banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

5 Ide Sederhana Untuk Melatih Si Kecil Lebih Kreatif

author

adiesty17 Apr 2015

5 Ide Sederhana Untuk Melatih Si Kecil Lebih Kreatif

Kecerdasan anak tidak hanya bersumber dari pemenuhan nutrisi yang seimbang saja, tetapi juga disertai pemberian stimulasi. Aktivitas apa yang bisa membuat anak merasa fun dan tentunya merangsang kreatifitasnya?

"Ibu, aku bingung, nih, mau ngapain lagi.  Gambar, sudah. Main mobil-mobil dan kereta juga sudah. Kasih Bumi ide, dong, enaknya aku ngapain ya?”.

Nah, lho! Jika Bumi, anak saya sudah ngomong seperti ini, terus terang saya juga suka bingung. Kalau sudah merasa bosan di rumah, kalimat seperti di atas memang sering kali dilontarkan olehnya. Maklum saja, anak balita seusia Bumi, memang  sedang aktif-aktifnya. Rasanya, setiap menit harus dihabiskan untuk belajar dan mengeksplorasi dunianya. Nggak aneh, kalau anak-anak membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan belajar bagaimana untuk berpikir lebih kreatif.

Saya percaya kalau kecerdasan anak tidak hanya bersumber dari pemenuhan nutrisi yang seimbang saja, tetapi juga disertai pemberian stimulasi. Masalahnya, nih, saya suka dibikin pusing saat mencari ide, aktivitas apa yang bisa membuat Bumi merasa fun dan tentunya merangsang kreatifitasnya. Beruntung, saat ini sudah banyak sekali media mempermudah hidup saya. Tentunya dalam hal mencari ide untuk berkreasi bersama Bumi.

3m2

Selain mencari ide lewat beragam sosial media, saat ini saya juga punya sumber yang banyak memberikan inspirasi, yaitu http://www.myactivityroom.com/. Ada yang sudah melihat website ini? Isinya seru banget, lho! Saya yang sering merasa ‘stuck’ dan pusing harus melakukan kegiatan apa bersama Bumi jadi sangat tertolong.

Setiap akhir pekan, sebisa mungkin saya meluangkan waktu untuk mengeksplorasi website ini dan segera mempraktikannya bersama Bumi. Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa semakin sering kita melatih diri, maka kreatifitas diri akan semakin terasah. Seperti yang diungkapkan  Keith Sawyer, Ph.D, seorang profesor psikologi dan pendidikan, menyatakan bahwa setiap orang pada dasarnya kreatif. Karena kreativitas ini lebih didasarkan pada proses otak sehari-hari, yang kita gunakan dalam melakukan kegiatan. Artinya, kreativitas bisa dilatih.

Kabar baiknya lagi, saat ini MyActivityRoom nggak hanya bisa diakses melalui website saja. Kita bisa datang mengunjungi booth-nya di Gramedia Matraman. Saya sendiri sudah sempat datang ke sana, selain bisa membeli beragam produk 3M seperti Scotch® Expressions Tape dan Post-it® Notes sebagai bekal crafting bersama anak, kita juga bisa langsung praktik dan dipandu langsung oleh pihak MyActivityRoom. Dengan sigap, pihak MyActivityRoom akan membantu dan mengajarkan kita membuat kerajinan tangan yang unik. Waktu itu saya sempat belajar membuat bunga dari Post-it® Notes untuk bingkai foto. Oh, ya, di sana juga ada penawaran khusus, lho.  Kalau mau membeli produk Scotch® dan Post-it® bisa mendapatkan hadiah seperti tempat pinsil. Lumayan, kan?

3m1

Mengingat desain booth MyActivityRoom ini sangat menarik, dengan warna cerah dengan banyak contoh kerajinan tangan, tentu bisa dijadikan ajang ‘memancing’ anak-anak untuk datang dan praktik bersama untuk mengasah kreativitas. Selain memanfaatkan momen seperti ini,  saya pun punya beberapa ide aktivitas sederhana yang bisa mengasah kreatifitas anak balita seperti Bumi. Apa saja? Baca ulasannya di halaman berikut, ya.

crafting

*foto dari sini

Selain membuat kerajinan tangan, berikut 5 aktivitas sederhana yang biasa saya lakukan bersama Bumi.

