Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencicil Emas

Siapa di antara Mommies yang masih bingung menentukan jenis investasi? Logam mulia atau lazim disebut emas bisa jadi pilihan yang menarik loh. Risikonya tergolong rendah, dengan return yang cukup menjanjikan untuk jenis investasi jangka panjang.

Investasi Emas2

 Gambar dari sini

Kali ini nara sumber saya adalah Santi Siera, Managing Editor Female Daily. Sosoknya saya kenal sudah sejak lama ketika masih sama-sama bekerja di sebuah media cetak beberapa tahun lalu. Kini kami bertemu kembali, dan setelah lama tak berjumpa Mbak Santi memiliki cerita seputar investasi emas yang saya pikir layak untuk disimak.

Alasan Berinvestasi Emas atau Logam Mulia

20150326_162742_3Ia memutuskan untuk memulai investasi pada 2011 akhir. Salah satu pencetusnya adalah karena pernah kehilangan seluruh perhiasan emasnya akibat ulah asisten rumah tangganya yang tidak bertanggung jawab.

Pada di titik tersebut tekad ibu dari dua putri ini untuk berinvetasi emas belum bulat, hingga akhirnya ia berbincang dengan saudara sepupunya perihal ibunya yang bekerja sebagai pegawai negeri tapi bisa bertahan mengkuliahkan dirinya dari hasil menjual investasi emasnya selama bertahun-tahun, padahal ditinggal pergi begitu saja oleh sang Ayah. Dan notabene, anak ini kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, artinya membutuhkan dana yang tergolong mahal.

“Nah dari situ aku berpikir, kita sebagai perempuan harus punya simpanan, karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi ke depan. Sampai suatu ketika tekad aku itu semakin kuat karena membaca artikel tentang kiat investasi emas untuk pemula di sebuah majalah saat menunggu anak aku les piano. Aku pikir selama ini kalau beli emas kepingan harus tunai, ternyata di Pegadaian itu ada sistem mencicil – sistem ini sangat memudahkan.” Jelas Santi.

Sesuatu yang Besar Berawal dari Langkah Kecil

Setelah mengetahui ada sistem mencicil di Pegadaian, Mbak Santi mulai membali emas sebesar 5 gram, down payment (DP) ketika itu 10% dari total harga emas. Menurutnya kali pertama memulai memang harus berani dan tidak ambil pusing dengan harga emas yang sedang berlaku “Aku tidak memantau harga emas saat ini atau yang paling baru, pokoknya kalau ada uang langsung beli saja. Karena investasi emas ini semacam mendisiplinkan aku untuk menabung. Sekarang belum mulai lagi, dan kepingin segera investasi emas lagi . Angsurannya macam-macam, ada yang 3, 6 dan 12 bulan.” Tutur Mbak Santi dengan semangat.

Sementara itu dari segi risiko menurutnya hampir tidak ada, malah nilainya akan meningkat dari tahun ke tahun. Perlu Mommies ketahui juga bahwa invetasi emas ini adalah untuk jangka panjang, minimal 3-5 tahun baru akan terasa manfaatnya. Walaupun sebelum jangka waktu itu mau dijual atau digadai juga bisa, namun nilainya belum tentu sama atau lebih tinggi ketika Mommies membeli.

Setelah beberapa tahun tekun dengan kebiasaan yang ia sebut dengan “berhutang di jalan yang benar” ini, akhirnya Mbak Santi berhasil meningkatkan koleksi logam mulianya. Memulai dari “benih” 5 gram, akhirnya Mbak Santi memberanikan diri untuk “naik  level” membeli logam mulia sebesar 50 gram. Wow! Terdengar sangat berat ya Mommies? Tapi Mbak Santi punya kiatnya loh supaya Anda pun bisa mendekap jenis logam yang dulunya pernah dijadikan alat barter ini.

Setelah sudah berhasil dengan 25 gram LM di tangan, Mbak Santi menggadai LM-nya, 80% dari hasil gadainya ia ambil untuk DP LM sebesar 50 gram. Walau ternyata cukup berat, karena ia harus membayar dua pos mencicil – yang pertama cicilan gadai LM 25 gram, dan yang kedua untuk LM 50 gram yang baru ia beli. Tapi pada akhirnya ada kepuasaan tersendiri saat semuanya sudah lunas. “Sekarang aku kalau beli lagi minimal yang 25 gram. Karena kalau 10 gram saya merasa terlalu kecil nominalnya untuk nabung. Kebiasaan aku ini seperti salah satu alternatif untuk mendisiplinkan diri untuk menabung, menekan hasrat untuk belanja, supaya nggak lapar mata! Hahahahaa…” kata  Mbak Santi sambil tertawa lepas.

Di laman selanjutnya: Mengalokasikan budget jalan-jalan ke mal, nonton, dan makan di luar untuk DP emas


Post Comment