5 Ide Sederhana Untuk Melatih Si Kecil Lebih Kreatif

Kecerdasan anak tidak hanya bersumber dari pemenuhan nutrisi yang seimbang saja, tetapi juga disertai pemberian stimulasi. Aktivitas apa yang bisa membuat anak merasa fun dan tentunya merangsang kreatifitasnya?

“Ibu, aku bingung, nih, mau ngapain lagi.  Gambar, sudah. Main mobil-mobil dan kereta juga sudah. Kasih Bumi ide, dong, enaknya aku ngapain ya?”.

Nah, lho! Jika Bumi, anak saya sudah ngomong seperti ini, terus terang saya juga suka bingung. Kalau sudah merasa bosan di rumah, kalimat seperti di atas memang sering kali dilontarkan olehnya. Maklum saja, anak balita seusia Bumi, memang  sedang aktif-aktifnya. Rasanya, setiap menit harus dihabiskan untuk belajar dan mengeksplorasi dunianya. Nggak aneh, kalau anak-anak membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan belajar bagaimana untuk berpikir lebih kreatif.

Saya percaya kalau kecerdasan anak tidak hanya bersumber dari pemenuhan nutrisi yang seimbang saja, tetapi juga disertai pemberian stimulasi. Masalahnya, nih, saya suka dibikin pusing saat mencari ide, aktivitas apa yang bisa membuat Bumi merasa fun dan tentunya merangsang kreatifitasnya. Beruntung, saat ini sudah banyak sekali media mempermudah hidup saya. Tentunya dalam hal mencari ide untuk berkreasi bersama Bumi.

3m2

Selain mencari ide lewat beragam sosial media, saat ini saya juga punya sumber yang banyak memberikan inspirasi, yaitu http://www.myactivityroom.com/. Ada yang sudah melihat website ini? Isinya seru banget, lho! Saya yang sering merasa ‘stuck’ dan pusing harus melakukan kegiatan apa bersama Bumi jadi sangat tertolong.

Setiap akhir pekan, sebisa mungkin saya meluangkan waktu untuk mengeksplorasi website ini dan segera mempraktikannya bersama Bumi. Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa semakin sering kita melatih diri, maka kreatifitas diri akan semakin terasah. Seperti yang diungkapkan  Keith Sawyer, Ph.D, seorang profesor psikologi dan pendidikan, menyatakan bahwa setiap orang pada dasarnya kreatif. Karena kreativitas ini lebih didasarkan pada proses otak sehari-hari, yang kita gunakan dalam melakukan kegiatan. Artinya, kreativitas bisa dilatih.

Kabar baiknya lagi, saat ini MyActivityRoom nggak hanya bisa diakses melalui website saja. Kita bisa datang mengunjungi booth-nya di Gramedia Matraman. Saya sendiri sudah sempat datang ke sana, selain bisa membeli beragam produk 3M seperti Scotch® Expressions Tape dan Post-it® Notes sebagai bekal crafting bersama anak, kita juga bisa langsung praktik dan dipandu langsung oleh pihak MyActivityRoom. Dengan sigap, pihak MyActivityRoom akan membantu dan mengajarkan kita membuat kerajinan tangan yang unik. Waktu itu saya sempat belajar membuat bunga dari Post-it® Notes untuk bingkai foto. Oh, ya, di sana juga ada penawaran khusus, lho.  Kalau mau membeli produk Scotch® dan Post-it® bisa mendapatkan hadiah seperti tempat pinsil. Lumayan, kan?

3m1

Mengingat desain booth MyActivityRoom ini sangat menarik, dengan warna cerah dengan banyak contoh kerajinan tangan, tentu bisa dijadikan ajang ‘memancing’ anak-anak untuk datang dan praktik bersama untuk mengasah kreativitas. Selain memanfaatkan momen seperti ini,  saya pun punya beberapa ide aktivitas sederhana yang bisa mengasah kreatifitas anak balita seperti Bumi. Apa saja? Baca ulasannya di halaman berikut, ya.


Post Comment