Sambung Kata

Biasanya, anak kecil senang sekali, ya, kalau kita bercerita hal-hal yang menarik? Nah, selain mendongeng dan membacakan buku cerita, saya juga sering mengajak Bumi melakukan cerita bersambung. Maksudnya, saya akan memancingnya untuk membuat cerita sesuai dengan apa yang ia pikirkan. Awalnya saya akan memulai dengan beberapa kalimat pertama. Selanjutnya, Bumi akan menyambung cerita tersebut dengan kalimat selanjutnya.

Mencari Harta Karun

Permainan ini mirip dengan permainan petak umpet. Tapi kali ini bukan kita yang bersembunyi, tapi mainan kesayangannyalah yang kita sembunyikan. Kita bisa menantang si kecil untuk menemukan mainan tersebut. Tapi untuk mempermudahnya tentu saja jangan lupa untuk memberikan beberapa pentunjuk. Menurut pandangan saya, permainan seperti ini bisa membantu anak mengasah kemampuan perencanaannya. Biar lebih semangat, nggak ada salahnya juga kita menyelipkan untuk bermain peran. Ajak si kecil bermain seolah-olah dirinya seorang detektif. Coba, deh, pasti si kecil merasa tertantang.

Percobaan Ilmiah

Tunggu dulu, maksud percobaan di sini tentu percobaan praktik sains dengan cara sederhana. Misalnya, nih, kita bisa mengajak anak untuk membuat telur terapung. Caranya mudah, kok. Selain butuh gelas, alat yang diperlukan hanyanya gelas bening, sendok, air dan garam. Kita bisa memasukan telur dalam gelas, kemudian kita larutkan garam secara perlahan yang bisa membuat telur mengapung. Ternyata melakukan percobaan  sains itu bisa menyenangkan, kok. Ide lainnya juga bisa kita cari tahu lewat internet.

Memasak

Walaupun saya belum jago masak, tapi ada beberapa masakan sederhana yang saya kuasai. Salah satunya adalah membaut puding cokelat. Berhubung memang Bumi juga doyan puding cokelat, saya pun sering manfaatkan momen bikin puding bersama Bumi. Kegiatan memasak bersama ini juga sangat efektif melatih anak lebih kreatif. Selain itu tentu saja bisa melatih anak untuk bekerja dengan perencanaan dan terus memperhatikan langkah selanjutnya dalam perencanaan tersebut.

Tebak Tebakan

Saya yakin, Mommies pernah mengajak si kecil untuk main tebak-tebakan. Mulai dari menebak jenis hewan dengan cara kita menirukan suara, atau menebak sebuah objek. Selain main tebak-tebakan seperti ini, saya juga sering mengajak Bumi main tebak-tebakan benda di dalam kantung. Misalnya, kita bisa menyimpan beberapa maianan atau buah-buahan ke dalam kantung. Selanjutnya si kecil bisa menebak dengan cara memegang atau meraba benda tersebut.  Tapi sebelum menebak tentu saja kita harus lebih dulu menutup matanya. Menurut saya, permainan seperti ini tentu saja bisa mengasah daya ingat serta kemampuan anak untuk menghubungkan informasi sensor anak dengan pengetahuannya terhadap bentuk. Seru, deh.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya banyak cara yang fun untuk melatih kreatifitas anak. Oh, ya, saat ini MyActivityRoom juga sedang mengadakan kontes membuat DIY craft menggunakan produk 3M di sosial media. Jadi, kalau Mommies membuat DIY craft bersama si kecil jangan lupa foto dan upload ke Instagram. Jangan lupa follow dan mention @mommiesdailydotcom serta menyertakan #MyActivityRoom .

PAGES:

Share Article

author

adiesty

Biasa disapa Adis. Ibu dari anak lelaki bernama Bumi ini sudah bekerja di dunia media sejak tahun 2004. "Jadi orangtua nggak ada sekolahnya, jadi harus banyak belajar dan melewati trial and error. Saya tentu bukan ibu dan istri yang ideal, tapi setiap hari selalu berusaha memberikan cinta pada anak dan suami, karena merekalah 'rumah' saya. So, i promise to keep it," komentarnya mengenai dunia parenting,


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan