“Di rumah ada  dua orang  yang bantu. Satu untuk bantu urusin anak dan beberes rumah, gajinya Rp 1,2 juta. Satu lagi tugasnya cuma cuci dan seterika, gajinya 700 ribu”. Nisa Khalili – BSD

Bagaimana kalau di rumah Anda?


18 Comments - Write a Comment

  1. Wah,kalau saya sempet tinggal di apt di pusat kota,PRT disana songong-songong.untuk jaga anak saja disini rata-rata minta 2,2.cuma 1 anak.kalau 2 anak minta 3 keatas.sementara untuk bersih-bersih,mereka minta 1,5 (kalau Cuci pake tangan) dan 1,3 (kalau Cuci pake mesin).padahal yg diberesin di apt luas cuma seiprit gitu apa coba?dan turn over PRT di apt itu tinggi banget

    1. adiesty

      Wah, Mom Caca…. besar juga, ya, PRT di apt? Tapi kemarin sempat ngobrol sama temen yang tinggalnya di apt juga, dia cerita gaji ART-nya yang bertugas buat bebersih juga kisaran 1.5 . Kalau BS memang di atas itu. Kisaran 1.8 . Mungkin lagi-lagi, semua tergantung ‘pasaran’ di wilayah tempat kita tinggal kali ya….

  2. ART di rumah gaji 1jt. tugas utama jagain anak gw 5thn + keponakan umur 1thn. Awal pertemuan sdh dibilang bahwa tugas utama ART hanya mengurus kebutuhan anak ya.. tapi kadang kalo dia lg ga megang anak, suka ikut bantu sedikit2 bebenah rumah – atas inisiatif dia sendiri :) sabtu-minggu libur. klo tanggal merah di wikdays, jika memang diperlukan, dia akan datang. btw, ini ART ga nginep. datang jam 5.30 dan pulang biasanya abis magrib.
    ada satu lagi, hanya cuci dgn mesin & gosok (6 dewasa + 2 anak) 500ribu. senin-sabtu, datang jam 9-an. pulang tergantung kondisi cucian/gosokan. tapi paling telat jam 1 siang udah pulang..

  3. hai Moms, berbagai ya, ada beberapa pengalaman
    saya tinggal di pinggiran Solo (di perumahan-karena fee ART di perumahan dan kampung beda, meskipun daerahnya sama). Udah 9 bulan ini pakai jasa ART pocokan (pagi-sore aja) senin-sabtu dg jobdesc ngasuh anak (19m), nyapu, ngepel, nyetrika (ga tiap hari nyetrikanya) dg fee 700, ditambah 50 rb unt lembur (karena seminggu sekali pasti pulang maghrib). kemarin lebaran tak kasih THR 100+kain+ 1 toples kue lebaran, zakat fitrah & fidyah. Dalam sebulan pasti ada ijinnya klo ada orang punya hajat, maklum beliau beliau tinggal desa, sering masak n bantu2 di hajatan orang desa, kadang cm sehari dua hari tapi pernah juga 2 minggu klo dia sendiri yg punya hajat (kalau kondisi kaya gitu anak saya diasuh dirumahnya). Karena hidup di desa kita harus pengertian, kalau ybs punya gawe (mantu, cucu lahir, peringatan hari kematian suami dll kita juga ngasih sumbangan). Cuma agak sayang kerjaan beliau ga bersih (termasuk dalam hal mengasuh anak T_T).
    Pengalaman sebelumnya (2014), punya ART nginap, dg tugas ngasuh anak, beres2 bersih2 rumah n setrika, 800 2 bulan pertama, 900 bulan2 berikutnya plus uang transport buat mudik @bulan. Kerjaan beliau super perfect, orangnya penurut juga. Karena perfect THR tak kasih 450 plus baju lebaran 2, kue lebaran n sembako. Tapi sayang cuma bertahan 8 bulan, karena beliau mau buka warung soto.
    Kalau tinggalnya di luar lingkungan perumahan biasanya tarif akan lebih rendah, temen saya saat ini punya ART ga nginap dengan tugas ngasuh 1 baby, kadang jg si kakak (3 tahun tapi sdh full day school), bersih2&beres2 rumah, nyuci setrika, tambah masak only 700.
    Pengalaman lain Artnya Ibu saya di Purworejo, ga nginap, seminggu sekali datang, tugasnya bersih2 n beres2 rumah, cuci setrika klo ada orang di rumah (rumah sering kali kosong) 200 rb. Beliau sudah ikut Ibu saya sejak tahun 2000, dulu feenya 300-450 dengan setiap hari datang.
    Sebelum memutuskan menggunakan jasa ART cari info dl tentang fee ART di lingkungan rumah kita (jangan sampai beda jauh sama tetangga). Ada beberapa faktor yang berpengaruh misal jobdesc, durasi kerja, menginap tidaknya, biaya hidup daerah setempat, tempat tinggal pemberi kerja (kalau perumahan, apalagi elite, biasanya lebih mahal), bahkan usia anak yang diasuh.
    Oh ya Moms, seminggu lagi saya pindah Setu (TangSel) deket2 Serpong lah, cuma di kampungnya. Kira2 ada yang tahu fee Art disana berapa (ga menginap)? Thanks Infoya

  4. Aku ada prt pulang. Dateng jam 7, sering molor. Pulang biasanya jam 10 an. Bntar bgt ya. Gaji 650rb. ga pegang anak sama sekali, anakku sekolah full day. Mandi makan dll aku smua. Agak bingung kalo minta dia sampe sore, mau dsuruh apa coba. Sering izin juga. Rumahku kecil banget. Aku dan anakku juga bukan tipe orang yang berantakan, jadi ya emang ga ada kerjaan dia nya. Mau diminta 3 kali seminggu, aku ga kuat sama rumah ga dipel n sapu sehari aja. Jadi ya pasrah. Aku tinggal di komlplek kecil di kota bandung.

  5. Saya tinggal di denpasar, pasaran disini klo jaga rumah + anak 1jt-1,2jt. Art ku jaga 2 anak, nungguin anak di sekolah dan di rumah (nginap) gajinya 1,5 dan dapar libur 4hari dalam sebulan. Kebetulan aq dapat orgnya rajin sekali, jam 5 pagi sudah bangun dan masak2 tanpa diminta dan kalo lg gk ada kerjaan pun dia cuci baju anakku pakai tangan.

    Setahun yg lalu waktu aq dijakarta, Art jaga 2 anak kena 1,6. Kalau Art yg pulang pergi cuci gosok dan bebersi (minggu dan tgl merah libur, dapat thr dsn libur lebaran 2 mgg), aq kasi 850, karna rumahku rumah lama jadi agak gede dan kamarnya lumayab bnyk (7kamar), memang agak berat utk kerjaan Art yg pp jadi upahnya pun aq kasi lumayan.

    1. Aku juga di Denpasar Mom Castiel, belum dapet ART sampai sekarang :(
      Kalau boleh tau ARTnya dapet dr agen atau dr mana Mom? Aku ada anak umur 5m, sebenernya ada neneknya yg jaga. Jadi ART ini maunya aku cuma bantu-bantu keperluan utk anakku dan bersih-bersih rumah sama nyetrika..

      1. Aku juga di denpasar mom.
        Cari art via olx pernah dpt org ntt tp ga betah 1 bulan berhenti.
        Trus dpt dr yayasan bali housemaid ambil yg garansi adminnya 2.250jt. Gaji pembantu 1.2jt tp aku kasi 1.5jt di bulan kedua krn tampaknya rajin.tp blm bs menilai lbh jauh krn baru 2bln kerja sama aku

  6. Saya tinggal di daerah Senopati. Ada 1 baby sitter di rumah utk urus bayi 10bln dan 1 ART yg datang seminggu 2x. Utk BS jobdesc-nya selain mengurus bayi (excluding masak makan bayi krn ini saya kerjakan sendiri), cuci piring dan beres2 di hari dimana ART tidak dtg. ART kerjanya cuci setrika dan beres2 rumah, dan urus2 segala keperluan (beli aqua, nungguin tukang kalo ada apa2 yg rusak, belanja dll). Gaji BS 2.7jt, ART 850rb. ART sudah ikut saya 4thn. Gaji memang saya kasih lumayan tinggi karena orgnya jujur, rajin dan cerdas (kualitas yg teramat sangat jarang utk ART)

  7. PRTku di Kebon Jeruk, datang Senin – Jumat jam 8.00 sampai 11.00, sebulan Rp 650.000 tugasnya cuci piring, sapu pel rumah, setrika dan cuci mesin. Kadang aku nitip belanja ke pasar karena rumahnya dekat pasar dan dia tiap hari belanja untuk keluarganya.

    Hari raya, dapat THR 1X gaji. Kalau sakit atau izin juga santai sih toh aku juga kerja dirumah dan baby-ku sudah 1y9m bisa main sendiri.

    Sebetulnya banyak yang bilang kemahalan. Iparku di Duren Sawit ARTnya jago banget masak, bisa jemput anak dan jam kerjanya mirip cuma Rp 500.000…sementara ARTku cuma sebentargak masak dan gak pegang anak sama sekali. Tapi orangnya baik, bisa diandalkan dan anakku akrab juga sama dia.

    Kadang mikir, mungkin rezeki dia memang dititip ke kita ya. Kemarin saat aku gak ada kerjaan tiba-tiba ada aja uang untuk bayar ART. Dari arisan, orang bayar hutang, dll.

  8. aku tinggal di daerah praja deket gandaria jaksel, pake ART pulang pergi yang sebulannya 900ribu. dia datangnya hari senin s.d sabtu jam 9 s.d 13, ngerjain mulai dari nyapu ngepel bersih2, cuci seterika, cuci kamar mandi, cuci piring dan masak. hari minggu dan tanggal merah dia libur.

    ART pulang pergi ini malah kubawain kunci pagar+dapur sendiri, soalnya aku+suami kerja seharian, anak2ku udah pada abege, sekolahnya sampe sore. kebetulan dia ini istrinya tukang yang biasa jadi langganan benerin rumah2 di kompleks sini.

    dulu waktu anak2 masih pada balita sih ada 1 pengasuh dan 1 ART pulang pergi. sekarang sih alhamdulillah udah gede2 jadi cukup pake ART pulang pergi ajah.

  9. Haloo momies , aku tinggal di setiabudi jaksel, art ada dua satu khusus momong anak gaji 1.4 jt dan satu lagi masak, cuci, setrika n bersih2 gaji 1.3 jt smuanya nginap . Dapat yg dua itu setelah dpt ART n BS yg sifatnya macem2 bisa jadi buku kalo ceritain pengalamanku selama punya ART dan Bs hehehe.Jadi utk para momies sabarr yaa pasti nanti dpt yg cocok

  10. aku tinggal di depok, gaji ART dirumah 1.250.000 kerjanya pegang anak 2 (6thn, 2thn), nyuci pke mesin, beres2 rumah, masak, dll. udh dipercaya bgt pegang anak2, udh bareng dari anak pertama baru lahir, which is udh 6thn bareng.. Klo yang gosok baju seminggu 3x gajinya 300rb. gosok baju doank yaa..

  11. saya tinggal di Balikpapan,anak 2 (6y) & (15mos) pake 2 ART,anakku yg pertama ABK,makanya pake 2 ART,yg satu tugasnya bebersih,setrika sama jagain si kakak yg ABK,yg satu masak sama jaga yg kecil,yg ART satu (pulang pergi) datang jam stgh 6 pagi pulang jam 5 sore (selalu konsisten kecuali sakit/ada perlu),yg ART 2 tinggal dalam,dua2nya saya kasih 1.5jt,ngurus anak ABK itu gak gampang & uda tau kebiasaan anak saya dari umur 2thn,THR saya kasih 1x gaji,plus libur seminggu (yang pulang pergi) kalau yang jaga si kecil biasa pulang agak lama,sekitar 2 minggu,memang gajinya saya lebihkan karena kerja yang rajin & baik :) trus yang saya suka mereka gak ngerti teknologi seperti hp,ya punya hp tapi hp yang harga 200rb buat telp doank gak bisa buat foto aplg bbm an :)))))

    1. adiesty

      Hallo Mbak Yana…. apa kabar? Salam kenal, yah. Hahahhaa, bener bangettt, tuh, zaman sekarang ART banyak yg melek teknologi, jd ke mana2 maunya bawa hp. Sempet tuh punya ART yg nggak bisa lepas dr hp. Sampai gemesss. Bisa dibilang rate gaji ART di sana dan di Jakarta nggak gitu beda jauh, ya.

  12. Saya tinggal di Tangerang, cuma punya 1 ART menginap yg tugas utamanya momong anak (18m) tapi plus2 beres2 + masak sesekali. Saya gaji 2juta/bln karena dy memangnya minta segitu dari awal (sudah tahu kalo tugas utamanya momong anak), THR full 1xgaji + uang lemburan @50rb setiap kali saya pulang larut malam atau tugas luar kota.

    THR full dan uang lemburan itu inisiatif dari saya karena beliau kerja nya cukup bertanggung jawab dan gag macem2 orangnya.

    1. adiesty

      Hallo Mbak Momnabil, salam kenal :)

      Wiiih, gajinya sdh nggak beda jauh dgn BS, ya, Mbak? Kl THR, rata2 memang kasih 1 kali gaji, ya. Tp ide kasih uang lembur bisa juga tuh diterapin. Soalnya selama ini paling kasih tambahan uang jajan aja. TFS, Mbak….

Post Comment